Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Berbagai Manfaat Puasa

Rabu, Maret 29, 2023

Enggak terasa ya bulan suci Ramadhan sudah datang menemui seluruh umat muslim di dunia. Pastinya teman-teman yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini sudah melakukan persiapan yang matang. Puasa bukan hanya sekadar kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim pada bulan Ramadhan dan bukan hanya untuk menambah pahala bagi yang menjalankannya, namun juga membawa manfaat yang besar bagi kesehatan bagi yang menjalankannya.

Kira-kira apa saja ya manfaat berpuasa untuk kesehatan fisik dan mental seseorang? Yuk lanjut baca artikel aku.

sumber gambar : istockphoto

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa merupakan salah satu bentuk detoksifikasi tubuh yang penting untuk membersihkan sistem pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh. Dengan puasa, tubuh juga bisa mendapat istirahat yang cukup dari proses pencernaan dan metabolisme, sehingga mampu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel tubuh dengan lebih efektif lagi. Dilansir dari website alodokter, berikut ini beberapa manfaat puasa.
1. Menurunkan Berat Badan
Puasa dikenal sebagai salah satu cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan dengan sehat dan alami. Selama berpuasa, tubuh akan menggunakan cadangan energi dari lemak yang tersimpan, sehingga membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Dengan begitu, kita juga akan terhindar dari risiko obesitas.
2. Menurunkan Risiko Diabetes
Puasa juga terbukti efektif untuk membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena puasa membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Beberapa riset menunjukkan orang yang rutin berpuasa selama sekitar 1 bulan terlihat memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi, dibandingkan orang yang tidak menjalani puasa. Hal ini diduga karena orang yang berpuasa bisa mengatur pola makannya dengan lebih sehat. Puasa bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
4. Menurunkan Risiko Kanker
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sebab laju pembelahan sel dalam tubuh saat sedang berpuasa, termasuk sel-sel kanker, akan berkurang akibat terbatasnya asupan nutrisi. Metabolisme yang lebih baik juga diduga turut berperan dalam membuat sel kanker lebih susah tumbuh pada orang yang berpuasa.
Tetapi perlu diingat juga ya, kita juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari risiko kanker seperti makan makanan bergizi seimbang, mengurangi stres, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, tidak merokok dan tidak minum alkohol.
5. Menjaga kesehatan mental
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Berpuasa bisa membantu menurunkan kadar hormon stres dan juga merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan rasa cemas. Selain itu puasa juga bisa membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta sehingga bisa membuat perasaan dan suasana batin menjadi lebih tenang dan pikiran lebih jernih.
Puasa memang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan, dan juga sering diterapkan untuk konsep diet yaitu Intermitten Fasting. Tetapi harus diperhatikan juga ya kondisi tubuh untuk menjalankan puasa, harus dalam kondisi sehat dan sedang tidak sakit, tidak sedang hamil maupun menyusui. Dan dianjurkan untuk makan sahur sebelum berpuasa dan berbuka dengan makanan sehat bergizi seimbang
Tetapi terkadang ada sedikit masalah yang biasanya dihadapi saat bulan puasa yaitu kebingungan mencari atau memasak menu sahur dan berbuka puasa yang tetap sehat dan bergizi seimbang. Apakah kalian sering merasakan apa yang aku rasakan, manteman?

sumber gambar : halodoc


IndiHome: Bantu Raih Manfaat Terbaik dari Puasa

Sebagai penyedia layanan internet terdepan di Indonesia yang disediakan oleh Telkom Indonesia, IndiHome memahami sekali akan pentingnya akses informasi yang lengkap dan juga hiburan yang berkualitas di bulan puasa. Dengan Internet Provider dari IndiHome, kebingunganku, dan juga kalian bisa teratasi karena kita bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai tips-tips berpuasa yang sehat dan bergizi, beragam resep makanan sehat untuk sahur dan berbuka puasa hingga tutorial memasak yang bisa kita contoh dan ikuti baik dari platform Youtube maupun sosial media lainnya.
Yang aku lakukan biasanya adalah browsing menu-menu sehat dan bergizi untuk sahur dan berbuka puasa, aku save dan aku praktekkan. Aku juga sering menonton konten masak di Youtube. Pastinya pakai Internet Provider IndiHome dong.
sumber gambar : istockphoto
Selain itu, hiburan yang berkualitas dari Internet Provider IndiHome juga bisa membantu kita mengisi waktu luang saat berpuasa dengan lebih bermakna. Kita bisa menikmati tayangan religi, film atau serial TV berkualitas, serta program olahraga dan dokumenter yang menghibur dan edukatif.
Tidak hanya itu, IndiHome juga memberikan kemudahan bagi kita untuk mengakses berbagai aplikasi ibadah seperti Al-Quran digital, jadwal imsakiyah, dan aplikasi takbiran, serta menonton tayangan keagamaan dan ceramah agama secara daring menggunakan Internet Provider dari IndiHome.
Selain meningkatkan ibadah, bulan suci Ramadhan juga menjadi salah satu momen untuk lebih mempererat tali silaturahmi. Silaturahmi menjadi salah satu amalan umat muslim yang bisa membuka pintu rezeki sebagaimana Janji Allah SWT yang tertuang dalam sabda yang diriwayatkan Abu Hurairah: "Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim).
Tapi terkadang sanak saudara, kawan atau sahabat, rekan kerja, atau bahkan orang tersayang enggak selalu ada di dekat kita. Tapi jarak bukan jadi penghalang untuk bersilaturahmi. Apalagi zaman sekarang sudah banyak banget platform untuk berkomunikasi jarak jauh, seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp Video Call, LINE, dan lainnya. Tentunya Internet Provider IndiHome turut andil dalam memberikan kemudahan dalam berkomunikasi jarak jauh karena jaringannya yang anti lelet dan berkualitas.
Itu dia beberapa manfaat puasa yang bisa sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang yang menjalankannya. Selamat menjalankan ibadah puasa ya manteman, dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan ketaqwaan selama bulan Ramadhan!

You Might Also Like

1 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring