Praktis! Investasi Uang di Reksadana dengan IPOT FUND

Sabtu, Juni 29, 2019

Berbicara mengenai dunia perencanaan keuangan, dulu hal yang selalu terfikir olehku setelah lulus kuliah dan mendapat pekerjaan adalah berhemat, lalu sebagian uangnya ditabung di bank. Tapi aku sendiri juga merasa kalau aku memang konsumtif, alhasil keinginan untuk berhemat kadang sulit dilakukan. Karena sifat itulah aku jadi kepikiran untuk mencari cara bagaimana menghasilkan uang yang lebih lagi. Banyak cara yang kulakukan semenjak kuliah, mulai dari jualan baju dan kue lewat internet sampai membuka jasa desain kecil-kecilan. Tapi sayangnya jualan via online shop sempat terhenti karena terlalu sibuk kerja kantoran. Akhirnya pada waktu itu aku kepikiran untuk mencari cara mendapatkan uang dari internet melalui reksadana akibat ngobrol dengan teman lama. Lho kok bisa?

Singkat cerita, waktu itu ada seorang teman lama yang bertanya padaku apakah aku tahu mengenai investasi pasar modal di reksadana, mengenai saham, dan semacamnya, karena ternyata dia sedang mulai belajar mengenai itu. Jawabanku saat itu singkat; enggak tahu dan belum tertarik karena investasi seperti itu kan pasti butuh modal besar. Membayangkan prosesnya saja pasti akan sangat rumit. Kemudian temanku bilang, "selagi masih muda kenapa kita enggak coba belajar investasi, aku sih yakin kalau ntar bakal banyak keuntungannya kok". Aku jadi mikir dan setelah itu malah jadi mulai tertarik untuk mencari tahu mengenai investasi.

Sampai akhirnya aku tahu info kalau ternyata investasi bisa dilakukan secara murah, bisa dimulai dari Rp. 100.000 saja. Dengan modal awal itulah perlahan aku punya keinginan untuk mulai belajar investasi uang di reksadana. Aku juga berfikir kalau investasi ini pasti akan punya banyak manfaat untuk masa depanku, seperti pernikahan, pendidikan anak kelak, rumah, bahkan kebutuhan akan traveling serta umroh & haji.

Selain tujuan akan masa depan, ada faktor lain yang memperkuat tekadku untuk belajar dan memulai investasi yaitu adanya inflasi (penurunan nilai mata uang). Ya, benar! Selama ada kenaikan harga nilai mata uang terus menurun. Maka untuk mengalahkan inflasi, investasi perlu untuk dilakukan.

Investasi jenis ini pun sudah bisa dilakukan secara online lewat smartphone saja. Praktis diakses di mana dan kapan saja, bisa dipantau juga. Cocok banget deh buat aku yang anti ribet dan mengutamakan kepraktisan. Perlahan-lahan, mindset-ku tentang investasi pun berubah. Apalagi setelah aku mengikuti acara "Maximize Your Rupiah with IndoPremier" bareng Komunitas Blogger Ruphiah, makin mantap deh niat buat memulai investasi di pasar modal Indonesia.

cara mendapatkan uang dari internet melalui reksadana

Kenapa Harus Investasi Uang di Reksadana?

Bisa dibilang aku masih sangat pemula di dunia pasar modal seperti ini, tapi aku sangat excited untuk banyak belajar mengenai investasi reksadana. Bagi teman-teman pembaca yang belum mengetahui, reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang sudah terkumpul itu nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito. Nah jika kita butuh uang, kita bisa menjualnya dan mencairkannya ke rekening kita.

Ada beberapa jenis reksadana yaitu Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran, dan Reksadana Saham. 
investasi uang di reksadana

Reksadana ini tergolong simpel, mudah, bisa dilakukan secara online, dan investasinya pun bisa dimulai dengan modal minim. Reksadana memiliki imbal hasil yang lebih daripada menabung di tabungan biasa. Selain itu, investasi reksadana aman karena tidak terfokus hanya pada satu perusahaan sehingga resiko yang ada akan tersebar di banyak tempat. Katakanlah kita membeli reksadana yang disebar di 9 perusahaan namun ada 2 diantaranya yang mengalami kerugian, maka masih ada 7 perusahaan yang untung sehingga nilai investasi reksadananya tidak akan mengalami kerugian.

Keuntungan lainnya adalah likuiditas dan juga sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Maksud dari likuiditas adalah kemampuan sebuah perusahaan membayar kewajiban jangka pendeknya. Sebab makin tinggi dan baik kemampuan sebuah perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendeknya, maka makin tinggi juga tingkat kepercayaan investor terhadap perusahaan tersebut.

Tidak hanya murah, saat ini membeli reksadana juga semakin praktis dan mudah. Kita bisa membelinya secara online melalui Supermarket Reksadana Online. 

Beli Reksadana di Ipot

Saat memulai untuk investasi uang di reksadana, aku memilih perusahaan penyedia jasa keuangan yang terintegrasi di pasar modal yaitu PT. IndoPremier Securities dan menggunakan IPOT FUND.

IPOT FUND merupakan supermarket reksadana online terlengkap di Indonesia. Di IPOT FUND ada beragam produk reksadana yang dikelola oleh lebih dari 35 Manajer Investasi ternama di Indonesia. Di sana ada lebih dari 200 produk reksadana yang bisa dibeli.

Dari IPOT FUND kita juga bisa langsung memantau perkembangan kegiatan investasi kita, bisa cek informasi-informasi terbaru mengenai reksadana, fiturnya lengkap dan tampilannya pun sangat user friendly.
beli reksadana di ipot

Keunggulan Investasi Uang di Reksadana dengan IPOT FUND

beli reksadana di ipot

Mungkin dari pembaca ada yang bertanya-tanya mengapa aku memilih menggunakan IPOT FUND untuk melakukan kegiatan investasi reksadana. Alasan terpenting adalah karena praktis, ora susah (mudah) dan efisien dari segi waktu. Kegiatan yang bisa dilakukan di IPOT FUND mulai dari mendaftar, top-up reksadana, membeli reksadana, memantau hasil investasi, menjualnya, sampaimengalihkan reksadana semua bisa dilakukan. Ada beberapa keunggulan lain dari IPOT FUND, antara lain :

1. Pilihan Reksadana yang Lengkap


IPOT FUND menawarkan ragam reksadana terlengkap di Indonesia dengan lebih dari 200 produk reksadana dari 35 Manajer Investasi. Tentu saja ini memudahkan para investor untuk memilih reksadana mana yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Investasi Uang di Reksadana Mulai Rp. 100.000
beli reksadana di ipot

Tidak butuh modal besar, kini dengan Rp. 100.000 per bulan, sudah bisa berinvestasi membeli reksadana secara online.

3. Simpel dengan RDN
Hanya butuh sinyal internet yang lancar dan data-data seperti KTP, NPWP, tanda tangan dan swafoto bersama KTP maka kita sudah bisa memiliki RDN (Rekening Dana Nasabah) atas nama kita sendiri tanpa harus perlu datang ke bank. Dengan RDN tersebut kita bisa mendapatkan kemudahan dalam berinvestasi reksadana tanpa memakan waktu yang lama dan pastinya aman.

4. Satu Akun untuk Saham, Reksadana dan Payment Capability
Kita cukup membuat satu akun atas nama kita sendiri di IPOT FUND yang bisa digunakan untuk semua akses. Semua sistemnya terintegrasi, mulai dari registrasi, rekening pembayaran hingga laporan dari Manajer Investasi. Bukan hanya untuk reksadana saja, tapi akun tersebut juga bisa untuk saham dan payment capability.

5. Aman, Terdaftar dan Diawasi oleh OJK
Tidak perlu ragu dan khawatir karena IPOT FUND sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

6. Bebas Biaya dan Pajak
Melakukan investasi reksadana melalui IPOT FUND tidak dikenakan biaya. Kegiatan investasi mulai dari pembelian  dan penjualan semua reksadana yang ada di IPOT FUND berapapun transaksinya tidak akan dikenai biaya beli dan jual serta tidak ada biaya administrasi dan pajak. Menyenangkan sekali, bukan?

7. Fitur dan Tools Analisa Lengkap
Kegiatan investasi di IPOT FUND akan semakin menyenangkan jika didukung oleh fitur serta tools yang lengkap seperti :
  • Fitur Evaluator memudahkan para investor untuk memilih produk reksadana berdasarkan akumulasi peringkat dari performance, sharpe atau drawdown selama 3 bulan hingga 3 tahun.
  • Fitur Instant Switching yang memungkinkan nasabah untuk switching reksadana apapun dengan mendapatkan NAV di hari yang sama.
  • Fitur Investasi Reksadana Berkala yang akan mengotomatisasi reksadana setiap bulan secara mandiri. Dengan ini kita bebas memilih reksadana dan waktu investasi berkala sesuka hati.
  • Fitur Subaccount yang bisa digunakan sebagai penyimpanan khusus.
Reksadana merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk investasi sebab banyak keuntungan positif dan tidak memerlukan modal besar. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mulai berinvestasi reksadana indopremier dengan IPOT FUND?

You Might Also Like

24 comment

  1. sekarang mau nyimpen dan menabung uang itu gak ribet ya. untung ada reksadana yang menyediakan fitur yang gak ribet untuk cara investasi kita di masa depan

    BalasHapus
  2. Sama nih Mb, dulu awalnya aku juga mikir selesai kuliah, kerja, hidup hemat, dan nabung. Kenyataannya aku konsumtif juga ahahaha
    Kepikiran mau bikin Reksadana juga tapi sampai sekarang belum terlaksana. Huhuhu
    Aku baru tau lho ada IPOT FUND ini. Yang paling penting ga abal2 dan diawasi OJK sih

    BalasHapus
  3. saya juga sekarnag investasi di reksadana mbak, mulai dari Rp 100.000 / bulan asal rutin nanti kalau udah lama g kerasa duitnya udah terkumpul. tapi jujur sih saya belum pernah pakai IpotFund, kalau dengar2 reviewnya IpotFund ini aplikasi yang bisa diandalkan.

    BalasHapus
  4. kayaknya idealis semua berpikir begitu ya kerja cari uang, nabung, menikmati masa tua, padahal aslinya tidak semudah itu ferguso wkwkwk banyak godaan buat nabung, apalagi investasi

    BalasHapus
  5. memang reksadana salah satu investasi yang mudah dan cukup murah buat dilakukan, masuk akal gitu, terlebih buat generasi millenial

    BalasHapus
  6. Nampaknya ipotfund adalah investasi yg paling pas utk generasi milenial ya. Krn gak repot, tanpa biaya paja juga, dan investasinya jg terjangkau. Cuma seharga 2 cangkir kopi ��

    BalasHapus
  7. Wah hebat beb sekarang investasi pun sudah bisa lewat dari ponsel ya setahu aku dulu cuma holang kayah aja yang bisa beli mantap mau install ahh

    BalasHapus
  8. I am still learning the ropes when it comes to investing. Good to learn more about it

    BalasHapus
  9. aku blum kepikiran buat mulai investasi nih ���� , tp skrg smuanya gmpng ya bisa invest lewat online jg. pake ipot fund kayaknya aman dan bnyk keunggulannya nih.

    BalasHapus
  10. Wah macam macam ya investasi .ini nih yabg bikin uang kita bekerja. Apalagi ada supermarket nya untuk berinvestasi

    BalasHapus
  11. Masi loading banget aku tuh mba kalau bahas mengenai ini hehe tapi seenggaknya aku jd tau lah info2 mengenai reksadana ini

    BalasHapus
  12. Enaknya tuh jaman sekarang ini, kita bisa memulai investasi dengan uang Rp 100.000 saja ya mbak. Memilih reksadana pun sekarang juga sudah mudah, yang penting harus diperhatikan adalah aman dan terdaftar di OJK.

    BalasHapus
  13. Aku juga lagi mendalami saham nih. Mungkin pakai aplikasi ini jadi lebih mudah dan praktis ya.

    BalasHapus
  14. Aku udah lama tau Reksadana tapi belum ngerti-ngerti banget beb, ada bahasan ini yang bahasanya enak jadi dapet pencerahan buat semakin yakin mau berinvestasi ��

    BalasHapus
  15. Jadi semakin menambah pengetahuan ya biar bisa memilih investasi reksadana mana yang cocok bagi kita ya mbak

    BalasHapus
  16. Sekarang dengan duit 100 ribu rupiah aja urah bisa investasi yaaa. Semakin terjangkau dan memudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin praktis apalagi udah bisa diakses hanya dari smartphone

      Hapus
  17. Sepertinya akhir2 ini banyak yang sharing tentang investasi yag, salah satunya reksadana ini.. Aku sendiri masih ragu buat bikinnya, tapi jadi tertarik punya satu nih, cuma 100ribu bisa yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya say mulai dari 100 ribu aja udah bisa investasi, aku juga baru melek tentang investasi nih setelah tahu dan sadar kalo ternyata punya manfaat yg bagus buat masa depan

      Hapus
  18. Wah tengkyu nih ka Manda, makin membuka mindset ku buat referensi wadah investasi jangka panjang dan dengan Ipot fund segala nya jadi serba praktis untuk investasi d reksadana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiik sama sama kak grandys, ternyata sepraktis itu yaa investasi reksadana

      Hapus
  19. Wuii...Manda, aku mau juga diajarin investasi yang aman dan menghasilkan kaya gini.
    Ipot Reksadana ini sudah dijamin OJK, tentu rasanya lebih tenang yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih belajar nih Mbak Lendy hihi tapi memang pakai aplikasi IPOT tuh sangat praktis dan toolsnya mudah. coba yuk mbak install juga, kita belajar bareng

      Hapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger KEB SO Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers IFBC