Cara Unik NVRO dalam Pengolahan Masalah Sampah, Galang Dana Lewat Lelang NFT

Sabtu, September 03, 2022

Masalah sampah di Indonesia bahkan di dunia seakan tidak ada habisnya ya teman-teman. Bahkan menurut data tahun 2020 mencatat di tahun 2020 ini sebanyak 67,8 juta ton timbunan sampah berada di Indonesia. Data nasional tahun 2018 menunjukkan bahwa 62 persen sampah di negeri ini dihasilkan dari sampah domestik atau sampah dari aktivitas rumah tangga. Juga merujuk pada data Statistik Lingkungan Hidup Indonesia yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), sejauh ini hanya 1,2 persen rumah tangga yang mendaur ulang sampahnya.

Beberapa hari lalu aku hadir di acara press conference bersama NVRO atau PT. Enviro Visi Nuswantoro. Apa dan siapakah itu? PT Enviro Visi Nuswantoro merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan karakter (character building) melalui pengolahan sampah domestik (waste management). PT. Enviro Visi Nuswantoro berdiri berdasarkan semangat pertumbuhan, yang bisa dicapai di nusantara.

Enviro sendiri berawal dari sebuah singkatan NVRO, yang dibuat dalam Bahasa Inggris. Tapi mengapa Bahasa inggris? Bukan Bahasa Indonesia sepenuhnya? Menurut NVRO, semangat kebangsaan, ke-Indonesia-an, bukan berarti tidak memiliki visi dan cakupan yang sifatnya Internasional. Dan karena visi yang dijalankan oleh Enviro Visi Nuswantoro ini adalah global, maka brand yang diusung, NVRO, menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional.

Enviro, NVRO, artinya adalah New Vision to Recreate Order, yang dalam Bahasa Indonesia berarti visi baru untuk menciptakan ulang keteraturan. NVRO adalah sarana untuk menciptakan ulang keteraturan di dunia, terkait pembangunan karakter dan pelestarian lingkungan. 
Visi, merupakan pandangan, jangkauan, dan impian manusia bisa hidup dengan baik di bumi ini ke depan, yang mampu bertahan bukan hanya satu atau dua tahun, namun mampu menjangkau puluhan dan ratusan tahun ke depan.

Nuswantoro, adalah nama lama yang muncul, sebagai bagian dari visi Prabu Kertanegara, seorang raja besar dari Singhasari. Prabu Kertanegara memiliki pandangan penyatuan nusantara (Nuswantoro), dengan kampanye-nya yang disebut sebagai Cakrawala Mandala Dipantara (yang beberapa dekade kemudian, adalah cikal bakal dari Sumpah Palapa, Mahapatih Gajah Mada).

Enviro Visi Nuswantoro, sebagai satu kesatuan, merupakan sebuah pandangan baru, visi ke depan, untuk mewujudkan sebuah mimpi besar Nusantara, untuk bisa membawa perubahan dan kebaikan, yang dimulai dari karakter dan pengelolaan kembali lingkungan, disekitar kita. Mulai dari lingkar terkecil, menuju ke perubahan global.

PT. Enviro Visi Nuswantoro sendiri berdiri pada awal Januari 2022 dan terdaftar secara resmi pada tanggal 8 April 2022 berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang lebih dikenal dengan NVRO.

Narasumber yang hadir di press conference yaitu Kirdianto Hrisikesa Putra selaku Chief Executive Office of PT. Enviro Visi Nuswantoro, Kresno Suci Arinugroho selaku Chief Operation Officer, Hapsoro Renaldy selaku Chief Technical Officer, Evans Alexander selaku Chief Communication dan Alexandra Tania selaku Corporate Secretary.

Salah satu kepedulian NVRO terhadap peningkatan jumlah sampah di dunia, yang naik dalam jumlah signifikan dan tidak dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan banyak masalah sosial, lingkungan, kesehatan, dan lain sebagainya. “Fenomena ini khususnya di banyak negara dunia ketiga dengan fasilitas penanganan sampah yang masih terbatas, ternyata berhubungan dengan kebiasaan serta karakter manusia di negara tersebut.” kata Kirdianto Hrisikesa Putra, Chief Executive Office of PT. Enviro Visi Nuswantoro yang akrab disapa Kirdi.

Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya ternyata lebih terkait dengan kecerdasan/kematang­an karakter, bukan kecerdasan akademik. Orang yang karakternya terdidik tentu menganggap poster untuk tidak membuang sampah sembarangan tersebut lebih dari poster semata. Pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini dari lingkungan merupakan salah satu upaya untuk membentuk perilaku sadar sampah.

Saat ini NVRO memiliki program bernama NVRO Goes to School, dimana pada program ini NVRO berfokus kepada pembangunan karakter anak-anak di sekolah dan mengedukasi pengolahan sampah. Program ini akan dijalankan ke seluruh sekolah yang terpilih di Indonesia.

“Kami sengaja memilih sekolah-sekolah sebagai wadah utama dalam pelaksanaan program-character building ini, karena kami percaya anak-anak ini akan menjadi duta yang bisa menjaga lingkungannya sesuai dengan motto kami yaitu "Let’s Build a Better Place to Live, Let’s Start Now”. Nugi, Chief Operation Officer of PT. Enviro Visi Nuswantoro pun menambahkan.


Bbeberapa waktu lalu, NVRO juga sudah menyelenggarakan NVRO Goes To School di SMA 12 Tangerang Selatan. NVRO menyelenggarakan seminar pembentukan character building dan pengolahan sampah. Pengenalan Konsep 3R ( Reduce, Reuse dan Recycling), untuk program NVRO Goes To School tersebut akan ada pendampingan selama 3 bulan yang diterapkan di sekolah itu.

Selain program NVRO Goes To School, NVRO juga memiliki beberapa program yang akan diterapkan dalam waktu dekat. NVRO Goes To School ke lebih banyak sekolah-sekolah di Indonesia, NVRO Goes To Kampong, Seminar Online (Mino Talks), Point Center NVRO untuk penampungan sampah yang didapat dari sekolah dan perumahan, serta NVRO Services B2B.

Namun semua itu tentunya membutuhkan biaya operasional yang tentunya tidak sedikit. Di sinilah yang menarik dari NVRO. NVRO menggunakan cara unik dalam penggalangan dana operasional yaitu dengan menyelenggarakan kompetisi NFT (Non-Fungible Token). NFT saat ini memang sedang marak dan nge-trend. Tapi memangnya apa itu NFT? NFT merupakan aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. 
Pada kompetisi NFT yang akan diselenggarakan oleh NVRO, nantinya hasil karya akan dijual dilelang di market place open sea, dan hasil dari penjualan ini sebagian akan masuk mendanai program program NVRO. Para pencipta hasil karya berhak mendapatkan royalti atas penjualan NFT tersebut.


Akan ada 100 NFT yang akan di lelang di Opensea nantinya. Hasil karya NFT yang boleh diikutsertakan dalam kompetisi tidak harus terbatas pada lukisan atau ilustrasi saja, tapi juga bisa berupa kategori musik, short video, dan lain sebagainya.

Dari ke 100 NFT ini NVRO menargetkan dana yang terkumpul total senilai 1 milyar sampai dengan 10 milyar, galang dana melalui NFT ini juga sebagai wadah promosi mengenai kegiatan donasi social lingkungan sehingga NVRO menamakan pertama kalinya di indonesia sebagai sosio NFT.

Wah keren ya! Sukses selalu untuk NVRO dan berbagai kegiatan positifnya. Yuk teman-teman kita dukung. Siapa tahu kalian juga berminat ikut kompetisi NFT-nya atau sekadar mau ikutin perkembangan project-project nya NVRO bisa rajin cek ke Instagram @nvrodotorg dan web linktree/nvrochannels ya.

You Might Also Like

0 comment

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers Jakarta Beauty Blogger Chu-One Network Mama Daring