ASUS ROG Phone 8 Beyond Gaming, Rajanya Gaming yang Lebih dari Sekadar Gaming

Rabu, Maret 20, 2024

Mungkin aku memang bukan seorang gamer berat, tapi kalau ngomongin gaming aku juga aware banget. Dunia gaming dari tahun ke tahun tuh perkembangannya bener-bener luar biasa banget, termasuk mobile gaming. Tahu sendiri kan perkembangan mobile game juga makin menggila. Kompetisi game secara profesional yang sekarang kita kenal sebagai salah satu cabang olahraga, E-Sport, juga makin menjamur. Hal ini lah yang membuat perkembangan Handphone Gaming juga nggak kalah ketinggalan.
Nah, kalau ngomongin Handphone Gaming tentu aja kita tahu siapa rajanya. Ya, tentu saja ASUS ROG. Pertama kali hadir di 2018, dari tahun ke tahun, para penggemar gaming phone selalu menunggu kabar kehadiran seri terbaru dari ASUS ROG. Meneruskan trah sebagai rajanya gaming phone, ASUS ROG Phone 8 pun rilis pada awal 2024 ini. Peluncuran gaming phone ini diumumkan di CES (Consumer Electronics Show) Januari lalu di Las Vegas. Dan di 20 Maret ini ASUS ROG Phone 8 sudah resmi hadir di Indonesia. Yeay!


Launching Event ASUS ROG Phone 8 || photo source: @travelerien

Di kehadirannya ini, sang penerus raja
gaming rupanya nggak muncul sebagai sang jago gaming aja. Lebih dari itu, ROG Phone 8 hadir sebagai gaming phone paling oke yang pernah ada. Kok bisa sih? Bisa dong, karena dengan berbagai pembaharuan yang luar biasa dihadirkan melalui fitur dan spek yang gahar pada berbagai sisi. Jadi, apa aja spek dan fitur terbaru yang dibawa sang raja gaming? Nih, aku bedah satu-satu ya.

Desain Gahar yang Premium

ROG Phone 8 hadir dengan tampilan desain yang nggak cuma sekedar gaming phone, tapi juga tampil dengan desain yang premium. Masih dengan RGB yang menampilkan logo Fearless Eye yang gahar khas ROG di punggung handphone-nya, desain ROG Phone 8 menjadi premium melalui tampilan yang lebih minimalis namun tetap khas Handphone Gaming. Pilihan warnanya juga premium dan gahar dengan Phantom Black dan Storm Grey.
Desain yang terlihat minimalis dan premium namun tetap gahar kayak gini akhirnya cocok banget untuk semua kalangan kayak aku misalnya, atau untuk kamu yang gamer sejati tapi pengen punya gaming phone dengan desain yang lebih premium dan nggak terlalu menonjol kalau dipakai di tempat umum. Ini dia jawabannya!
Nggak cuma berhenti di estetika aja. Secara dimensi, desain ROG Phone 8 ini juga mendapatkan perubahan besar. Ini karena sang raja gaming hadir dengan tampilan yang serba lebih. Dibandingkan pendahulunya, ROG Phone terbaru ini memang hadir 17% lebih kecil, 9% lebih ringan dan 15% lebih tipis.
Desain premium dan compact ini bikin kamu lebih enak dalam menggenggam, lebih ringkas dibawa kemana-mana dan juga lebih enteng. Bye-bye deh Handphone Gaming yang gede-gede. Welcome Futuristic Gaming Phone!
Bawa-bawa ROG Phone 8 juga makin nikmat dengan hadirnya fitur ketahanan debu dan air bersertifikat IP68. Kamu jadi nggak perlu khawatir mau main game di mana aja dan kapan aja. Mau main game di kolam? Gass. Main game di kamar kamu yang udah lama nggak dibersihin dan berdebu? Gass juga. Main game sambil hujan-hujanan bareng temen? GASS MABAR!


Performa Tetap Rebel

Wah kalau desainnya dibuat serba lebih tipis, ringan dan kecil pasti bakalan mangkas performa gaming-nya dong? Kata siapa, performa ROG Phone 8 dijamin masih bakalan kayak balap liar, alias nggak terkendali!
Jangan lupa, ROG Phone 8 bagaimanapun juga masih rajanya gaming phone. Jadi di samping desain yang premium dan compact, performa gaming-nya nggak ditinggalin sama sekali. Bahkan makin ditingkatkan. Hal ini karena ROG Phone 8 juga ditenagai sama chipset paling mutakhir, yaitu Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang punya CPU 30% lebih ngebut dan juga GPU yang 25% lebih ngebut dari sebelumnya. Untuk urusan RAM dan ROM, ROG Phone terbaru ini sudah didukung dengan 8533Mbps LPDDR5X RAM sampai 16 GB dan juga UFS 4.0 ROM sampai 512 GB.
Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform

Dengan performa yang rebel ini, download puluhan game kekinian bukan masalah lagi buat ROG Phone 8. Apalagi mainin game-nya, itu urusan gampang buat ROG Phone 8. Semua mobile game masa kini pasti bisa dilibas dengan mudah.
Ditambah lagi, ROG Phone 8 ini punya desain termal yang inovatif dengan teknologi Rapid-Cooling Conductor dan GameCool 8. Teknologi ini ngebantu kamu para gamer berat biar suhu handphone tetap optimal dan adem waktu main game berlama-lama. Dengan teknologi-teknologi ini, bikin performa ROG Phone 8 bisa lancar terus tanpa lagging sama sekali. Main game berlama-lama biar bisa jadi top global dan dilirik tim E-Sport bukan lagi hal sulit buat kamu.
Rapid-Cooling Conductor

Masih belum puas? Tenang, kamu juga bisa pasang pendingin tambahan dari ROG yaitu clip-on AeroActive Cooler X yang bisa menambah efisiensi termal biar lebih dingin lagi dengan menurunkan suhu back cover sampai 36°C. Ditambah lagi ada dua tombol fisik di AeroActive Cooler X yang bisa bantu kamu makin jago main  game.
AeroActive Cooler X

Ultra-Bright Display, Dijamin Memanjakan Mata

Performa udah rebel, layar juga nggak kalah memanjakan. Pengalaman main game dan multimedia di ROG Phone 8 dijamin akan makin seru dengan layar yang dibawa kali ini. Di seri terbarunya, sang raja gaming ngebawa layar E6 AMOLED fleksibel 6,78 inci yang panelnya bisa ngasih Adaptive Refresh Rate dan bisa bantu mengurangi konsumsi daya. Kamu juga bisa milih refresh rate sampai 165 Hz dan kecepatan sampling sentuh 720 Hz yang bikin pengalaman menyentuh layar jadi halus dan nge-game lebih smooth lagi.

Dengan layar canggih kayak gini, tingkat kecerahan dari ROG Phone 8 juga nggak perlu diragukan lagi. ROG Phone 8 mampu ngasih tingkat kecerahan sampai 2500 nits yang bikin kamu bisa main game, nonton video ataupun sekedar scroll video lucu di sosmed terus di-share ke mantanmu itu sambil di bawah terik panasnya matahari Indonesia yang kadang amit-amit nggak ketolong. Weyyy!
Untuk masalah keamanan layar juga kamu nggak perlu khawatir. Soalnya ROG Phone 8 udah diproteksi sama Gorilla® Glass Victus™ 2 yang memperkuat durability-nya. Jadi nggak pakai tempered glass juga nggak perlu khawatir. Meskipun kalau aku sih mungkin bakalan tetep pasang tempered glass karena udah kebiasaan ya. Hehehe.

Kamera AI Level Pro untuk Posibilitas Tanpa Batas

Salah satu fitur yang paling menarik perhatianku di ROG Phone 8 adalah kameranya yang udah lebih advance dengan Tri-Camera System. 50 MP IMX890 Image Sensor dari Sony di kamera utamanya bisa ngasih kamu hasil gambar yang jernih banget. Selain itu, kamera utamanya juga punya 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang bisa bikin hasil video dari ROG Phone 8 lebih smooth dan stabil bahkan dalam kondisi cahaya yang nggak terlalu bagus.
Selain itu, ROG Phone 8 juga punya 32 MP Telephoto dengan teknologi HyperClarity yang bisa hasilin foto yang jernih dan detail meskipun kamu zoom 10x bahkan sampai 30x zoom. Buat aku yang suka nonton konser sih cocok banget fitur ini. Bakalan ngebantu aku buat mengabadikan momen-momen penting dan pesona para Oppa Ganteng kesayangan dari jauh.
Yang terakhir ada kamera 13 MP Ultrawide yang bikin memotret pemandangan atau landscape foto lebih ciamik lagi. Buat kamu yang hobi traveling, suka foto-foto pemandangan alam atau doyan mengabadikan momen rame-rame sekeluarga sih bakalan cocok banget!

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer

Selain lensa kameranya yang gokil, kamera ROG Phone 8 juga punya teknologi AI yang ngebantu hasilkan foto ataupun video untuk menerobos segala posibilitas. Kayak misalnya fitur AI Object sense yang bisa bantu misahin beberapa objek dalam satu gambar dalam satu frame, misalnya memisahkan mana langit, laut dan pantai. Teknologi ini juga bakalan ngebantu banget buat kamu yang pengen edit lagi warna objek-objek tadi biar lebih kontras, natural dan cantik sebelum di-posting ke Instagram.
Fitur lainnya adalah Light trail mode yang bisa bikin kamu menciptakan foto long-exposure tanpa perlu profesional kamera. Level AI-nya bener-bener bikin kamu jadi selayaknya profesional dengan posibilitas tanpa batas.

photo source: @travelerien

photo source: @travelerien

Fitur Unggulan Lainnya dan Varian ROG Phone 8

Mumpung habis ngomongin soal AI di ROG Phone 8, masih banyak fitur lain yang juga didukung AI lho di seri ini. Misalnya fitur-fitur AI yang bisa meningkatkan pengalaman dan kenyamanan gamer, antara lain ada Background Mode, X Capture, AI Grabber dan X-Sense.
Buat aku yang lebih butuh untuk lifestyle dan content creation, AI di ROG Phone 8 juga bisa ngebantu lewat fitur Semantic Search, AI Wallpaper dan AI noise-cancellation.

Di Indonesia, ROG Phone 8 hadir dengan beberapa versi mulai dari versi standar, dilanjut dengan ROG Phone 8 Pro (16/512) dan ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T).

Yang membedakan versi standar dengan dua versi di atasnya selain dari kapasitas RAM dan ROM adalah ketersediaan warnanya. Buat versi Pro dan Pro Edition cuma tersedia warna Phantom Black. Selain itu, ada juga fitur AniMe Vision, Mini LED yang bisa didesain suka-suka kita di ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition. Fitur ini ngegantiin RGB logo Fearless Eye yang ada di back cover versi standar.

ROG Phone 8, the Real Beyond Gaming!

Memang kalau udah ngomongin ROG Phone 8 tuh nggak bisa deh cuma yang ringkas dan pendek gitu. Habisnya banyak banget sih spek dan fitur-fitur seru dan juga menarik buat dibahas yang hadir di seri terbaru sang raja gaming phone ini. Nah sebagai summary, jadi ini dia 6 poin penting dan unggulan dari ROG Phone 8!
- Desain premium yang lebih dari sekedar permainan: ROG Phone 8 kini hadir dengan tampilan yang lebih kecil, ringan dan juga tipis. Fitur-fitur di dalamnya juga dirancang agar mudah digunakan oleh semua penggunanya termasuk gamer, streamer, content creator dan masih banyak lagi.
- Performa yang tak terkendali: Chipset Snapdragon® 8 Gen 3, 8533 Mbps LPDDR5X RAM dan UFS 4.0 ROM menghasilkan performa benchmark yang melampaui pesaing di kelasnya. Selain itu ROG Phone 8 juga gaming phone pertama di dunia yang memiliki IP68.
- Ultra-bright display: Layar AMOLED fleksibel 6.78 inci 165 Hz dengan bezel ultra tipis dan 2500-nits dengan adaptive refresh rate LTPO dan kecepatan sampling sentuh 720 Hz yang sangat halus.
- AI kamera tingkat pro: 50 MP utama dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0; 13 MP Ultrawide yang punya lensa bebas; 32 MP Telephoto dengan 3X optical zoom dan OIS.
- Fitur disempurnakan AI: X-Sens, X Capture, AI Grabber buat bermain game; AI Noise Cancellation, AI Wallpaper, Semantic Search untuk gaya hidup.
- AniMe Vision: Layar sekunder eksklusif berupa Mini LED yang bisa disesuaikan pada ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition.



Dengan fitur-fitur yang seabrek tadi, ROG Phone 8 bener-bener ngebuktiin kalau dia Rajanya Handphone Gaming yang nggak sekedar gaming. Cocok banget sama tema yang diusung ASUS ROG kali ini, “BEYOND GAMING”. 

Panjang lebar bahas gadget nggak afdol rasanya kalau nggak ngomongin harga.
Harga & Ketersediaan ROG Phone 8
- ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
- ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
- ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
- ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Nah buat kamu yang sudah berniat buat meminang sang raja gaming phone ini, sekaranglah waktu yang sangat tepat karena lagi ada promo menarik nih. Ada First Sale Promo dan Consumer Launch Sales Promo!
Promo ROG Phone 8
- First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 
Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 
Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

- Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Gimana? Tertarik nggak nih buat bergabung sebagai pasukan dari Republic of Gamers di bawah sang Raja Gaming Phone terbaru, ASUS ROG Phone 8!


*Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

You Might Also Like

0 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring