Tips Mudah Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Minggu, September 17, 2023

Salah enggak sih kalau kita berharap bisa selalu awet muda dan enggak usah jadi tua gitu? Ya kayak Vampire Edward Cullen gitu deh. Hahaha, ya enggak mungkin dong ya. Setiap manusia pasti menua, hanya bagaimana cara kita menjaga dan merawat tubuh terutama kulit kita sejak dini. Penting buat menjaga kulit tetap sehat dan lembab terawat. Beberapa tips gampang berikut ini sudah aku terapkan dari lama, bisa dicoba sama manteman supaya kulit tetap sehat, skin barrier terjaga serta tetap lembab terawat. Terutama buat geng 30-an kayak aku nih, ayo sini sini merapaaat.

6 Tips Agar Kulit Tetap Sehat dan Lembab Terawat

1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat
Menerapkan pola makan yang sehat bernutrisi jadi salah satu cara yang bisa membuat awet muda, kulit tetap sehat terawat. Makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah pepaya, alpukat, kacang almond, minyak zaitun dan sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, selada juga baik dikonsumsi karena membantu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.
sumber gambar : vedaoils
2. Rutin Olahraga
Semakin lama, kulit akan mengendur akibat berkurangnya produksi kolagen dan massa otot. Malah bahkan proses penuaan bisa menjadi lebih cepat kalau kita jarang bergerak aktif. Rutin olahraga bisa membantu membangun jaringan otot dan mencegah kulit jadi kendur serta membantu menjaga kesehatan jantung, tulang hingga otak. Olahraga minimal 30 menit sehari, seperti lari, jalan kaki, senam atau zumba, angkat beban, pilates dan lain-lain. Olahraga ringan dan dilakukan di rumah pun enggak masalah.

sumber gambar : dokumen pribadi

3. Rajin Minum Air Putih
Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Kebiasaan baik ini bisa membantu kulit tetap sehat, terhindar dari dehidrasi dan kulit kering, kulit tetap terjaga kelembapannya.
sumber gambar : elevate.in

4. Membersihkan Kuliut Wajah Secara Rutin
Salah satu part yang enggak boleh di-skip dalam skincare routine aku adalah rutin membersihkan kulit wajah. Bersihkan kulit wajah minimal 2 kali sehari agar kulit tetap bersih dari kotoran, debu, polusi serta makeup yang menempel. Karena itu semua bisa menjadi awal permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, keriput, dan lain sebagainya.

Kalau aku lagi seneng banget pakai Face Cleanser dari Scarlett yaitu Hydro Fresh Cleanser. Aku baru pertama kali nyobain juga nih. Face Cleanser ini fokus menjaga elastisitas dan melembapkan kulit. Mengandung Seaweed Extract yang bisa menjaga elastisitas kulit wajah, Mugwort Hydrosol yang membantu mencegah munculnya kerutan dan garis halus serta Jeju Rosemary yang membantu memperbaiki skin barrier dan mengencangkan kulit. Kandungan Jeju Rosemary yang ada di face cleanser ini juga bisa membantu mengatasi jerawat serta sunburn. Oiya, face cleanser ini juga cocok buat kulit sensitif karena kandungan Mugwort Hydrosol yang menenangkan kulit wajah.

Teksturnya gel ringan bening biasa dan enggak terlalu banyak berbusa saat diusap ke wajah yang basah terkena air. Tapi jangan salah loh, face cleanser ini bisa membersihkan kulit wajah secara maksimal tanpa bikin kering dan enggak ada after feel ‘ketarik’ pada wajah karena ada kandungan Aloe Vera Extract yang melembapkan, gentle banget teksturnya. Habis cuci muka, wajah kelihatan lebih cerah dan lembab. Fresh banget rasanya.



Setelah cuci muka, aku juga pakai Essence Toner-nya Scarlett yang Hyalu B9 & Bio Plavita + Ceramide. Namanya cukup panjang dan susah menurutku, naaah tapi karena penasaran akhirnya aku beli dan sambil cari tahu kandungan apa sih sebenarnya Hyalu B9 dan Bio Plavita itu. Dan juga karena ini multifungsi, 2-in-1 product gabungan dari essence dan toner yang bisa membantu menghidrasi dan menyegarkan kulit. Jadi menurutku lebih praktis.
Ternyata Bio Plavita adalah Scarlett’s secret anti-aging formula yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit. Wah aku baru pertama kali dengar nih. Kalau Hyalu B9 merupakan Hyaluronic Acid yang membantu meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan kelembapan, mengurangi garis halus, dan memperbaiki skin barrier kulit.

Selain itu, kandungan lainnya ada Allantoin untuk menghidrasi dan menenangkan kulit serta Hexapeptide yaitu bahan aktif yang memiliki efek mirip botox, mampu merangsang produksi kolagen sehingga mengencangkan kulit. Lalu ada juga kandungan lainnya seperti Soybean Ferment Extract sebagai antioksidan yang memudarkan hiperpigmentasi serta Triple Ceramide Complex yaitu Ceramide kompleks yang mampu memperbaiki skin barrier. 
Teksturnya cair dan bening. Aku biasanya aplikasiin ke kulit wajah langsung pakai tangan, diusap lalu ditepuk-tepuk pelan ke seluruh wajah. Atau terkadang aku pakai kapas dan diusap ke wajah. Teksturnya gampang banget menyerap, segar, enggak ada rasa lengket di kulit wajah dan enggak bikin kulit wajahku breakout

Ini hasil pemakaian Scarlett Hydro Fresh Cleanser dan Hyalu B9 & Bio Plavita + Ceramide Essence Toner selama 14 hari. Wajah terjaga kelembabannya, kelihatan sehat dan cerah. Enggak ada timbul breakout selama pemakaian produk ini. Tapi hasil bisa berbeda-beda di tiap orang ya, manteman.
Buat kamu yang punya permasalahan kulit hiperpigmentasi (flek, age spot, bekas jerawat), kulit kering dan dehidrasi, muncul garis-garis halus dan keriput di wajah terutama sekitar area mata sampai masalah tampilan kulit yang kelihatan kendur, enggak ada salahnya kamu cobain Scarlett Hydro Fresh Cleanser dan Hyalu B9 & Bio Plavita + Ceramide Essence Toner. Harganya juga lumayan terjangkau kok menurutku, di bawah 100 ribuan.

Aku beli produk-produk Scarlett di Official Store-nya di Shopee. Karena marak banget produk skincare palsu, pastikan kalian beli di tempat yang trusted yaaa. Kalian bisa cek di https://linktr.ee/scarlett_whitening Buat cek keaslian produknya bisa juga lewat link https://verify.scarlettwhitening.com

5. Mengelola Stres
Tips selanjutnya adalah mengelola stres. Ternyata saat kita stres dan merasa tertekan, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh, lalu meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Stres juga bisa mempengaruhi pola tidur dan pola makan. Wah… Enggak nyangka. Efeknya bisa kemana-mana ya ternyata.
Beberapa cara ini mungkin bisa dicoba untuk meredakan atau mengurangi stres seperti melakukan relaksasi, melakukan kegiatan atau hal yang disukai, memanjakan diri dengan perawatan seperti pijat atau massage, melakukan spa atau memanjakan diri di salon, menonton film, menonton konser musisi favorit atau mendengarkan musik favorit.
sumber gambar : dokumen pribadi
6. Istirahat yang Cukup
Cukupi waktu tidur seenggaknya 7-9 jam sehari, dengan begitu jaringan tubuh dan kulit bisa mengalami regenerasi yang lebih baik, sehingga kulit tetap terjaga elastisitas dan kekencangannya. Kalau bisa hindari posisi tidur telungkup karena menyebabkan kulit wajah bergesekan dengan bantal. Tidur dengan waktu yang cukup juga bisa membantu kita bangun dalam keadaan yang lebih fresh.
sumber gambar : dokumen pribadi
Itu dia beberapa tips yang bisa dicoba supaya kulit bisa selalu sehat dan selalu terjaga kelembabannya. Stay healthy!!

You Might Also Like

0 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring