}

15/07/2012

THINK CREATIVE

Zaman sekarang orang-orang kreatif bertebaran dimana-mana. Tapi nggak sedikit pula orang-orang yang doyan menyadur, copy paste karya orang agar dianggap kreatif! Menyebalkan bukan?
Kreatif itu apasih sebenarnya?
Lalu, apakah anda termasuk orang yang kreatif?
Beberapa waktu lalu aku mengajukan beberapa pertanyaan kepada beberapa orang teman berhubungan dengan KREATIF. Dan jawaban mereka tentu saja berbeda satu sama lain.

Q :

1. Menurut anda KREATIF itu apasih?
anda boleh jelasin pake cerita/ kalimat singkat versi anda sendiri

2. Pernah tidak anda dianggap sebagai orang yang kreatif oleh seseorang/beberapa orang?
dan menurut anda sendiri, anda termasuk orang yg kreatif nggak sih? kalo iya, apasih kelebihan anda sehingga anda ngerasa bahwa anda adalah orang kreatif?

A :
Tammy Adipradja, Universitas Pakuan

kreatif? Menurut gue kreatif itu dimana seseorang menciptakan ide, karya atau sesuatu hal yg menarik dan beda dr org lain. Misal, makan sambil salto gitu.
gue? Kreatif gak ya? Tergantung penilaian orang itu mah, yg pasti gue tetep berusaha berkreasi and say no to copast!


Adlina Haezah, SMK 3 Jogja

1. Menurutku kreatif itu berarti menghasilkan sesuatu yang orang lain nggak bisa bayangin atau yang orang lain nggak kepikiran. Atau orang yang bisa membuat sesuatu yang udah ada menjadi sesuatu yang lain tapi ya itu, orang lain bahkan nggak kepikiran buat melakukan hal tersebut.

2. di anggap kreatif? hehe.. walaupun pingin, tapi kayaknya aku masih belum bisa melakukan sesuatu yang 'wow' dan orang lain nggak kepikiran. Tapi akan terus berusaha buat bikin sesuatu yg baru deh.

Sudrajat Saputra, Universitas Negeri Jakarta
1. KREATIF itu membuat atau mengubah sesuatu yg tak dapat terpikirkan sebelumnya.
2. Tidak tahu. Bukan termasuk yg seperti itu.

Puti Cinintya Arie Safitri, SMAN 67 Jakarta

1. Kreatif adalah suatu skill untuk menciptakan/berkarya yang dimiliki oleh setiap orang, dengan karakteristik "kreatif" yang berbeda-beda. Kreatif tidak bisa dibeli, kreatif bisa ditiru tapi hasilnya gak akan sama untuk setiap orang
2. Pernah, menurutku aku cukup kreatif dalam beberapa hal. Misalnya membuat cerpen, puisi, atau posting dan tweets. Kalau untuk bikin cinderamata aku ga kreatif. 

Utari Anggita, SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung
1. Kreatif itu sesuatu yg hanya di miliki orang-orang yang mempunyai jiwa seni dan berfikir kritis..orang yang kreatif itu berarti memikirkan hal-hal yang bahkan tidak pernah terfikirkan orang lain..dan ke-kreatifitasan itu mahal.

2.Pernah..ada banyak orang yang bilang begitu
Karena kata banyak orang aku kreatif jadi ya aku mikir juga aku ini kreatif karena aku emang suka membuat suatu karya dengan ideku sendiri yang orang lain tidak memikirkan itu. 

Nah kalo menurutku sih sebenernya simpel.
IDE-IDE BARU + ORIGINAL + BEDA = CREATIVE
Kebetulan juga di semester 4 ini aku dapet matakuliah yang namanya KONSEP KREATIF dengan Pak Eddy S. Marizar sebagai dosennya. Yang bikin aku seneng sama matakuliah ini tuh pikiran kita bisa lebih terbuka, wawasan lebih luas, lebih tau hal-hal baru, dan yang terpenting harus lebih banyak INSTALL OTAK.
Aku sendiri juga sadar kalo selama ini aku emang kurang INSTALL OTAK sih hihi...
Karena kreatif itu terjadi akibat imajinasi dari otak kanan dan dirasionalkan oleh otak kiri.
Inti yang aku ambil dari matakuliah ini adalah jika ingin kreatif kita harus BERANI KELUAR DARI ZONA NORMAL, BERANI TAMPIL BEDA, BERANI BERIMAJINASI TINGGI, MERASIONALKAN IMAJINASI TERSEBUT DENGAN AKAL SEHAT, BERWAWASAN LUAS DENGAN SERING INSTALL OTAK, BERANI AMBIL RESIKO DAN YANG TERPENTING ADALAH BERANI GAGAL!!

Aku yakin kok kalo kita pasti bisa menghasilkan suatu karya yang luar biasa. Kalo ada niat, usaha, dan doa. Orang kreatif tuh manfaatnya segudang loh!

Btw nih, di Ujian Akhir Semester dari matakuliah KONSEP KREATIF ini aku diminta membentuk tim untuk presentasi sebuah karya kreatif. 1 tim maksimal 3 orang dan Alhamdulillah dikasih nilai yang cukup bagus sama dosennya hehe...
Ini hasilnya!!


video
CREATED BY :
Amanda Desty Yunistyani, Annisa Ayuningtyas, Huswatun Hasanah
Jadi aku minta pendapat, saran dan kritik dari teman-teman semua, pembaca blog ini tentang karya kita.



Ingat tagline : KREATIVITAS TANPA BATAS!


BAGAIMANA DENGAN KAMU? BERANI JADI ORANG KREATIF?





See You On My Next Post!

With love,







10 comments:

  1. hehehe...ada namaku diatas :D
    kemaren brtanya2 buat apa prtanyaannya, trnyata buat ini toh.. wkwkwkk


    mampir jg ya:
    http://aneka-catatan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. idenya baguuuuussss ~~
    wah mahal tuh hahahhaha, tp enak punya makeup bentuk hape gitu ehhehe

    ReplyDelete
  3. videonya pake movie maker ya kak? hehhe
    btw, itu lagu pertama yang dipake lagu judulnya apa dan siapa yang nyanyi ya kak?
    pengen nyari gue..

    oya, itu musik terakhirnyanya kelebihan ya kak? di potong aja kak, kan bisa digeser, biar videonya pas sama musiknya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dear.. judulnya enjoy the show - Lenka..
      hihi iya tuh kelebihan soalnya waktu itu ngeditnya buru2 bgt di kampus 15 menit sebelum ujian :p

      Delete
  4. kalo kata senior gue "ide kreatif itu mahal harganya ga bisa gitu aja didapetin",karna itu kalo dimintain tolong bikin poster dan bla bla bla di jual mahal dulu..

    ReplyDelete
  5. kreatifitas tanpa batas?

    sayangnya karena adanya aturan, kreatifitas menjadi terbatas. khususnya di Indonesia atau negara-negara timur.

    ide kreatif itu emang mahal. makanya kalo ada klien minta bikinin iklan, mahalnya naujubile -_____-

    *komen versi anak iklan* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo gue menerapkan kreativitas tanpa batas.. bermimpi setinggi yg lo mau, rasionalkanlah menjadi karya :D
      sama juga sih.. kalo ada klien yg minta buatin desain buat interior mahalnya udah pasti haa taudeh yg anak iklan

      Delete