}

17/02/2018

Tips Belanja Jam Tangan Secara Online

Siapa sih yang tidak senang diberi kado? Sebagian besar orang pasti senang diberi kado. Apalagi jika kado tersebut diberikan saat momen-momen spesial seperti pada saat hari ulangtahun, saat wisuda, atau saat ulangtahun pernikahan. Rasa senangnya pasti bakal bertambah kalau yang memberi kado itu adalah orang terdekat dan tersayang.

Ngomong-ngomong tentang kado, aku jadi ingat kalau beberapa bulan lagi sang kekasih berulang tahun. Kira-kira aku akan kasih dia kado apa ya?
Awalnya aku kepikiran mau kasih dia pernak-pernik untuk mendekorasi kamar. Tapi kuurungkan niat karena sepertinya dia adalah tipe pria yang tidak terlalu suka mendekorasi kamar secara berlebihan. Ide kedua adalah ingin memberinya baju. Tapi setelah kuingat-ingat lagi, aku sudah terlalu sering memberinya kado baju saat hari ulang tahunnya.

Ah iya... Kenapa aku tidak memberinya kado jam tangan saja ya? Dengan begitu dia akan bisa lebih menghargai waktu dan tidak perlu repot-repot mencari jam dinding atau membuka handphone jika ingin mengetahui waktu. Selain itu, dia pasti akan terlihat lebih keren dengan jam di pergelangan tangannya. Seseorang yang menggunakan jam tangan menurutku terlihat lebih keren dan berkelas.


Ide kado ulang tahun sudah ketemu. Saatnya menentukan akan beli di mana kado tersebut. Aku memutuskan untuk beli online saja. Mungkin teman-teman pembaca ada yang merasa heran mengapa aku lebih memilih belanja online. Pilihan ini bukan tanpa alasan. Selama ini aku sudah sering sekali belanja online di e-commerce, marketplace maupun online shop. Selain praktis, menghemat waktu dan efisien, aku juga bisa menemukan lebih banyak barang saat belanja online.
Pernah suatu waktu aku akan membeli jam tangan untuk diriku sendiri dan berkeliling toko jam tangan di sebuah mall. Toko jam tangan yang ada di mall itu tidak terlalu banyak dan alhasil pilihan jam tangannya juga lebih sedikit. Mau mencari ke mall lain tapi sudah keburu malas karena harus kena macet lagi. Belum lagi jarak yang lumayan jauh dari satu mall ke mall yang lain.

Selain itu asiknya belanja online adalah banyak penjual online yang menawarkan promo-promo atau diskon dan harganya juga tidak beda jauh dengan toko offline. Itulah kenapa aku menyukai aktivitas belanja online.

Tidak semua aktivitas belanja online aman 100%, maka itu kita harus benar-benar teliti agar tidak tertipu. Kali ini aku akan berbagi beberapa tips belanja online.

Pertama, teliti tempat belanja online atau penjualnya dan pastikan profilnya jelas seperti dimana lokasinya, kemudahan untuk dihubungi, performa penjual, review dari pembeli-pembeli sebelumnya terhadap penjual tersebut, kemudahan serta keamanan pembayarannya.

Kedua, pilih tempat belanja online yang terpercaya. Untuk yang satu ini aku memilih marketplace Tokopedia. Selain mudah diakses di handphone, sistem pembayarannya juga menggunakan rekening bersama jadi lebih aman. Tokopedia juga menyediakan barang-barang yang bisa dibilang sangat lengkap, mulai dari fashion wanita dan pria, jam tangan pria, jam tangan wanita, kecantikan, perawatan tubuh, buku, souvenir, peralatan rumah tangga, software, pulsa, pembayaran BPJS, token listrik, dan lain-lain.
Hal yang aku suka saat mengakses Tokopedia adalah kita bisa mencari barang sesuai kategori, atau brand, warna, kondisi, lokasi, toko, cashback sampai ratingnya. 


Ketiga, jangan lupa untuk melihat, membaca dan pahami juga semua keterangan barangnya seperti deskripsi serta spesifikasi barang, harga dan gambarnya.

Keempat, bandingkan harganya. Di Tokopedia kita juga bisa mengurutkan barang dari harga yang paling mahal atau murah. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengurutkan berdasarkan promo, barang terbaru sampai ulasannya. Asyik, bukan?

Kelima, kalau ada yang tidak jelas bisa langsung bertanya pada penjualnya. Malu bertanya akan sesat di jalan, lho.

Itu dia tipsnya.
Hmm.. Sepertinya aku sudah menemukan jam tangan yang cocok nih buat si dia. Tapi kemungkinan aku enggak hanya beli satu jam saja untuk kado ulangtahunnya, melainkan beli satu jam lagi untuk aku pakai sendiri.
Barusan aku lihat jam tangan lucu banget di Tokopedia dan ingin punya. Hehehe.

Nah, hal yang aku lakukan setelah menemukan jam tangan yang cocok di Tokopedia, kemudian memahami deskripsi barang, spesifikasi serta kualitasnya, lalu aku meneliti profil penjualnya.
Setelah itu aku melakukan perbandingan harga antara jam tangan satu dengan lainnya, antara penjual yang satu dan lainnya. Kalau sudah yakin, setelah itu aku melakukan transfer ke rekening bersama. Sudah deh tinggal duduk manis menunggu barang diantar.


Jadi bagaimana dengan teman-teman pembaca, sudah belanja di Tokopedia?






See You On My Next Post!

With love,








 

6 comments:

  1. Mks tipsny mb, sy prnh beli jm tgn online tp brg tdk sesuai. Munhkin tipsny bs sy terapkan

    ReplyDelete
  2. berguna banget tipsnya, emang tokped favorit banget kalo buat belanja

    ReplyDelete
  3. Saya sering belanja di tokopedia, karena keponakan pada nitip beli smartphone hahaha. Biasanya saya pakai yang cicilan. Lumayan sih beli apa-apa di tokopedia, daripada harus ke luar rumah, panas, macet, harus bayar parkir, belum lagi jajannya hahahaaa.

    ReplyDelete
  4. aku pernah beli jam tangan ngga sesuai sama ekspektasii, strapnya jeleek T^T
    mana harganya lumayaan.huhuu
    thanks tipsnya mbak mandaa, besok kalo beli jam lagi bakalan praktekin tips2 ini :D

    ReplyDelete
  5. Bener nih, paling oke belanja jam tangan di tokped. Biasanya sih aku banyak nanya, tapi kalau ke olshop langganan sih langsung percaya dengan kualitasnya :D

    ReplyDelete
  6. aku pernah berbelanja di tokopedia, barangnya sanagt memuaskan banget aku suka

    ReplyDelete