Laptop ASUS Zenbook SPACE EDITION, Si Canggih Bertema Luar Angkasa

Sabtu, September 17, 2022

Ada yang pernah, atau bahkan masih bercita-cita jadi Astronot? Pergi ke luar angkasa, menuju antariksa, ke bulan, hmm... kayaknya seru ya? Kalau aku sih belum pernah punya cita-cita jadi Astronot, tapi aku sering banget punya keinginan dan berkhayal pergi ke luar angkasa, benar-benar penasaran kayak apa sih di sana. Kadang penasaran juga para Astronot peralatan kerjanya di sana kayak apa, apakah pakai laptop juga kayak yang aku pakai sehari-hari untuk kerja?
Ngomongin tentang Astronot dan luar angkasa nih, ternyata memang iya laptop jadi salah satu alat yang mendukung pekerjaan para Astronot.

Manteman pastinya udah enggak asing kan sama brand ASUS? ASUS memang selalu terdepan buat menghadirkan inovasi-inovasi ciamik untuk produknya. Nah beberapa waktu lalu, aku hadir di acara launching produk terbarunya di Djakarta Theater XXI.

ASUS resmi menghadirkan Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (Zenbook SPACE EDITION) di Indonesia. Laptop tersebut hadir sebagai perangkat premium edisi spesial dengan desain bernuansa luar angkasa yang futuristik banget. Acaranya pun bertema luar angkasa, seru dan menarik banget. Acara yang dipandu MC Cici Panda dengan guest star Rizky Febian dan Tasya Kamila itu sangat meriah. Berbagai macam fun activity, games, doorprize dan bertabur hadiah. Baca terus tulisan aku ya, bentar lagi aku bakal spill penampakan laptopnya.



Mungkin ada beberapa yang penasaran, kenapa kok laptop ASUS Zenbook SPACE EDITION bertema luar angkasa gitu sih? Aku awalnya juga penasaran. Jadi ternyata di tahun 1997 laptop pertama ASUS P6300 lahir dan satu tahun setelahnya di tahun 1998, laptop itu terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Naaah dalam misi tersebut laptop ASUS mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah. Jadi, Laptop P6300 bisa dibilang sebagai tonggak sejarah bagi ASUS yang sampai saat ini terus mengedepankan inovasi dan juga kualitas di setiap produknya.

Zenbook SPACE EDITION hadir untuk memperingati 25 tahun pencapaian tersebut. Meski hadir dengan desain dan teknologi paling modern yang ada saat ini, Zenbook SPACE EDITION masih tetap mempertahankan tradisi pendahulunya yaitu hadir dengan inovasi teknologi serta rancang bangun yang berkualitas tinggi. Makin penasaran enggak niiih sama speknya? Yuk lanjuuut baca tulisan aku.


Karena ini laptop edisi spesial, sudah pasti ada yang istimewa dong dari Zenbook SPACE EDITION, yaitu pada paket penjualannya. Kotak penjualannya didesain istimewa dan mengedepankan konsep daur ulang, jadi tetap ramah lingkungan. Pengguna Zenbook SPACE EDITION bisa memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop. Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga hadir dengan beragam pernak-pernik eksklusif kayak ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya dan juga ada laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik.

Aku jadi makin naksir waktu Rizky Febian dan Tasya Kamila melakukan unboxing di depan kita semua yang hadir. Wow! Pengalaman unboxing Zenbook SPACE EDITION jadi berbeda dengan laptop lainnya, berasa ngelakuin perjalanan menembus antariksa.



Laptop bukan sembarang laptop, Zenbook SPACE EDITION ini dibekali fungsi, teknologi, fitur, dan juga durabilitas terbaik di kelasnya. Enggak cuma mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), Zenbook SPACE EDITION bahkan menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A).
Dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz. Widih gahar abiez ya!


Selain dibekali layar terbaik berkat teknologi ASUS OLED, Zenbook SPACE EDITION juga tampil dengan desain unik yang futuristik, dan juga punya fitur eksklusif bernama ZenVision. Di balik layarnya ada layar OLED monokrom bernama ZenVision. Dengan ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa. ZenVision bisa menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code. ZenVision berfungsi sebagai fasilitas untuk mengetahui sosok sang pengguna laptop ini lebih jauh dan membuat Zenbook SPACE EDITION semakin personal. Wah beda banget dari laptop-laptop lain yang aku tahu. Unik!


Zenbook SPACE EDITION merupakan laptop modern yang ditenagai prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya dipakai di laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Powerful!


Terintegrasi di dalam prosesor tersebut ada chip grafis Intel® Iris® Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai. Chip grafis ini juga telah dibekali dengan hardware encoding serta berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Supaya performanya lebih optimal, Zenbook SPACE EDITION dibekali memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas sampai 32GB. Penyimpanan datanya menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Kombinasi keduanya memastikan Zenbook SPACE EDITION bisa selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang. Jadi enggak ada tuh lemot-lemot club lagi. Aduh makin naksir aku sama Zenbook SPACE EDITION.



Performa yang kencang pasti membutuhkan sistem pendinginan khusus. Makanya Zenbook SPACE EDITION dibekali sistem pendingin ASUS IceCool Technology. Sistem pendingin tersebut memanfaatkan dua kipas dan dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam laptop ini secara optimal. Sistem pendingin ASUS IceCool Technology enggak cuma mendinginkan prosesor, tapi juga komponen penting lain seperti VRM. Kombinasi spesifikasi hardware yang powerful dan didukung sistem pendingin yang mumpuni bikin Zenbook SPACE EDITION tampil dengan performa yang kencang kayak roket yang mengangkasa. Wuuuuz!!!


Yang bikin aku ngiler berat lagi sama laptop ini adalah layar sentuhnya. Layar sentuh Zenbook SPACE EDITION menggunakan resolusi 4K (16:10). Dilengkapi beragam fitur, teknologi dan inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan pastinya enggak merusak kesehatan mata.

Layar sentuhnya sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif. Ditambah lagi, rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini bisa menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif. Apalagi buat aku yang kerja sebagai designer dan content creator, ini bakalan membantu kerjaan aku banget sih.

Zenbook SPACE EDITION nyaman digunakan berkat teknologi keyboard ASUS ErgoSense. Teknologi keyboard tersebut dirancang khusus agar aktivitas mengetik jadi lebih nyaman. ASUS ErgoSense memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat. Keyboard ASUS ErgoSense juga memiliki jarak tekan yang tepat, yaitu sejauh 1,4mm.

Zenbook SPACE EDITION memiliki touchpad berukuran besar dengan permukaan yang dirancang khusus agar penggunanya dapat mengontrol laptop ini secara lebih nyaman sekaligus akurat. Touchpad Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan. NumberPad 2.0 membuat input angka jadi lebih mudah.


Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED juga sudah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang kaya dan akurat. ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR, sudah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Singkatnya, layar ASUS OLED bisa menampilkan kualitas visual dengan warna dan akurasi terbaik, juga mampu menampilkan warna hitam dengan sempurna.



ASUS OLED dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED bisa mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

ASUS OLED sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Zenbook SPACE EDITION enggak cuma tangguh, tapi juga bisa melindungi kesehatan mata penggunanya.

Zenbook SPACE EDITION memiliki fitur penunjang aktivitas komputasi modern, salah satunya adalah konektivitas yang lengkap. Zenbook SPACE EDITION dilengkapi berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader. 

Selain port tersebut, Zenbook SPACE EDITION juga dibekali dua port Thunderbolt™ 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut enggak hanya berkecepatan transfer data yang tinggi, tapi juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery. Dengan kata lain, Zenbook SPACE EDITION bisa dihubungkan ke monitor eksternal menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K. Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga bisa diisi daya baterainya pakai charger dan power bank USB Type-C.


Ada lagi nih yang enggak kalah spesial, Zenbook SPACE EDITION sendiri dibalut oleh bodi berbahan aluminium yang tangguh serta ringan. Zenbook SPACE EDITION berdimensi 31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm dengan berat hanya 1.4 Kg. Ringan banget, bukan? Dibawa pakai satu tangan juga ringan. Beneran sih ini menunjang pekerjaan banget apalagi yang kerjanya suka mobile.

Zenbook SPACE EDITION tampil dengan warna eksklusif Zero-G Titanium seperti yang dipakai pada desain stasiun luar angkasa dan dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus.

Main Spec.
Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)
CPU
Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System
Windows 11 Home
Memory
32GB LPDDR5
16GB LPDDR5
Storage
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display
14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,
DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
Graphics
Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader
Connectivity
Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera
720p HD camera with electronic privacy shutter
Audio
Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos
Battery
63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 
31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm
Weight
1.4 Kg
Colors
Zero-G Titanium

Beneran spek sultan sih ASUS Zenbook SPACE EDITION ini. Karena penampakan dan speknya sudah aku spill, gimana kalau aku spill harganya juga? Pasti pada penasaran juga dong kira-kira harganya berapa sih?

Harga ASUS Zenbook SPACE EDITION adalah Rp26.999.000 untuk yang Core i7 / 16GB RAM) dan Rp30.999.000 untuk yang Core i9 / 32GB RAM. Lumayan banget ya. Buatku harganya masuk akal untuk spesifikasi secanggih itu. Tapi tetap aku harus nabung dulu untuk beli si laptop idaman ini. Kalau kalian gimana kira-kira? Berminat buat memiliki laptop ini? Yuk semangat nabung biar bisa memiliki si canggih Zenbook SPACE EDITION, terus kita terbang ke luar angkasa bareng ya, whuuuz!!

You Might Also Like

0 comment

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers Jakarta Beauty Blogger Chu-One Network Mama Daring