Ngabuburit Sambil Kenalan Sama Laptop Gaming yang Jago AI dari ASUS ROG

Minggu, Maret 17, 2024

Kalau biasanya aku ngabuburit keliling komplek buat cari takjil biar enggak kehabisan, tapi kali ini aku ngabuburitnya malah ke Hotel Sutasoma. Ngapain hayooo, yang jelas buka lagi nyari gorengan sama kolak sih. Aku ngabuburit ke Hotel Sutasoma bareng para Blogger Jabodetabek buat kenalan sama laptop terbarunya ASUS ROG di event ASUS ROG Media Launch 2024. Happy banget bisa hadir di acara bergengsi ini. Soalnya aku bisa menjadi saksi diperkenalkannya deretan AI Gaming Laptop terbaik dan ter-powerful dari ASUS ROG!


Banyak banget kegiatan seru di event yang dipandu MC Mas Gerry Eka kali ini. Ada games berhadiah, Dance Challenge berhadiah, doorprize sampai nyobain foto AI, dan kemudian ditutup dengan buka puasa bersama rekan-rekan media. Bukber pertama tahun ini dengan penuh keseruan. Alhamdulillah yaa.



Tapi yang paling bikin aku enggak sabaran di acara ini tentu aja kenalan sama deretan AI Gaming Laptop dari ASUS ROG. Apasih kok dari tadi bawa-bawa AI terus? Jelas! Karena deretan laptop ASUS ROG yang dirilis kali ini bukan sembarang laptop gaming. Tahu sendiri kan sekarang ini makin banyak aplikasi berbasis AI yang bisa generate berbagai hal mulai dari teks, foto, gambar hingga video. Nah, untuk bisa mendapatkan hasil optimal dari AI, dibutuhkan juga hardware yang mumpuni. Disitulah deretan AI Gaming Laptop ASUS ROG hadir buat kita semua.

Jadi ada laptop apa aja nih yang diperkenalkan sama ASUS ROG? Sini aku spill satu-satu, kebetulan aku kan udah kenalan sama mereka. Pada ASUS ROG Media Launch 2024 yang aku datengin, ada tiga AI Gaming Laptop yang diboyong sama ASUS ROG ke Indonesia; ROG Zephyrus, TUF Gaming dan STRIX. Langsung aku perkenalkan aja ya!




ROG Zephyrus G14
ASUS ROG Zephyrus G14 (GA403), laptop gaming AI 14-inci paling tipis, ringan dan powerful di dunia. Pertama kali hadir di tahun 2020, ROG Zephyrus G14 langsung bikin gempar dunia berkat desainnya yang revolusioner. Laptop gaming, tapi tipis. Sekarang dunia pasti makin gempar lagi karena ROG Zephyrus G14 gak cuma jadi yang paling ringan dan tipis di dunia dengan bobot 1,5Kg dan ketebalan 1,59cm, tapi juga jadi laptop paling tipis dan ringan dengan prosesor Ryzen AI yang bisa bikin pemrosesan AI makin optimal dan efisien.

Gak berhenti di situ aja nih kecanggihannya, ROG Zephyrus G14 (GA403) juga Laptop Gaming AI pertama di dunia yang pakai layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Panel layar ini dibekali sama teknologi Variable Refresh Rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC yang akan memastikan pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering buat kita semua.


Udah tipis, ringan, powerful pula. Pemrosesan AI bakal lancar banget pastinya. Apalagi main game kekinian yang udah AAA, Easy pasti! ROG Zephyrus G14 (GA403) ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp29.999.000.
ROG Zephyrus G16
Nah kalau kamu cari yang tipis, ringan dan powerful tapi ngerasa 14-inci terlalu kecil, ada nih saudaranya. Laptop terakhir yang diperkenalkan di ASUS ROG Media Launch 2024, yaitu ASUS ROG Zephyrus G16 (GU605). Hadir dengan layar 16-inci, laptop gaming ini juga ringan dan ramping. Beratnya cuma 1,85Kg dengan ketebalan 1,49cm. Gak beda jauh kan sama saudaranya yang 14-inci.

Bedanya cuma di ukuran layar dan prosesornya. ROG Zephyrus G16 (GU605) dijalankan pakai prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost yang emang dirancang buat meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Makanya enggak heran kan kalau ROG Zephyrus G16 juga masuk ke dalam jajaran AI Gaming Laptop ASUS ROG ter-powerful.
Nggak ketinggalan, ROG Zephyrus G16 juga pakai layar ROG Nebula Display dengan panel OLED yang dilengkapi teknologi VRR. Laptop ini juga ditenagai sama Windows 11 lho, sistem operasi terbaik buat gaming dan content creation. Kalau kamu beli ROG Zephyrus G16, kamu juga bakal dapat gratis langganan XBOX PC Game Pass buat tiga bulan. Jadi kamu enggak perlu beli game lagi deh. Langsung aja download dan mainin ratusan game AAA terbaik yang ada di library XPOX PC Game Pass.

Buat kamu yang udah enggak sabar beli ROG Zephyrus G16, langsung aja siapkan budget-nya ya. Laptop ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp32.999.000. Dengan harga segitu kamu udah bisa dapetin AI Gaming Laptop yang tipis dan ringan buat dibawa kemana-mana, powerful yang bisa ngebantu kamu makin produktif di bidang content creation ataupun pemrosesan AI, dan juga smooth buat jalanin game AAA terbaik.

TUF Gaming A15

Kemudian, ada ASUS TUF Gaming A15 (FA507U). Laptop ini ditenagai sama AMD RyzenTM 8040 Series yang tentu saja sudah dibekali sama Ryzen AI. Jadi, laptop ini bisa ngebantu kamu buat menjalankan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan efisien. Soalnya fitur ini mengkombinasikan CPU, GPU dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. 

Prosesor AMD RyzenTM 8040 Series yang dipakai di laptop ini juga merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 buat CPU-nya dan RDNATM 3 buat GPU terintegrasinya. Satu lagi yang bikin paling beda dari prosesor ini adalah ada NPU berbasis XDNAtm yang bisa menghadirkan performa pemrosesan AI sampai 40% lebih tinggi. Makanya gak heran kan kalau TUF Gaming A15 jadi salah satu AI Gaming Laptop pertama di Indonesia.

Nggak ketinggalan, TUF Gaming juga satu-satunya laptop gaming entry-level yang udah punya sertfikasi US Military Grade durability, lho. Jadi build quality-nya pasti terjamin dan gak perlu diragukan lagi. ASUS TUF Gaming A15 (FA507U) dibanderol dengan harga mulai dari Rp23.999.000.
Nah, buat yang budget-nya lebih terbatas jangan khawatir, karena ada seri lainnya yang lebih terjangkau yaitu TUF Gaming A15 (FA506N) yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp12.049.000. Karena hal ini, TUF Gaming A15 menjadi pionir AI Gaming Laptop paling terjangkau di Indonesia.

“Setelah tampil sebagai pionir lini laptop gaming terjangkau dan laptop gaming berstandar US Military Grade, TUF Gaming kini menjadi pionir AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia.”


ROG STRIX Series

Buat para gamer yang cari laptop gaming yang gahar dan bisa diandalkan untuk menjalankan semua game berat, ROG STRIX Series bisa jadi jawabannya. Kamu bisa memantapkan pilihanmu kepada ROG STRIX Scar 16/18 atau ROG STRIX G16.

Dengan Windows 11 Pro dan juga dibekali ROG Nebula Display. Ditenagai 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX Processor 2.2 GHz (36M Cache, up to 5.6 GHz, 24 cores: 8 P-cores and 16 E-cores). Dengan MUX Switch + NVIDIA® Advanced Optimus, Support Dolby Vision HDR, bikin pengalaman main game makin mendominasi.






Naaah... Dengan kehadiran jajaran Laptop terbaru ASUS ROG ini nunjukin kalau sekarang laptop gaming enggak hanya terbatas buat nge-game aja, tapi juga bisa menunjang produktivitas kamu semua. Apalagi ada fitur AI yang bikin kamu bisa makin lancar ketika memproses aplikasi AI apapun. Bahkan Mas Riandanu Utomo selaku Technical Public Relation of ASUS Indonesia pun memanfaatkan kecanggihan AI untuk hobi fotografinya. Mas Danu berbagi cerita kalau beliau mempunyai hobi fotografi dan senang memotret para cosplayer. Namun Mas Danu juga mengakui bahwa kemampuan fotografinya masih amatir, maka kecanggihan AI pun menjadi salah satu solusinya.


Tuh kan, ASUS ROG AI Gaming Laptop enggak hanya diperuntukkan untuk para Gamer tapi juga bisa menunjang produktivitas dan kegiatan multitasking dari para Mahasiswa, Content Creator, Fotografer dan lainnya.

Yang budgetnya udah ready, yuk langsung beli. Buat yang belum, mari kita menabung bersama! Jadi, kamu naksir AI Gaming Laptop yang mana nih, bestie?

You Might Also Like

0 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring