}

24/04/2017

Tubuh Sehat Tetap Bugar dengan TRX & Yoga di Be Fit Studio Jakarta


Siapa sih yang nggak mau punya tubuh yang selalu sehat dan bugar? Semua orang pasti mau ya. Karena dengan tubuh sehat dan bugar, kita bisa lebih semangat menjalani aktivitas, terhindar dari penyakit dan lebih bahagia.
Kali ini aku mau sharing-sharing tentang menjaga tubuh tetep fit dan sehat.


 Nah yang paling utama nih, usahakan selalu berfikir positif. Yap! Jangan keseringan negatif thinking sama orang, nggak baik untuk kesehatan. Ehehe tapi bener loh. Kalau bisa, selalu selesaikan masalah dengan kepala dingin walaupun misalnya kita punya sifat mudah naik darah. Susah? Cobalah! Pasti bisa!


Yang kedua. Istirahat yang cukup. Penting banget nih. Usahain jangan begadang. Kalau aku termasuk orang yang tidurnya agak larut malam juga nih. Tapi sebisa mungkin aku nggak melek sampai pagi atau tidur di pagi hari lalu bangunnya siang atau sore. Soalnya aku pernah terpaksa kayak gitu dan ngerasa kalau badan nggak fresh dan wajah kuyu.


Trus ketiga. Pola makan dijaga. Beberapa orang sering nanya ke aku, "Lo makannya banyak banget porsinya kuli tapi kok badannya gak bengkak ya?" Eitss... Siapa bilang. Walaupun keliatannya badanku kurus tapi jangan salah karena tubuh ini diam-diam menyimpan timbunan lemak-lemak yang bergelambir aduhai. Huahaha.

Oke cerita sedikit. Jadi selama ini berat badanku belum pernah sampai angka 50. Paling berat itu di angka 48 deh. Aku juga nggak membatasi makanku dengan porsi sekian atau tidak makan ini itu. No! Tukang ngunyah kayak aku nggak bisa digituin. Huhu. So... Apa yang aku mau makan ya udah, dimakan aja. But, aku batesin seperti nggak terlalu banyak makan yang berlemak, atau minyak-minyak jenuh, perbanyak sayur dan buah (apalagi sayur itu favorit aku, kayak kambing emang) dan perbanyak minum air putih.


Dan... Imbangi dengan olahraga rutin. Biasanya aku cuma lari di jogging track dan zumba aja, seminggu 3-4 kali. Tapi aku ngerasa kalau tubuhku masih terasa lembek dan bergelambir terutama di bagian-bagian yang lemaknya numpuk kayak paha, betis, perut. Duuuh...



Nah, baru-baru ini aku abis nyobain olahraga TRX dan Yoga di Be Fit Studio Jakarta barengan sama Rizka dan Tia.

Btw... Ada yang udah pernah tahu olahraga TRX? Yoga? Atau malah udah nyobain?


TRX atau Total Body Resistance ini adalah olahraga yang lebih banyak mengandalkan kaki dan tangan sebagai pusat tumpuan untuk melatih otot-otot tubuh. Gampangnya sih TRX ini basicnya mengandalkan berat tubuh kita sendiri. TRX efektif untuk membakar kalori tubuh dalam jumlah lebih banyak loh kalau dilakukan secara rutin dan juga bisa membentuk otot, core, cardio, melatih fleksibilitas, keseimbangan badan, sampai kelincahan. 





TRX ini pakai tali lentur (anchor) yang namanya TRX Suspension Trainer sebagai alat, dan bisa dicombine juga pakai alat lainnya kayak cone, barbel, karet untuk kaki, rip trainer dan lain-lain sebagai variasi dalam gerakan-gerakan TRX nya.
Walaupun keliatan simpel tapi TRX termasuk olahraga berat loh. Pas dilakuin ternyata emang berat dan lumayan menguras keringetku. Haha. Makanya perlu bantuan trainer supaya nggak terjadi kesalahan dalam melakukan gerakannya.


Sebelum mulai kita dijelasin dulu basic-basic TRX dan melakukan pengukuran fisik kayak tinggi & berat badan dan persentase kadar lemak/kalori sama personal trainer kita, Mas Hendri. Dan nggak lama ada juga trainer lain yaitu Mas Ringga dan Mas Feri yang ikut gabung.






TRX ini diawali dulu dengan stretching dan pemanasan.

Lalu lanjut ke inti latihannya. Sebenarnya gerakan-gerakan TRX itu ada banyak banget. Tapi yang kita lakukan adalah untuk level beginner antara lain ada TRX Row. Benefitnya adalah membentuk otot utama middle back, otot pendukung biceps, dan bahu.




Kemudian ada TRX Squat yang benefitnya adalah membentuk otot paha depan, otot pendukung, betis dan paha belakang.








TRX Shoulder Plank untuk membentuk otot bahu, dada dan lengan. 



TRX Chest Press untuk membentuk otot lengan dan dada.






Dan masih banyak lagi gerakan lainnya seperti TRX Low Row untuk pembentukan otot bahu, perut, bisep, TRX Inverted Row untuk pembentukan otot lats, bicep dan berbagai jenis gerakan lainnya. Setelah itu dilakukan pendinginan.


 Memang perlu bertahap sih untuk TRX Training ini. Mas Feri juga ngejelasin, kalau olahraga emang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan body goal dan pastinya juga tubuh sehat serta bugar. Bukan hanya sekali sekali aja. Ibarat gosok gigi, nggak mungkin dong kita gosok gigi cuma di hari Sabtu aja dalam seminggu. Sama halnya olahraga, harus rutin. Ya minimal 3 kali seminggu. Because fit is not a destination, it's a way of life. Iya betul! 




Setelah TRX, kita lanjut lagi untuk Yoga. Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokusnya pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Yoga yang akan kita lakukan adalah kombinasi medical yoga dengan sport yoga dengan jenis Hatha Yoga. Hatha Yoga adalah pengantar untuk yoga dengan gerakan lambat serta halus. Yoga jenis ini bisa dilakukan oleh semua umur sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Menurut penjelasan Tante Hanin instruktur yoga kita di Be Fit Studio, Hatha Yoga bagus untuk peregangan, membangun fleksibilitas, balancing dan kekuatan tubuh, mengurangi stres, mengurangi sakit ringan seperti pusing atau sakit perut, relaksasi sampai mengurangi berat badan. Wah... Aku baru tahu ternyata yoga bisa untuk kesehatan tubuh juga.
















Selain itu kita juga nyoba couple yoga juga. Yoga bisa dilakukan berpasangan, bahkan bertiga ataupun berlima loh. Seru banget kita yoga bareng-bareng sama Tante Titi, ownernya Be Fit Studio. Hihi.







Namaste! Abis yoga pose cantik dulu kali yaa. Hihi...


Oh iya di Be Fit Studio juga ada kantin, namanya Omah Kumang. Jadi nggak usah takut bakal ribet untuk beli makan atau minum. Lucu deh, wall nya artsy-artsy gitu jadi serasa makan di warteg.




 Menu yang ada di Omah Kumang ada nasi kebuli, tongseng kambing dan sapi, kebab, roti bakar, pisang goreng, indomi, rice bowl dan aneka minuman. Harganya mah gak usah ditanya, terjangkau pastinya. Asal jangan kalap makan banyak ya sehabis olahraga. Biar body goal serta tubuh sehat bugar bukan cuma impian :p 

Nasi Kebuli Kambing

Tongseng Kambing

Kebab Sapi

Buat kamu yang mau cobain workout di Be Fit Studio bisa langsung dateng ke Rawamangun Jakarta Timur, Jln. Alu-Alu no.26. Selain TRX Training atau Yoga, juga ada olahraga Martial Arts in Karate & Jujutsu juga loh. Kepo juga sih pengen cobain. Mungkin lain waktu yaah.

Nih aku kasih bocoran biaya workout di sana plus mapsnya biar nggak nyasar.



Eh eh... Ada free trial tuh buat 100 pendaftar pertama! Trus kalau bawa 10 orang untuk register jadi member di Be Fit bisa dapet 1 free class tuh. Asik kan! Buat yang masih kepo bisa follow Instagramnya @befitstudio_jkt dan Twitter @befitstudio_jkt










See You On My Next Post!

With love,







44 comments:

  1. Seru yaaa 😜😜

    theiamanda.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Pantesan ya Manda mukanya seger banget, rajin olahraga ternyata, aku juga biasanya lari, lari dari kenyataan lebih tepatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibiasain lari dari kenyataan kak. Kesehatanmu itu loh.

      Delete
    2. Iya ya pantesan ya taman ya... pantesan aku juga gak kurus kurus.. karena lari dari kenyataan

      Delete
  3. Jd pengen nyobain TRX deh ... Dulu pas trial 20FIT ngeliat ada alatnya sgala :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada alatnya yang gimana tuh kak dulu waktu trial TRX? Tali aja atau ada alat yg lain?

      Delete
  4. Waaahhh, waahhh... TRX ini termasuk murah, ya? Baru minggu lalu aku ngeliat list harga tempat olah raga sebelaah yang one sessionnya sekitar 300-an...
    Aku jadi pengen nyoba.. Keknya enak bnaget buat rileksin badan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mahal dong di sebelah :( Kuuuy laah ke Be Fit Studio ajaaa

      Delete
  5. Baru aja nonton film judulnha kungfu yoga. Yoga emang membuat siapapun tampil fresh dan cantik. Eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. Tapi yoga bisa kok untuk pria hehe

      Delete
  6. Pengen body nya kaya traniner TRX tapi apa daya olahraga pun jarang sering nya olahan berminyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahan berminyak. Ya ampun aku ingin tertawa :(

      Delete
  7. wah olahraganya asyik banget. Tapi aku sering gak rajin, apalagi sendiri banyak malesnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bareng sama suami dong mbak biar seru dan rajin.

      Delete
  8. Kalo bukan diri sendiri yang menjaga kesehatan diri sendiri lalu siapa lagi?

    Ya kalau mau simpel, tidak mau pergi kemana mana, bisa dilakukan di rumah, kayaknya Yoga bisa lakukan di rumah nda.. Gak tergantung cuaca, bisa dilakukan dimana saja..

    Karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yoga bisa di rumah juga ya bang.. Aku juga biasanya zumba di rumah juga sih.
      Okelah Mens sana in corpore sano mantap

      Delete
  9. Joss banget mba olahraga TRX ini.. saya dari dl pengen loh tapi takutnya malah jebol duluan karena g kuat menahan beban berat saya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa kok mas dilakukan sama orang yang bebannya lumayan berat juga. Nanti yg atur kitanya sendiri segimana kuatnya.. Dan bisa sekalian nurunin kalori kan hehe

      Delete
  10. Habis senam / olahraga makannya toongseng kambing , apa nggak jadi gemuk lagi yah, atap tidak karena besok hari senam lagi, hehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma makan nasi kebuli. Hehe. Tongseng dan kebabnya aku foto aja kali kali ada yang ngiler abis baca postingan ini heuheu..

      Tapi sebetulnya nggak masalah kok abis olahraga trus makan, asalkan ada jeda waktunya dan makannya nggak berlebihan..

      Delete
  11. WAH MBA AMANDA RAJIN BALAS COMEN YAH TERHADAP PENGUNJUNGNYA, JADI SENANG MAIN DISINI

    ReplyDelete
  12. Aku dari dulu pengen ikutan ngegym lah, yoga lah, tapi ampe sekarang nggak jadi-jadi hhahahhaa. Tapi liat postingan ini jadi keinget dan pengen lagi, secara lemak udah menggelambir dimana-mana huhuhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sih yaa kadang ngumpulin niatnya susah. Ayooo semangaaaaat! 💃

      Delete
  13. Jadi kangen fitnes lagi. >.< Dulu pas masih single, rajin banget fitnes. Sekarang mau keluar rumah buat ngegym, kok berat ninggal anak di rumah ya.. Akhirnya cuma yoga doang yg aku rutin seminggu sekali, sama berusaha disiplin untuk home exercise. Tar kalo ada udah lewat balita semua, mau balik rajin ngegym lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebisa mungkin sih sempetin olahraga mbak kan bisa dilakuin di rumah yaa walaupun cuma stretching2 atau yoga atau senam senam dikit di rumah hihi

      Delete
  14. gw terakhir fitness sma -__-) udah lama banget. sekarang paling gw lari pagi aja. cumen sekarang juga gue bangun sian mulu. hadehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo rajin olahraga demi men sana in corpore sano 🙆🙆🙆🙆

      Delete
  15. Waaahhhh asyiiikkk. AKu pun sbnrnya pengen ikut olah raga kyk yoga gtu tapi bm ada waktunya #alesyaaann
    BAru denger aku ttg TRX Yoga ini mbak, ternyata seperti itu to?
    Makasih infonya, bisa jd alternatif kapan2 klo mau olah raga rutin :D
    Btw abis olah raga makan nasi kebuli manteb ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak beda TRX sama Yoga.
      membentuk tubuh dan otot nih hehe iya kan makannya dijeda dulu mbak abis olahraga

      Delete
  16. Ya ampun jauh ya, Wkwkwk... aku juga lagi pengen fitnes serasa udah melar banget badan. Tapi di mananya aku tak tahu.

    ReplyDelete
  17. Studionya memang mungil begitu, Manda?
    Berart semacam private class yaa...

    Aku juga suka zumba dan yoga.
    Tapi untuk kelas Yoga, aku suka pilih-pilih instrukturnya.

    Assik yaa...olah raga cantik bareng temen-temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya studionya mungil minimalis mbak. Pilihan kelasnya ada yg private atau bareng2 beberapa orang jg kok.

      Delete
  18. masa abis latihan langsung makan makanan yang berlemak manda hihi. Harga per satu sesi lumayan juga ya. menguras kantong juga hehe. Tapi, saya tertarik dengan yoganya tuh kayanya asik ya bisa menenangkan pikiran juga di latihan yoga tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya abis olahraga trus makan juga gapapa kok asalkan dijeda makannya, 30 menit - 1 jam. Untuk pemulihan otot dan sendi. Ga langsung makan. trus porsinya juga jangan berlebih.

      Delete
  19. Gue terakhir fitness, sebulan, dan nyerah. ampun dah. Ini gue ngebayangin tiap move di foto dulu.

    Btw, Man. Ini emang sengaja tulisannya dibikin center, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nyerah ga kuat ya?

      Iya kan memang TRX per gerakan juga dihitung. Sampe 30 detik - move - 30 detik - move. Makanya pegelnya kerasa karna nahan. Yoga juga sama.
      Trus udh pasti dapet fotonya dong kan haha.

      Iya bang sengaja center. Udah dibalez yg waktu itu nanya. Hehe

      Delete
  20. Yang foto bertiga sambil ketawa lucu banget kayak pose penari India haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus gue kok jadi inget lagu chaiya chaiyaa yaaaak 😅😅😅

      Delete
  21. Senengnyaaaa...berat maksimal cuma 50. Saya? Huhu. Tapi kok agak malas gitu olahraga. Padahal kmrn abis beli matras di priceza.co.id maunya buat yoga. Pengen deh ada TRX trainning di Sidoarjo, biar bisa slim lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat mbak olahraganya. Biar gak gampang kena penyakit juga siih. Mungkin bisa yg ringan2 dulu. Kayak stretching atau jalan keliling komplek rumah.

      Delete