5 Cara Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Rabu, Desember 16, 2020

Tahun 2020 sudah hampir berakhir, dan masa pandemi sepertinya masih belum ada tanda-tanda berakhir. Sedih, gelisah, khawatir, semua perasaan ini berkecamuk dalam diri aku. Rasanya semakin hari kabar buruk terus berdatangan. 

Aku sempat sengaja libur media sosial biar enggak tahu lagi berita soal Covid-19 ini, tapi tertanya meski enggak dari media sosial, lingkungan sekitarku pun dengan sendirinya menunjukkan bagaimana kenyataannya. Akhirnya alih-alih menghindari berita, lebih baik aku berusaha untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat, untuk aku, untuk keluarga aku.

freepik.com

Corona ini nyata dan ada. Lambat laun rasanya semakin mendekat ke sekitar kita perkembangannya. Apalagi dengan semakin banyaknya OTG (Orang Tanpa Gejala), sudah kewajiban kita untuk melindungi diri sendiri dari penyebaran virus ini. Mata rantai untuk memutuskannnya ada di tangan kita sendiri kok. Caranya?
 
Sekali-kali aku mau bahas seputar kesehatan ya. Aku kan mau kalian yang baca blog aku juga selalu diberikan kesehatan. Hal yang umum dan sudah berulang kali diingatkan sebenarnya, tapi siapa tahu dengan kalian baca tulisan ini, kalian juga akan semakin berhati-hati menjaga diri, terutama di masa pandemi ini.


5 Cara Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

1. Memakai masker saat berada di luar rumah

Jangan pernah lupa pakai masker saat sebelum pergi meniggalkan rumah. Masker ini bukan hanya digunakan oleh orang sakit, tapi buat semua yang lagi sehat pun wajib memakai masker saat berada di luar rumah. 


Pastikan area hidung dan mulut tertutupi oleh masker, tidak ada sela diantara wajah dan masker. Hindari menyentuh masker saat digunakan. Sebaiknya masker hanya dilepas saat sedang makan dan minum ya. Bahkan ketika kamu lagi kumpul dengan keluarga ataupun teman dekat, sebaiknya tetap gunakan masker. Kita kan enggak bisa tahu dengan pasti kondisi kesehatan seseorang.


2. Selalu jaga kebersihan diri

Hand sanitizer menjadi salah satu yang wajib banget dibawa-bawa kemanapun saat kita pergi saat ini. Usahakan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% ya. Gunanya adalah untuk membersihkan tangan, terutama ketika enggak ada air dan sabun. Disarankan kita memang harus rajin mencuci tangan. 

Selain rajin cuci tangan, usahakan juga untuk tidak menyentuh benda-benda di tempat umum ya. Kita enggak tahu pasti soalnya apakah benda tersebut bersih dan tidak terpapar virus.  Kalau pun ternyata kita memegang benda-benda yang mungkin terkontaminasi, jangan lupa untuk langsung mencuci tangan. Ingat selalu  jangan pernah menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan.


3. Keluar rumah hanya di saat benar-benar butuh
Sebenarnya di rumah aja memang masih lebih baik sih untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Tapi aku juga mengerti sih, kondisi ini enggak memungkinkan untuk selalu diterapkan oleh semua orang. Ada yang masih harus mencari nafkah keluar rumah. Aku juga sesekali masih suka keluar rumah kok, belanja atau membeli makanan. Atau ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan di luar rumah. Tapi ya itu, seperlunya saja, dan kalau bisa hindari tempat ramai.

4. Jaga jarak aman
Saat keluar rumah, jangan lupa untuk selalu jaga jarak aman. Idealnya physical distancing itu 1-2 meter. Kalau boleh aku menyarankan, jaga jarak aman ini bukan sekadar dengan orang-orang yang enggak kamu kenal saja, tapi juga dengan teman dan keluarga yang tidak tinggal satu rumah dengan kamu. Tujuan jaga jarak aman ini apalagi kalau bukan untuk menghindari paparan virus ketika ada orang yang batuk ataupun bersin.

5. Vaksin 
Beberapa waktu lalu ada kabar baik kalau
Vaksin Sinochem sudah tiba di Indonesia. Semoga saja dengan hadirnya vaksin untuk Virus Corona ini bisa membuat masa pandemi ini segera berakhir ya. Beneran deh, aku udah enggak sabar banget bisa menjalani kehidupan normal seperti sebelum tahun 2020. Kamu pasti juga sama kan?
Tapi kemungkinan vaksin ini baru bisa dilakukan di tahun 2021 dan itu pun bertahap. Masih harus sabar dikit, enggak apa-apa. Yang penting kita tetap harus jaga kesehatan dan jangan menyepelekan saat mulai merasa enggak enak badan. 
 
Sekarang nih sudah hampir segala dimudahkan melalui teknologi ya. Bahkan untuk urusan kesehatan aja aku bisa mengandalkan Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc di smartphone, sekarang ini kita sudah bisa mendapatkan akses kesehatan. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter secara online. Tapi kalau masih mau berobat jalan, kita juga bisa mendaftar dokter di rumah sakit tertentu via Halodoc. Beli obat hingga untuk melakukan pendaftaran rapid test pun bisa dilakukan via Halodoc. Canggih ya? Karena memang sesuai dengan tujuan hadirnya Halodoc, menawarkan kemudahan dan mempersingkat waktu guna mengakses kesehatan bagi penggunannya melalui teknologi.

Ayo, kamu sudah punya aplikasi Halodoc belum di smartphone kamu? Penting lho. Bermanfaat banget. Stay safe and healthy ya semuanya, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.



You Might Also Like

4 comment

  1. Itu yang penting, menjaga protokol kesehatan. Tetap waspada dan jangan lengah karena virus corona masih terus mengintai kita.

    Hadirnya vaksin anti covid-19 tentu memberi harapan baru buat kita, semoga saja vaksin nya benar-benar aman digunakan.

    BalasHapus
  2. Vaksin udah bentar lagi diberikan secara massal, tapi prihatin euy korbannya terus bertambah karena banyak yang mulai abai pada protokol kesehatan

    BalasHapus
  3. Aku idem sama semua tipsmu mbak, semoga pandemi ini segera berlalu deh ya aamiin

    BalasHapus
  4. Cara mutus rantai covid di rumah aja sama jaga kebersihan sih , kalau saya sih selalu di rumah nonton TV dan baca manga di mangafast.net dengan si kecil sehari hari

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers