4 Alasan Laptop Dua Layar ASUS Zenbook DUO (UX8406) Layak Dimiliki untuk Produktivitas Sehari-hari

Minggu, Maret 10, 2024

Emang boleh ada laptop dua layar? Boleh enggak? Ya boleh dong! Apalagi kalau buat menunjang produktivitas atau kegiatan multitasking kita. Eh... Tunggu deh. Masa iya ada laptop dua layar? Kayak apa bentuknya?

Yes! Beneran ada kok laptop dua layar. Kamis, 7 Maret 2024 lalu aku berkesempatan hadir di Raffles Hotel Jakarta dalam acara launching ASUS Zenbook DUO (UX8406) bareng sama teman-teman Blogger Jabodetabek. Aku akan spill dulu penampakan laptopnya yang unik ini biar kalian penasaran buat kepoin lebih lanjut!
ASUS resmi memperkenalkan Zenbook DUO (UX8406) di Indonesia. Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop dual-screen OLED terbaik di dunia yang didesain secara khusus untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi dua layar serta AI. Wah... Wah... Udah dua layar terus ditambah teknologi AI juga? Gimana? Penasaran kan pengen tahu spek lengkap laptopnya? Please lanjutin baca tulisan aku ya!


Setelah lunch, acara dimulai dengan kehadiran Zenbook DUO Stars Wulan Guritno dan Winky Wiryawan, acara yang dipandu MC Donna Agnesia berlangsung meriah banget! Karena selain kehadiran Zenbook DUO Stars, juga bertabur hadiah dan doorprize seperti ASUS Zenbook 14 OLED, Fine Gold, voucher belanja dan lainnya.

MC Donna Agnesia

Zenbook DUO Stars, Wulan Guritno

Zenbook DUO Stars, Winky Wiryawan

Oiya... Ada dua orang teman Blogger Jakarta yang juga ikutan naik ke stage buat main games bareng Wulan Guritno dan Winky Wiryawan, yeaayyy asik banget bawa pulang hadiah voucher belanja!

“Laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia. ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dan dilengkapi fitur eksklusif akan merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “Revolusi laptop telah dimulai hari ini!”

Sebelum revealing laptopnya, para undangan yang hadir dihibur oleh penampilan drama musikal yang menceritakan kehidupan sehari-hari pekerja yang produktif serta dituntut untuk multitasking, yang pastinya butuh 'alat perang' yang mumpuni. Maka ASUS Zenbook DUO-lah jawabannya! Selain itu juga ada penampilan dari para penari balet. Seru!
Penampilan Drama Musikal & Balet

4 Alasan Laptop Dua Layar ASUS Zenbook DUO (UX8406) Layak Dimiliki untuk Produktivitas Sehari-hari


Laptop Revolusioner
Mungkin beberapa dari manteman pembaca penasaran, seperti apa ya ide awal menciptakan laptop Zenbook DUO (UX8406)? Perjalanan Zenbook DUO (UX8406) dimulai ketika tim desain ASUS melihat bagaimana orang-orang bekerja dengan laptopnya. Mereka sering pakai monitor tambahan demi memperluas ruang kerjanya. Tapi ada sebuah masalah yaitu saat harus bekerja di luar ruangan atau luar kantor, mereka terpaksa harus kembali memakai laptop dengan satu layar. Solusi yang dihadirkan oleh tim desain ASUS adalah memperkenalkan laptop prototipe dengan dua layar di tahun 2018 bernama Project Precog.

Project Precog merupakan konsep awal Zenbook DUO (UX8406) yang dipamerkan di Computex 2018. Project Precog tetap menjadi laptop konsep pada saat itu karena ekosistem hardware, software, serta sistem operasinya belum bisa memaksimalkan penggunaan layar ganda di laptop.

Kemudian ASUS pun mengembangkan sistem layar ganda di laptop bersama dengan software dan eksosistem lainnya di ZenBook Pro 15 (UX580) lewat ScreenPad™, serta ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) lewat layar tambahan ScreenPad™ Plus.

Selama enam tahun, ASUS terus berusaha menyempurnakan hardware dan software supaya interaksi pengguna laptop layar ganda sekaligus bisa lebih mudah dilakukan. Itulah mengapa Zenbook DUO (UX8406) dapat tampil sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia, karena laptop tersebut enggak cuma revolusioner, tetapi juga sudah melewati proses pengembangan secara konsisten selama bertahun-tahun.


Desain Inovatif
Zenbook DUO (UX8406) bisa tampil sebagai laptop dua layar terbaik di dunia karena desainnya yang inovatif. Zenbook DUO (UX8406) ini bukan laptop biasa lho manteman. Laptop ini dibekali dua layar 14-inci, keyboard yang bisa dilepas, dan penyangga khusus jadi mudah banget digunakan. Semua itu tergabung dalam satu desain yang sangat ringkas dan berfokus pada pengguna, mudah dibawa juga saat bepergian.


Tampil sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, Zenbook DUO (UX8406) menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas yang superior dalam bodi yang ringan. Bayangkan aja, bobotnya cuma 1,35 kg dan ringkas dengan ketebalan hanya 14,6 mm.

Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) mengusung teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat. Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen, so... bisa digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang bisa memberikan input secara presisi.

Desain keyboard yang bisa dilepas (detachable) juga memudahkan laptop ini dibawa kemana-mana. Cocok kan buat yang kerjanya remote tapi tetap harus pakai laptop. Keyboardnya juga mudah banget digunakan, karena pengisian dayanya bisa dilakukan secara otomatis saat Zenbook DUO (UX8406) digunakan pada Laptop Mode (yaitu ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop).

Enggak cuma itu, keyboard Zenbook DUO (UX8406) juga dirancang untuk digunakan seharian berkat sistem cerdas yang memungkinkan laptop untuk menggunakan koneksi langsung ke laptop saat digunakan di Laptop Mode, serta beralih menggunakan koneksi Bluetooth secara otomatis saat dilepas dari bodinya. Keren banget!

Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan
Seluruh laptop ASUS memang memiliki desain yang berfokus pada pengguna, Zenbook DUO (UX8406) pun demikian. Secara desain, Zenbook DUO (UX8406) berbeda dari laptop yang ada di pasaran saat ini. Laptop terbaik ini dilengkapi keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang bisa dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel.

Fitur ScreenXpert yang udah disempurnakan juga hadir untuk memberikan pengalaman lebih intuitif saat Zenbook DUO (UX8406) digunakan di semua mode penggunaannya.

Ngomong-ngomong, ada lima mode skenario penggunaan Zenbook DUO (UX8406) lho.


1. Dual-Screen Mode
Ini mode penggunaan yang paling membedakan Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lain. Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Penggunanya bisa mengontrol Zenbook DUO (UX8406) pakai keyboard fisiknya secara nirkabel lewat koneksi Bluetooth.


2. Desktop Mode
Didesain buat kalian yang suka layar vertikal nih! Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini cocok buat skenario penggunaan seperti menulis artikel, browsing, dan coding.

3. Laptop Mode
Laptop mode membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop clamshell pada umumnya, dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini cocok digunakan di ruang terbatas, misalnya di dalam pesawat.
Dengan Detachable ASUS ErgoSense Keyboard & Touchpad untuk pengalaman mengetik yang nyaman:
- Full-Size Keyboard dengan adanya Touchpad
- Saat Keyboardnya ditaruh di atas layar keduanya, akan otomatis nge-charge karena ada pogo pin
- Walaupun detachable, tapi keyboardnya ada backlit light-nya, bisa banget dipakai di kondisi penerangan yang redup atau gelap.

4. Laptop Mode with Virtual Keyboard
Solusi nih bagi pengguna Zenbook DUO (UX8406) yang lagi enggak mau pakai keyboard fisiknya. Lewat ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) bisa banget menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda, lengkap dengan touchpad virtualnya.


5. Sharing Mode
Mode paling unik di Zenbook DUO (UX8406) ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Bisa nih dipakai saat lagi presentasi.

Cukup buka layar laptop ini sampai 180° dan aktifkan mode ini. Kedua layarnya bertolak belakang dan memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung saat memakai Zenbook DUO (UX8406) ini.


Performa Terbaik Ditenagai AI
Gimana? Udah mulai tertarik dan naksir sama Zenbook DUO (UX8406)? Eits... Tunggu dulu. Masih ada lagi nih yang bakalan bikin kalian lebih naksir sama laptop ini.

Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop AI dengan dua layar bersertifikasi Intel® Evo™ Edition yang dibekali prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru. Prosesor Intel® Core™ Ultra dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI.

Jadi... Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan. Wah mantap! 

Selain itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dibekali chip grafis Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

Di Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ enggak cuma bisa mengakselerasi pemrosesan grafis saja nih, tapi juga video encoding yang tentunya penting banget buat para konten kreator.


Kalian penasaran sama harganya? Laptop ini dibanderol dengan harga Rp. 33.999.000 dan ini spesifikasi lengkap ASUS Zenbook DUO (UX8406).



Enggak hanya punya dua layar, Zenbook DUO (UX8406) juga didesain sangat fleksibel, mudah, nyaman digunakan didukung oleh berbagai keunggulan yakni Full I/O Ports mulai dari dua port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1, hingga jack audio 3.5 mm, didukung Best Sound Quality 🡪 Sound by Harman/Kardon dan tersertifikasi Dolby Atmos stereo sound system, dengan 75Wh Battery Capacity, hingga penggunaan lebih dari 13 jam* (*visit asus.com/id for the UX8406 battery test scenario).



Selain itu laptop ini sudah tersertifikasi Military-Grade Standard Durability (untuk durabilitas laptop yang kuat) serta bahan yang ramah lingkungan.


ASUS Zenbook DUO (UX8406) sudah available di ASUS Online Store. Buat kamu yang naksir, yuk langsung aja amankan laptopnya!
Blogger Jabodetabek for ASUS

You Might Also Like

0 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring