}

22/07/2017

Menjamah Keindahan Pantai Sanggar

Apa saja sih yang kamu ketahui tentang Tulungagung? Atau jangan-jangan... ada yang belum tahu Tulungagung?
Tulungagung adalah sebuah Kabupaten di Jawa Timur. Nah kali ini aku mau cerita tentang liburanku di Pantai Sanggar. Iya... Tentu saja Pantai Sanggar ini adanya di Tulungagung.




Pantai Sanggar yang terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung Jawa Timur ini punya akses jalan yang lumayan sulit ditempuh. 

Kalau dari pusat kota Tulungagung menuju Pantai Sanggar bisa ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan karena jaraknya sekitar 30 km. Untuk menuju Pantai Sanggar dari pusat kota Tulungagung bisa menuju ke arah Kecamatan Campurdarat, melewati Pasar Campurdarat kemudian menuju arah Pasar Tanggunggunung hingga sampai SMPN 1 Tanggunggunung. Setelah dari situ akan ada pertigaan dan belok ke kanan hingga menemukan gapura dengan tulisan 'Pantai Sanggar'
Dari situ masih lumayan jauh. Nanti akan ketemu dengan mushola dengan gang di sebelahnya. Nah kita harus masuk gang itu untuk menuju Pantai Sanggar. Budayakan tanya warga sekitar dan siapkan GPS yaa kalau tersesat.
Nah... Di gang situ kita akan diminta sumbangan seikhlasnya sebagai biaya masuk. Ohya saran aku, kalau cuaca sedang cerah dan bagus lebih baik tetap bawa motor sampai ke pantai, karena kalau kita parkir motor disitu dan jalan kaki sampai pantai wah itu jauh banget. Jalan masuknya itu yang lumayan sulit dan sempit. Hanya bisa muat satu motor, berkelok-kelok, naik turun juga dan banyak yang rusak. Aku saja sampai pegal duduk di motor. Jalanannya juga termasuk jalan setapak yang dikelilingi hutan, so... harus hati-hati banget yaah.
Lain cerita kalau cuaca sedang hujan dan jalanan dalam keadaan licin, lebih baik jalan kaki menuju pantai. Karena akan bahaya kalau tetap pakai motor lewat jalanan sempit itu. Kita bisa parkir motor di dekat mushola atau gang tadi dan jalan kaki, tapi sekitar satu jam untuk sampai ke pantainya.

Nah bagaimana untuk wisatawan yang membawa mobil? Karena letak Pantai Sanggar ini berdekatan dengan Pantai Sine, jadi wisatawan yang membawa mobil bisa parkir mobil di Pantai Sine dan berjalan kaki menuju Pantai Sanggar. Pantai Sine termasuk Pantai yang lebih mudah akses jalannya dibanding dengan Pantai Sanggar.

Untuk antisipasi kalau nanti harus berjalan menuju pantai ada baiknya untuk preparation sebelum berangkat, siap-siap pakai pakaian yang nyaman, sandal atau sepatu yang nyaman serta aman dikenakan buat perjalanan jauh dan trecking. Jangan lupa juga bawa bekal yang cukup terutama air minum.

Di tengah perjalanan nemu tebing yang lucu buat foto, akhirnya aku panjat dan cekrak cekrek deh :p
Setelah menempuh perjalanan yang menguras energi (walaupun aku naik motor tapi tetap terasa pegal loh) akhirnya ketemu juga dengan papan yang menunjukkan kalau Pantai Sanggar sudah dekat. Yeaay!


Makin semangat lah aku menyuruh Tono sepupu aku, untuk lebih cepat menyetir motornya. Hehehe... Maaf ya Tono :p

Setelah sampai, kita disambut dengan suara debur ombak lengkap dengan air laut yang warnanya cantik sekali. 









Tidak sia-sia ya perjalanan jauh dan berliku-liku kalau disuguhi pemandangan seperti ini. Pantai Sanggar termasuk pantai yang masih alami dan sangat bersih dengan pasirnya yang berwarna putih. Biota lautnya juga terlihat. Untuk yang mau berenang, jangan terlalu ke tengah karena di Pantai Sanggar ombaknya besar.







Selain main air atau berenang di pinggir pantainya, kita bisa bersantai, duduk atau tiduran di bawah tebing di atas pasir putihnya. Bisa juga main pasir atau membuat rumah-rumahan pasir. Serasa pantai pribadi deh!







Kita juga bisa menyusuri pantai, melihat tebing dan batu karang besar di sekitarnya. Daya tarik lain dari Pantai Sanggar ini adalah adanya batu karang yang besar-besar. Di sisi pinggir pantai juga ada semacam gua yang kedalamannya tidak terlalu dalam. 













Merupakan kenikmatan tersendiri buatku bisa melepas penat ditemani dengan aroma laut, kesegaran ombaknya panorama pantai dan anginnya yang sepoi-sepoi.





Apalagi untuk tempat berfoto. Di sisi mana saja menurut aku terlihat bagus untuk difoto, baik pemandangan air lautnya, debur ombaknya, tebing serta batu karang raksasa sampai pasir putihnya.

Yang aku suka adalah kebersihan dari pantai ini. Karena aku juga cenderung kurang suka ada hal-hal yang agak mengganggu hasil fotonya seperti sampah-sampah yang bertebaran.








Untuk urusan perut, tenang saja karena di Pantai Sanggar ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Harganya juga terjangkau. 

Nah... Bagaimana? Sudah bikin kamu terserang virus "need vitamin sea" tidak? Yuk jalan-jalan ke Pantai Sanggar. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pantai dan laut ya! Jangan buang sampah sembarangan terutama sampah plastik, jangan mencoret-coret atau merusak tebing dan batu karang. Jangan juga merusak dan mengganggu biota lautnya. Pasti kita semua juga tidak mau kan kalau salah satu keindahan bumi Indonesia yang seperti ini akhirnya malah jadi hancur gara-gara tangan jahil kamu? ;)







See You On My Next Post!

With love,









66 comments:

  1. Replies
    1. Isyana memang rambutnya pernah pendek trus ombre gitu?


      *ini gue langsung mikir keras*

      Delete
    2. Ombrenya sih iya, tapi pendeknya enggak deh kayanya wkwkwkwkw

      Delete
  2. Kasihan sekali Tono, udah disuruh buru-buru, eh disuruh motoin juga pula. Dan, foto Tono nggak ada. Manda jahat. Manda jahat. Manda jahat. :(

    Tempatnya ini kok entah kenapa betul-betul bikin pengin berkunjung ke sana, ya. Dengerin deburan ombak, mencium aroma laut, sungguh butuh liburan sepertinya. Foto-fotonya mantap nih! Jadi pengin motret di sana juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoga! Hahaha! Tabok nih! :)))

      Iyaa kan. Yauda buruan berangkat kesana hehe.

      Delete
  3. Kalo di tulung agung udah ada pantai yang bagus. Ngapain juga jauh2 ke bali atau raja ampat di papua. By the way pantainya bagus banget.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Bener-bener cantik warna air lautnya, kak Manda. By the way. Pantainya sepi karna akses ke lokasi nya yang sulit apa karna memang jarang pengunjung, ya? Seru juga sih serasa pantai sendiri :)) Tapi agak serem juga kalo ombaknya gede :(

    Mampir juga ya, kak hehe
    https://syafaradis.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut aku sih ya mungkin karena belum banyak orang yang tahu pantai ini plus aksesnya yang masih sulit. Jadinya belum ramai banget sama wisatawan

      Delete
  5. Huau kak manda sekalinya ke tulungagung langsung diexplore semuanyah 😆

    Sepi banget ya kak pantainya, belum terkenal kayaknya yaa, hmm mungkin karena aksesnya yg sulit kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kak Ros. Karena banyak banget tempat bagus di sana yang bisa diexplore :D

      Delete
  6. Ehhem~~
    Yes, i need vitamin sea after reading these post.


    Asiik banget yaa..bisa berkejar-kejaran ala Cinta dan Rangga...yang padahal hanya digambarkan melalui puisi.

    Wkkwk...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya mbak Len. Tapi aku kok kemaren pas kesana gak kepikiran buat kejar-kejaran kayak gitu yaah? Abisnya nggak ada Rangga nya siiiih wkwk

      Delete
  7. Subhanallah Manda...pantainya bagus banget...keliatan masih bersih ya...dan semoga tetap terjaga kebersihannya.
    Kayaknya gak sia-sia menempuh perjalanan yang jauh dan berliku, ketika akhirnya bisa melihat pemandangan yang luar biasa indahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya perjalanan yang berliku-liku dibayar sama pemandangan cakep siapa yang nolaaaak

      Delete
  8. Kalo nama Tulungagung pernah dengar sih.. soal pantai Sanggar yang indah baru kali ini tau...

    Beneran kece pemandangannya ya... Cakep banget, kelihatan masih alami bersih.., dan gak banyak pengunjung.., biasanya kalau pantai terlalu ramai..malah kelihatan kumuh dan kotor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau pantai yang udah rame banget malah jadi kayak cendol huhu.. Dan biasanya kotor karena sampah :(

      Delete
  9. wah perjalananan yang seru ya mba
    terbayar dengan keindahan pantai
    seperti pantai pribadi tuh..sepi banget
    moga nanti tidak ada anak anak alay yang merusak
    semoga terjaga kealamiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanannya pegal mbak. Hihi Tapi seneng karena ketemu pantai yang kayak gini

      Delete
  10. pertama kali dengar tulungagung itu dari temanku yang mutasi kerja kesana. dan darinya juga aku tahu kalo wilayah ini memiliki pantai yang bagus banget. sekarang semakin yakin kalo wisata pantai tulungangung sangat kece dari postingan mbak manda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh temennya masih kerja di sana mbak? Iyaaa ternyata di Tulungagung banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi

      Delete
  11. Ngebayangin perjalanannya bikin ciut nyali. Tapi lihat foto2mu kak, ya ampuun mupeng iiih....


    Rasa capek terbayar yaa...

    ReplyDelete
  12. Ternyata di Tulungagung ada pantai yang masih indah ya. Saat sampai di tujuan puas banget usai melewati perjalanan yang sulit, foto-fotonya juga instagramable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada banyak pantai yang masih indah di sana

      Delete
  13. Wahh Tulungagung punya pantai yang keren .. aku kira tadi awalnya kayak pantai di Pacitan gitu mba.. cuaca cerah, pasir lumayan putih, banyak bebatuan.. kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh pantai di Pacitan mirip sama Pantai Sanggar yaa? Belum pernah ke Pacitan sih. Semoga bisa kesana kapan2 :))

      Delete
  14. Wah ternyata ada juga pantai di tulungagung ya. Belum pernah kesini nih padahal deket ya ama surabaya.

    Suka banget sama pantai. Deburan ombaknya itu yang bikin nyess di hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya damai mbak kalau udah ketemu pantai :D

      Delete
  15. wah pantainya bagus banget jadi pengen kesana. wah kalau hujan ngeri juga ya, harus bener-bener pas cuaca cerah kesana nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau hujan ngeri sihh karena aksesnya jalannya yang masih susaaah huhu

      Delete
  16. Aku bacanya Pantai Sangar, ahahah
    Airnya jernih banget dan bersih,buat sesi foto makin ajib. Gak nyangka Tulungagung ada pantai seindah itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sanggar mbaaak..

      yoii ga nyangka ya di tulungagung ada pantai bagus

      Delete
  17. Tebingnya tinggi ditambah air laut yang jernih. Mantap sekali buat wisata bersama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. tapi harus hati2 karena aksesnya masih agak sulit ditempuh apalagi yang bawa anak anak kecil untuk wisata kesini

      Delete
  18. Pernah ke Tulung Agung tapi belum pernah ke pantai ini. duh... paling suka ama air jernih yang senada dengan langitnya. membayangkan duduk di pantai ini sore sore sambil melihat matahari ternbenam. Seru benerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah seruu

      anyway pas ke tulungagung jalan2 kemana aja?

      Delete
  19. whoaaa,,, ternyata Tulungagung cakep juga yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak tempat wisata cakep kaak di tulungagung

      Delete
  20. pertamanya aku kaget manda baca judulnya..

    pantai sangar.

    apa sangar?

    sangar itu bahasa palembang artinya seram, galak, pemarah pokoknya jelek banget..

    oh ternyata ada g lagi.. hahahha

    asyik ya kayaknya main dipantai.. sayangnya aku tuh krg suka pantai.. kalau diajak kepantai pasti aku ga berani kayak manda tuh main air dll takut keseret ombak euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaniiih banyak yang ngebacanya "sangar" wkwk

      trus mbak fika sukanya wisata apa? gunung atau hutan2 gitu?

      Delete
  21. iya bener ya kak pantainya bersiiiiih banget, seger liatnya.. jadi kangen mantai deh pengen refreshing :D

    ReplyDelete
  22. saya suka mbak tulisannya tapi itu fotonya kurang gede eung, mungkin pilihan size medium bisa mbak, biar ga klik balik lagi sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kak..

      itu size fotonya udah yang X-Large loh kak. hehe. biar sinkron juga sama fontnya..

      Delete
  23. Indah dan cantiknya bener - bener kebangetan. Ingin mantai lagiii.. duh kapan ya, belum ada agenda akibat so sibuk wwkwk *malah curhat* jujur, baru tau yang namanya pantai sanggar setelah baca postingannya Mba Amanda. Sukses banget nih bikin widya mupeng ingin kesana hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo kak dari bandung segera meluncur ke tulungagung hahha

      Delete
  24. itu di pantai sanggar kok sepi banget kaya engga ada penghuninya ya kak? apa emang lagi sepi? bagus banget pemandangan pantainya biru dan cocok banget buat refreshing melepas penat di pikiran disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu aku kesana ada beberapa pengunjung juga kok kak, tapi memang gak sampai puluhan orang jadinya kelihatan ga ada penghuni hehe.. dan mungkin pas aku take fotonya yg lagi ga ada kerumunan orang-orang..

      oh iya di sini memang katanya belum banyak pengunjung sih.. apalagi weekdays.. kalo menurutku sih karena aksesnya masih sulit kali yaaaa jd yg mau kesana udah jiper duluan

      Delete
  25. Pantai itu selalu ngangenin, apalagi kalau pasirnya bagus dan suasanya menyenangkan...

    ReplyDelete
  26. Pantainya baguuuuussss iniii. Hmmm, kameranya juga bagus, hehe..

    Kalau mau ke pantai Sanggar, dari Ngadiluwih, Kediri, masih jauh gak ya? Masih berapa kilometer kira-kira, penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo mbak yunii. Hihi

      Setau aku sih kediri ke tulungagung gak terlalu jauh lah yaaaa. Hmmm palingan 1,5 jam - 2 jam siiih ke pusat kota tulungagungnya. Kalo ke pantai sanggarnya yaa kira kira bisa 2 jam lebih perjalanan kali yaaa.

      Delete
  27. Wah ternyata di Tulungagung ada pantai yang indah juga ya. Cantik pantai sanggar nya. Aku suka pantai yang pasirnya putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Ada dooong. Aku juga suka pantai dengan pasir putih.

      Delete
  28. Pantainya bersih gini, bikin betah ya mba. Foto-fotonya cakep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba betah banget kalau main ke pantai yang masih bersih seperti ini

      Terima kasih mbak ;)

      Delete
  29. Tulungagung ini kampungnya babysitterku dulu :) .. Sayangnya aku blm prnh ksana. trnyata bgs banget ya mba. gilaaa wrna airnya turqoise begitu :D.. Pantai bgini nih yg aku suka, bersih, masih sepi. Wrna air jg cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaa gitu ya. kalau mbaknya memang domisili mana? Iya main main yuk ke Pantai Sanggar

      Delete
  30. karena indonesia adalah negara kepulauan pasti banyak pantainya dan indah semua, yg penting dijaga kebersihan dan jangan rusak alamnya

    ReplyDelete
  31. Wow nice review
    Tempatnya bagus bgttt

    Www.callmeponyboy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  32. pemandangannya sangat indah, jadi salah fokus yang di foto malah merhatiin lautnya.. hhe jernih banget.. seru kali ya kalau liburan kesana..

    ReplyDelete