}

13/08/2013

Project - Branchtion Bookshelves (Rak Buku)

Halooo.... Kali ini aku posting tentang BRANCHTION BOOKSHELVES yang jadi tugas salah satu mata kuliah di kampusku. Mata kuliah DESAIN FURNITURE 4.

Desain Furniture 4 adalah mata kuliah terakhir dari rangkaian mata kuliah Desain Furniture di Sekolah Tinggi Desain InterStudi. Setiap mahasiswa diberi tugas membuat furniture dengan skala 1:1. Jenis furniture yang bebas dan aku memilih membuat rak buku.

Latar belakang pemilihan rak buku ini didasari kebutuhan akan sebuah tempat penyimpanan bagi ‘kutu buku’ yang punya koleksi buku lumayan banyak. Tidak hanya sebagai rak penyimpanan buku, salah satu bagian Branchtion Bookshelvers juga dapat digunakan sebagai tempat menyimpan stationery dan meja sebagai tempat menaruh barang seperti laptop dan mesin printer. 

Metamorfosis/Proses Peralihan Bentuk
Bentuk dasar dari rak buku ini terinspirasi cabang pohon (BRANCH) yang mengalami pengembangan.


Visualisasi Metamorfosis Bentuk



BRANCHTION BOOKSHELVES? WHY???

Para ‘kutu buku’ yang bingung mencari tempat untuk menyimpan koleksi buku-buku mereka dapat ‘melirik’ Branchtion Bookshelves yang tidak hanya berfungsi sebagai rak penyimpanan buku saja. Branchtion Bookshelves mempunyai laci yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan stationery dan laci tersebut dapat dilepas sehingga beralih fungsi menjadi rak. Selain itu bagian atas rak dapat difungsikan sebagai meja tempat menaruh laptop, mesin printer, dsb.  



Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, Branchtion Bookshelves dapat diletakkan di sudut atau sisi ruangan kamar, ruang kerja atau ruang belajar. Rak buku ini juga dapat diletakkan di tengah ruangan karena konsepnya yang mempunyai dua muka (dua sisi) memungkinkan rak ini dapat dilihat dari sisi depan maupun belakang. 
Fungsi lainnya adalah sebagai partisi (pembatas ruang), misal pembatas antara ruang kerja dan ruang keluarga, ruang makan dengan ruang santai, dll.



MATERIAL/BAHAN
Keseluruhan dari Branchtion Bookshelves ini menggunakan material kayu olahan yaitu plywood. Dikutip dari Majalah Griya Kreasi bahwa kelebihan menggunakan kayu olahan seperti plywood sebagai material furniture antara lain :
-sifatnya ringan namun cukup kuat menahan beban berat 
- ketebalannya bervariasi
- memungkinkan mendapat papan yang lebar
- pilihan untuk finishingnya beragam
- harga cukup terjangkau
-perawatan cukup mudah, dilap secara rutin untuk membersihkan dari debu yang menempel. 
Plywood


KONSTRUKSI
 Tidak ada struktur khusus yang digunakan, hanya struktur dan sambungan biasa menggunakan lem kayu dan paku. Konstruksi papan miring 60 derajat dimaksudkan agar menjaga keseimbangan beban plywood atas dengan bawah. Kemudian, base (alas bawah) sengaja dipilih plywood dengan ketebalan lebih tebal daripada yang lain agar mampu menahan beban. 


AKSESORIS DAN FINISHING FURNITURE

Branchtion bookshelves ini menggunakan aksesoris berupa handle/pegangan laci. 

Finishing furniture ini menggunakan cat dengan teknik spray/semprot yang sebelumnya diamplas dan difiller terlebih dahulu menggunakan wood filler / plamur guna menutup tekstur kayu yang kasar. Setelah itu diamplas dan disemprot cat.
Pemilihan warna adalah warna oranye kecoklatan agar terkesan hangat dan natural.
 
 

 RENCANA ANGGARAN BIAYA FURNITURE (RAB)

WORKSHOP STORY


GAMBAR KERJA FURNITURE
 GAMBAR PERSPEKTIF FURNITURE (3D)
 

AND...........VOILAAAAAA!!!!!!!
INI HASILNYA








See You On My Next Post!

With love,


















32 comments:

  1. waaah keren yaa buat bookworm semacam saya. jadi semangat ngoleksi buku tuh kalo punya rak kaya gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap! bisa dijadiin partisi (pembatas ruang) juga :)

      Delete
  2. Itu bikin sendiri? Gilaaa.. Kereen! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. buat sendiri ide, konsep, gambarnya. yang ngerjain tukang (di workshop kayu) tinggal serahin gambarnya. tapi ngecat sendiri :)
      makasih yaa

      Delete
  3. kann itu tuh designer interior... kapan lulus kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh pertanyaan ini lagi hahaha... Insha Allah tahun depan, yuk bantu bantu doa ya :p

      Delete
  4. Keren, unik, tjakep deh!!! sukses terus karyanya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... terimakasih ya Rahmat Hidayat :)

      Delete
  5. Bagussss! Bikinin dong kakaaaa buat dikosan (--, )

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya siap dibikinin nanti mah asal bayarannya juga kenceng kakaaa (--,)

      Delete
  6. Hiyaaaaaa raknyaaa kece badaiii....
    Unyuh bentuknya ada yg miring miring....
    Dijamin liat bukunya gak bikin bosen...
    Pesen atuu kakak mayan buat dikamar apalagi kalo gratisan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya Laini. iya unyu ya.. boleh pesen tapi ya jangan gratis dong hihi

      Delete
  7. Gue juga pernah bikin meja ... tapi standar meja biasa (namanya juga diajarin 'ngerakit' dari bahan kayu). Tapi kalau anak desain mah bedha .... bisa diapa-apain konsepnya OwO

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rid. kalo mau bikin apa-apa calling gue aja nanti gue bantu konsepin ide :)

      Delete
  8. The JEAAAAAAAAAAR!!! keren... jadi keinget profesi bokap gue dulu.. bikin ginian :V

    ReplyDelete
  9. Kaman, kok bagus? *ngiler* *mupeng*
    Bikinin gue satuuuuuuu!!!
    Btw, rak buku model gini udah ada lalu dikembangin lagi atau ide baru kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide desain dan konsep dari gue Yoga :) ya cari cari referensi juga sih tapi ga persis bgt gini..
      makasih yaaaa

      Delete
  10. Kamanda ih idenya ada aja ya. Keren. Boleh minta bikinin ga kak? Tapi bikinin lemari buat dijadiin kamar tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)
      lemari di jadiin kamar tidur? hmm... nanti dipikirkan :D

      Delete
  11. woh genius :o
    keren bisa multifungsi gt jadinya, hemat tempat dh :D

    ReplyDelete
  12. keren banget ih, jadi pengen punya rak buku kayak gitu :D

    ReplyDelete
  13. Keren banget. Ada kemungkinan untuk penjualan enggak tuh?
    Siapa tahu custom kayak gini jadi bisnis.
    Ditunggu deh custom lemari yang lainnya dan semoga dijual-belikan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)
      iya nanti ada rencana buat bisnis kok setelah lulus kuliah. sekarang masih fokus kuliah dulu :)

      Delete