Kumpul Bareng Dilarang Baper! Santai Aja Lagi

Selasa, Desember 27, 2022

Yeaaay sudah akhir tahun nih manteman, apa persiapan kalian menyambut tahun baru? Banyak yang sudah mempersiapkan bahkan sudah berangkat liburan ke luar kota, luar negeri atau bahkan staycation saja di dalam kota. Ada juga yang stay di rumah berkumpul bersama keluarga. Kalau aku, kebetulan banget sepupu-sepupu aku yang tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada liburan di Jakarta dan akan merayakan tahun baru di sini. Asiiiiik, aku enggak terlalu kesepian deh nanti. 

Untuk merayakan tahun baru, kami rencananya mau bikin acara saja di rumah, kumpul-kumpul keluarga, makan-makan, bermain bersama dan berdoa bersama. Acara kumpul-kumpul rasanya kurang lengkap tanpa adanya games yang bisa dimainkan. Kebetulan aku punya permainan kartu baru nih, namanya Santai Aja Lagi. Hah? Apa tuh?

Kumpul Bareng Dilarang Baper! Santai Aja Lagi

Teman-teman udah ada yang pernah dengar permainan "Santai Aja Lagi"? Santai Aja Lagi adalah permainan kartu jenis party game yang dirancang khusus buat bikin rusuh satu tongkrongan saat memainkannya. Dalam permainan ini, kita diajak melengkapi sebuah kalimat yang enggak utuh menjadi kalimat yang lucu. Model permainan ini cukup populer secara global, salah satu yang banyak dimainkan adalah permainan kartu bernama Cards Against Humanity
Permainan ini diluncurkan pertama kali pada 2018 secara indie. Sampai saat ini sudah terjual hingga 5000 copy di Indonesia. Merespon minat yang besar terhadap permainan ini, jadi ke depannya bakalan diperkaya dengan beragam kartu ekspansi. Saat ini ada 3 produk ekspansi yang sedang dirancang, yaitu Edisi Wibu, Edisi Wong Jowo, dan Edisi Azab

Ingat ya, permainan ini bukan buat orang baperan ya. Jadi kalau kamu orang baperan mendingan mah enggak usah main deh, karena cocoknya buat yang senang bercanda, nyantai dan enggak emosian, jadi yaaaa.... santaaaiiii ajaaa lagiiii.



Permainan Santai Aja Lagi cocok dimainkan untuk orang dewasa muda (17 tahun ke atas) karena mengandung lelucon yang agak dewasa di dalamnya. Tapi jangan ajak orang tua atau kakek nenek main bareng ya, hehe. Kalau mau main sama adik dan kakak atau saudara yang umurnya sudah 17 tahun ke atas sih boleh-boleh aja. Tenang-tenang... Aku dan para sepupu aku juga sudah berusia 17 tahun ke atas kok, jadi aman ya guys hehehe. Permainan ini menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu saat hangout, staycation, healing, hingga reuni bersama teman-teman atau saudara-saudara sepantaran agar suasana makin seru dan kocak.

Contohnya nih:
"Dari jutaan warga Jakarta, cuman segelintir yang___________"

Beragam jawaban seperti:
- Ketombean
- Balik menjadi sperma
- Ababil
- Nyebar hoax

Nah lho.... Nah lho....


Gimana... gimana? Makin penasaran enggak sih konsep kartu dan cara main permainan ini kayak apa? Sabar... Aku akan jelaskan ya.

Cara Main Santai Aja Lagi

Cara main Santai Aja Lagi sebetulnya cukup mudah. Di dalam pack nya juga ada Rule Book yang bisa dibaca dan dipahami. Akan ada kartu soal (berwarna putih) dan kartu jawaban (berwarna hijau). Permainan ini bisa dimainkan 4-20 orang, tapi main bertiga aja kayak aku dan sepupu-sepupu aku juga masih seru kok.

Setup
Setiap pemain mengambil 10 kartu putih secara acak. Pilih 1 pemain dengan status "jomblo" terlama untuk menjadi bandar pertama.
Step 1
Bandar membuka 1 pertanyaan (kartu hijau) dan membacakannya dengan lantang. Semua pemain selain bandar memberi jawaban ke bandar dengan posisi kartu jawaban tertutup.
Step 2
Bandar lalu mengacak secara tertutup semua kartu jawaban yang diberikan, lalu membacanya satu persatu. Bandar lalu memilih jawaban terlucu, dan pemain yang jawabannya terpilih akan mendapatkan 1 poin.
Step 3
Pemenang ronde tersebut menjadi bandar baru. Bandar awal lalu mengambil 10 kartu jawaban untuk ikut bermain di ronde berikutnya.
Step 4
Pemain yang paling awal mengumpulkan 10 poin dinyatakan sebagai pemenang.


Udah kerasa kan serunya?? Kalau favorit aku dan sepupuku sih yang edisi Wong Jowo. Karena kami kan dari suku Jawa, jadinya pas main tuh lebih berasa unik dan serunya!

Santai Aja Lagi ini cocok dengan kultur Indonesia yang senang berkumpul dan bergurau. Peraturan permainannya juga gampang dipahami dalam waktu 1 menit, bahkan siapapun bisa memodifikasi supaya keseruan bermain yang sesuai dengan kelompoknya lebih meningkat. Santai Aja Lagi bisa dimainkan siapapun untuk berbagai situasi, sebagai ice-breaker ataupun mengisi waktu senggang.



Pasti pada penasaran kan permainan kartu ini b
eli di mana? Santai Aja Lagi sudah tersedia di banyak toko boardgame di Indonesia kok kayak Tabletoys, Toko Board Game dan Monopolis Wonder. Enggak usah susah-susah lagi belinya. Beli di Tokopedia juga ada, nih link-nya:  https://www.tokopedia.com/santaiajalagiofficial
Tapi untuk kartu yang jenis ekspansi baru bisa didapatkan di Official Store Santai Aja Lagi sebagai bonus atau sebagai hadiah giveaway yang diadakan akun media sosial Santai Aja Lagi. Makanya follow aja dulu akun Instagram @santaiajalagi.official soalnya adminnya lagi suka bagi-bagi hadiah. Kamu bisa kepoin info-infonya, siapa tahu kamu menang giveaway dan dapat kartu ekspansi gratis! Banyak juga info promo produknya loh di sana.

Ayok langsung cobain main ya! Inget, yang gampang baper dilarang ikutan!

You Might Also Like

2 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring