5 Cara Menyenangkan Diri Sendiri Versiku dan Tetap Terlihat Cantik Terawat dengan Heavenly Blush Yoguruto

Rabu, Desember 20, 2023


"Kebahagiaan tidak selamanya bersumber dari perlakuan orang lain", itu yang sering banget aku jadikan reminder untuk diri sendiri. Perasaan bahagia itu salah satu faktor pendukung buat lebih menikmati hidup loh. Tapi yang perlu diingat, orang lain pun enggak selalu ada buat kita. Jadi wajar saja kalau banyak orang yang punya segudang cara untuk membahagiakan dan menyenangkan diri sendiri. Cara kalian menyenangkan diri sendiri gimana, manteman? Coba boleh dong ceritain di kolom komentar ya setelah selesai baca artikel aku.

Salah satu caraku membahagiakan dan menyenangkan diri sendiri adalah dengan merawat diri. Ya benar, merawat diri dari ujung kepala sampai kaki. Karena apa? Aku senang terlihat menarik untuk diriku sendiri, aku senang terlihat cantik, wangi, bersih. Ya kalau orang lain melihatku menarik juga, itu Alhamdulillah aku bersyukur banget. Tapi prioritas utamaku adalah aku merawat diri untuk menyenangkan diriku sendiri.

Rasanya tuh kayak seneng banget kalau ngelihat diri sendiri yang menarik dan juga terawat. Lalu apa aja sih yang aku lakukan dalam 'ritual perawatan diri' itu? Ini dia, 5 Cara Menyenangkan Diri Sendiri Versiku.

5 Cara Menyenangkan Diri Sendiri Versiku

1. Menjaga Kesehatan Mental
Menurutku merawat fikiran dan menjaga kesehatan mental jadi salah satu hal yang penting loh dalam menyenangkan diri sendiri. Fikiran dan mental yang sehat tentunya membawa perasaan senang. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan belajar memahami diri sendiri atas semua kelebihan dan kekurangan yang aku miliki. Sering berdialog dengan diri sendiri dan mencoba bahagia dengan penerimaan diri sendiri, iya sih awalnya masih sulit. Tapi aku selalu belajar dan udah buktiin kalau ternyata sebenarnya aku bisa kok memahami diriku sendiri. Bikin lega dan bikin perasaanku jadi lebih happy. Aku juga belajar untuk tidak menjadikan hidup ini sebagai beban. Setiap langkah pasti ada masalah, memang. Belajarlah untuk menerima dan menyikapi hidup dengan lapang dada. Selain itu, belajar menstabilkan emosi, menjaga konsentrasi dan tetap aktif serta produktif juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan mental. Melakukan hobi dan kegiatan yang aku suka serta berusaha mencintai pekerjaan adalah salah satu hal yang aku lakukan agar tetap aktif dan produktif.

2. Mengatur Pola Makan
Dulu aku termasuk orang yang "apa aja dimakan" karena memang aku bukan orang yang terlalu picky eater. Makanan berat, makanan ringan, buah-buahan, sayuran, sampai junkfood, pokoknya segala macam minuman kemasan rasanya bisa aja masuk semua ke perutku. Enggak perhatiin kandungan gula, serta nilai gizinya. Pokoknya mah gasss aja tabrak tabrak masuk kayak lagu yang lagi viral itu, haha. Sampai pada akhirnya ada masa dimana berat badanku semakin naik jadi menyebabkan aku jadi sering malas gerak, baju-baju pun semakin sesak, badan rasanya juga sering engap, jalan kaki sedikit aja udah ngerasa capek, dan ada lagi nih… mau foto-foto tuh jadi ribet atur angle sana sini supaya kelihatan langsing. Huhu jadi merepotkan deh. Dan aku juga tersadar dengan pengalaman keluarga yang terkena penyakit diabetes, sedih kalau mengingat almarhum Mbah Kakung dan almarhumah Bulik (Tante) yang pernah mengidap penyakit diabetes.

Akhirnya sedikit demi sedikit aku mencoba belajar mengatur pola makan, mengatur kalori yang masuk, membatasi gula, garam dan minyak. Lebih sering masak sendiri supaya bisa menakar asupan gizi yang masuk, lebih rajin minum air putih dan lebih rajin lagi konsumsi buah dan sayur. Awalnya sih sulit, karena memang belum terbiasa. Awalnya juga males-malesan dan enggak konsisten. Tapi aku terus mencoba untuk lebih disiplin dan konsisten setelah lihat angka timbangan yang udah berkurang walau masih sedikit. Ternyata itu semua berasa banget efeknya di aku. Aku bisa berhasil turun berat badan dan mencapai "body goals" yang aku mau. Kulit wajah dan tubuh pun makin bersih dan cerah, udah jarang jerawatan kayak dulu. Padahal aku dulu struggle banget sama permasalahan jerawat, huhu. Ternyata pola makan pun se-ngaruh itu loh guys di aku.

3. Rajin Olahraga
Dulu aku juga termasuk orang yang melakukan olahraga itu cuma kalau lagi pengen doang aja, yaaa bisa dibilang enggak rajin-rajin amat sih. Kadang hanya jogging sekian minggu sekali, banyak rebahannya, hahaha. Tapi semakin kesini aku semakin paham manfaat dari olahraga, dan konsisten ngelakuinnya. Jadwal olahragaku sekarang pun lebih terprogram. Olahraga juga bikin aku bahagia karena selain punya banyak manfaat buat tubuh, aku juga senang lihat progress "body goals" versiku. Beberapa orang pun juga notice perubahanku yang kalau kata mereka "body goals" dan termotivasi juga untuk bisa "body goals" versi mereka. Alhamdulillah, padahal awalnya buat menyenangkan diri sendiri aja tapi ternyata bisa sedikit banyak ber-impact buat orang lain. Padahal aku pun masih berproses untuk mencapai body goals yang aku inginkan. Jadi, semangat untuk kita semua!
Terkadang pun kalo lagi di depan cermin aku suka kayak senyam-senyum sendiri saking senengnya liat diri sendiri. Hihi. Maaf ya agak narsis, tapi gapapa kan ya self love, because i love myself so so so much!
Satu hal lagi yang perlu diingat, menurutku olahraga bukan cuma dilakukan hanya karena ingin mencapai berat badan tertentu atau bentuk badan tertentu aja ya. Olahraga tetap harus rutin dilakukan selagi kamu masih sanggup!

4. Memilih Produk Perawatan Diri yang Tepat
Karena dulu aku struggle banget dengan permasalahan jerawat, lama kelamaan bisa teratasi dengan seringnya trial error skincare ini itu, dan mengatur makanan yang masuk. Memang ya kita harus berani keluar dari zona nyaman dan berani ambil resiko dalam menemukan skincare apa yang tepat buat diri kita sendiri.  Dan ternyata kalau makanan yang masuk itu "bersih" juga se-ngaruh itu loh buat kulit wajah, kulit badan bahkan sampai rambut, kuku, dan lainnya. Enggak cuma wajah aja dong guys yang perlu dirawat, tapi badan, rambut, kuku, dan lainnya bahkan sampe area kewanitaan pun perlu dikasih perhatian.

5. Menyenangkan Diri Sendiri dengan Jajanan Sehat
Orang-orang terdekatku udah tahu banget sih kalau aku anaknya doyan banget jajan. Kalau pergi keluar rasanya enggak afdol kalau enggak jajan minuman atau makanan. Tapi setelah menerapkan Healthy Lifestyle, aku jadi lebih aware dan lebih teliti lagi buat cek-cek kandungan setiap jajanan, cemilan atau minuman kemasan. Ya biarin aja deh kalau ada yang bilang rempong atau ribet, demi kesehatan diri kan. Nah sering juga tuh kan bingung cari cemilan yang lebih rendah kalori dan rendah gula.

Beberapa waktu lalu aku nemu Heavenly Blush Yoguruto pas lagi mampir ke minimarket di salah satu stasiun KRL. Aku beli yang rasa Strawberry dan aku cek kandungan gulanya lebih rendah dibanding yogurt lain. Awalnya beli satu aja buat diminum di jalan setelah naik KRL. Terus akhirnya aku jadi suka stok di rumah deh.

Heavenly Blush Yoguruto Strawberry, Bikin Enggak Takut Ngemil Lagi!


Karena aku udah buktiin kalau kebanyakan konsumsi gula itu bisa bikin kesehatan kulitku terganggu dan selain itu juga bisa beresiko mengganggu fungsi organ tubuh dan meningkatkan resiko diabetes, jadi sebisa mungkin cemilan yang aku konsumsi harus rendah gula dong ya bestie. Jadi sekarang aku benar-benar lebih aware banget dalam mengatur sugar intake. Makanya seneng ada yogurt rendah gula kayak Yoguruto ini.

Oiya, aku juga sempat baca info menurut Kementrian Kesehatan RI, batas konsumsi gula harian itu sebanyak 50 gram (4 sendok makan). Fyi nih... Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih bisa memicu penuaan dini loh karena gula berlebih bisa menyebabkan glikasi (pecahnya serat kolagen pada kulit), sehingga menyebabkan muncul garis halus pada kulit, kulit jadi tidak kencang, dan bisa menimbulkan keriput. Enggak mau banget deh aku kayak gitu, soalnya cita-citaku kan punya wajah dan tubuh yang awet muda walau umur sudah tidak muda lagi, hahaha haseek!

Heavenly Blush Yoguruto memiliki kandungan gula mulai dari hanya 11 gram per saji (180 ml), lebih rendah dibanding merk yogurt lain. Ternyata enggak cuma kandungan gulanya aja loh yang rendah, Heavenly Blush Yoguruto juga tinggi kalsium, rendah lemak, dan mengandung serat pangan prebiotik, jadi bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan setiap hari. Pencernaan sehat nyatanya bisa jadi salah satu kunci memiliki kulit cantik terawat. Nah tuh paket lengkap sekali kan beb! Mau dong punya kulit terawat setiap hari? Makanya nih aku aja sampai stok Heavenly Blush Yoguruto di rumah. Jadi kalau mau ngemil, enggak usah takut lagi!

Udah sekian tahun belakangan ini aku ngejalanin Healthy Lifestyle yang ternyata manfaatnya bukan cuma bikin diri sendiri bahagia aja loh, tapi pastinya buat investasi di masa depan. Jadi buat aku, kamu dan kita semua yang sudah menjalani Healthy Lifestyle, ayo tetap semangat, tetap konsisten dan tetap disiplin ya! Jangan pernah lupa buat selalu menyenangkan diri sendiri!

By the way… Heavenly Blush Yoguruto ada 4 rasa ya, kalau yang favorit aku rasa Strawberry. Segar dan enak banget rasanya, apalagi kalau dingin. Heavenly Blush Yoguruto bisa dibeli di minimarket terdekat atau di marketplace. Kalau kalian udah pernah cobain belum? 

You Might Also Like

2 comment

  1. Aaaaa aku juga lagi belajar memahami diri sendiri niiii.... Mau dijajanin yogurtnya yaaa kalo kita ketemu, luvvv

    BalasHapus

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring