Bangga Ilustrator Lokal, Kampanye SOVLO dalam Mendukung Peran Ilustrator dalam Pemulihan Ekonomi

Senin, November 15, 2021


Dari dulu aku tuh suka banget sama karya karya kayak mural, ilustrasi-ilustrasi gitu. Apalagi aku kuliah di kampus khusus desain, jadi seneng banget kalo liat karya ilustrasi temen-temenku. Salut sama mereka yang pada jago-jago gambar. Kalian ada yang sama kayak aku, suka banget sama gambar-gambar ilustrasi? Dan semakin kesini, semakin banyak ilustrator-ilustrator keren di Indonesia.
Semenjak masa pandemi aku sering banget melihat teman-teman ilustrator menawarkan jasanya di media sosial. Gambarnya keren-keren. Sempet terpikir sama aku seandainya aku menggunakan gambar-gambar itu dalam fashion items, pasti bakal keren banget. Tapi aku tahu sih, untuk membuat menjadikan gambar-gambar itu dalam wujud tas, baju, dan lainnya itu butuh modal yang enggak sedikit. Dan di masa pandemi, kondisi ekonomi salah satu yang ikut terkena imbasnya, tak terkecuali bagi profesi ilustrator. 
Senang deh, ternyata bukan cuma aku yang merasa ilustrator di Indonesia itu keren-keren dan akan makin keren kalau gambar-gambar mereka dijadikan fashion items. Ternyata, SOLVO, sebuah brand fashion baru juga memikirkan apa yang sempat aku pikirkan. 

Bangga Ilustrator Lokal, Kampanye SOLVO dalam Mendukung Peran Ilustrator dalam Pemulihan Ekonomi

Seperti yang sebelumnya aku bilang, kondisi pandemi ini berdampak pada beberapa profesi, tidak terkecuali ilustrator. Kondisi ini membuat  SOVLO  melihat peluang kolaborasi lewat kampanye #BanggaIlustratorLokal. 
Pada hari Selasa, 9 November 2021, masih dengan cara online, aku berkesempatan menghadiri Press Conference dan Grand Launching #BanggaIlustratorLokal yang diselenggarakan oleh SOVLO. Acara ini dipandu oleh MC Lala dan juga turut mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Lidya Valensia, CEO dan Founder SOVLO, dan Popomangun, ilustrator fashion Indonesia.



Eh iya, teman-teman sudah pada tahu SOVLO belum sih? SOVLO ini merupakan akronim dari Souvenir Lokal. Produk yang dikeluarkan SOVLO antara lain ada tas, pouch / dompet, masker wajah, card case, dan baru-baru ini juga mulai memperkenalkan lini pakaian. SOVLO sendiri merupakan brand fashion terbaru karya anak bangsa dari Lotus Group yang lahir di masa pandemi. Luar biasa ya, meski di kondisi pandemi, tapi justru dalam kondisi seperti itu malah banyak kreatifitas yang bermunculan. 


Kondisi pandemi seperti dua sisi koin, karena membawa dua dampak signifikan bagi ekonomi kreatif tanah air. Meski perekonomian terpuruk,  tapi pandemi juga memberi dorongan positif bagi perkembangan ekonomi kreatif. Setiap profesi di industri fashion, mulai dari desainer, ilustrator, penjahit, pemilik brand-brand fashion lokal, penenun, pembatik, hingga pengusaha UMKM kreatif di subsektor fashion menjadi kelompok masyarakat yang aktif berjuang mengambil bagian dalam momentum pemulihan ekonomi.
Langkah kolaborasi dengan ilustrator ini sebenarnya sudah dilakukan SOVLO sejak Februari 2021 dan menunjukan hasil menggembirakan. Makanya SOVLO berusaha membawa strategi ini ke level selanjutnya. “Setelah berkolaborasi dengan sejumlah ilustrator, kami menemukan kualitas karya ilustrator lokal ini sangat baik dan disukai konsumen. Sayangnya di situasi krisis, karya-karya mereka sering hanya berakhir di atas kertas atau disimpan di komputer, tanpa mampu menghasilkan pendapatan bagi mereka. Mereka pun terhambat menjadikan passion dan bakat mereka sebagai sumber penghidupan,” tutur Lidya Valensia.
Lidya Valensia, CEO dan Founder SOVLO
Bagi SOVLO sendiri, kampanye Bangga Ilustrator Lokal menjadi langkah penting bagi upaya melebarkan sayap di era pemulihan ekonomi ini. Sejak Juni 2020, SOVLO telah mencatat pertumbuhan menggembirakan lewat kiprahnya di online marketplace. Melihat besarnya minat masyarakat terhadap produk-produk fashion lokal, SOVLO mulai menggandeng ilustrator lokal sejak Februari 2021 untuk melahirkan karya-karya fashion yang bisa dinikmati masyarakat lewat produk-produk. Uniknya, ilustrasi produk-produk SOVLO selama ini identik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan yang diharap bisa menguatkan masyarakat di masa pemulihan ekonomi ini, seperti Strong Woman, Indonesian Strong Woman, Kembang Nusantara, Grateful Indonesia, Colourful Indonesia, Indonesian Brave Kids, Indonesian Strong Woman & Her Pets, Tanaman Hias, Indonesian Heroes, dan Indonesia Maju.

“Saya menyatakan apresiasi dan dukungan penuh terhadap rencana SOVLO merangkul sebanyak-banyaknya ilustrator untuk melahirkan karya-karya unik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan sehingga bernilai di pasar fashion domestik bahkan jika perlu ekspor," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir di PressCon dan Grand Launching SOVLO dengan mengenakan kemeja SOVLO dengan ilustrasi edisi filateli (khusus dibuat oleh seluruh keluarga ilustrator lokal Sovlo)

Dengan optimisme bahwa industri fashion bisa bersaing di kancah ekonomi global, Kemenparekraf juga melakukan pendampingan melalui fasilitas-fasilitas yang bisa mendorong subsektor ini menjadi semakin besar. Kemenparekraf akan mengeluarkan kebijakan untuk mendorong penggunaan karya fashion di dalam negeri, melancarkan ketersediaan bahan baku, sampai pada promosi dan dukungan terhadap produk-produk fashion dalam negeri di pasar domestik dan global. Wah, ini baru keren. Kalau melihat ini sih, sepertinya industri fashion Indonesia bakal semakin dikenal di dunia. 
Yang enggak kalah kerennya lagi, sebagian besar produk SOVLO dipasarkan dengan jaminan garansi seumur hidup! Pastinya ini bisa dilakukan SOVLO karena didukung penjahit-penjahit berbakat yang mampu menjaga kualitas material dan jahitan produk-produknya. Oleh karena itu, jika ilustrator memilih untuk berkolaborasi dengan SOVLO, maka karya-karya mereka akan hadir di produk-produk berkualitas yang bisa diapresiasi dan dimanfaatkan masyarakat.
SOVLO juga menerapkan sistem bagi hasil dengan para ilustrator yang memasarkan produk ini. Dengan sistem ini, keuntungan yang diraih ilustrator sebanding dengan penjualan hasil karya mereka. Bukan cuma perekonomian SOVLO yang akan membaik, tapi perekonomian para ilustrator pun bisa segera pulih. 

Buat Para Ilustrator yang Ingin Berkolaborasi dengan SOVLO

Untuk kampanye Bangga Ilustrator Lokal yang digagas SOVLO ini sendiri, Popomangun telah menyiapkan sejumlah karya ilustrasinya dan bisa didapatkan masyarakat mulai 13 November 2021 di toko-toko daring terkemuka Indonesia atau di toko luring SOVLO. Kalian yang ingin membeli produk-produk SOVLO yang keren-keren ini bisa melalui Tokopedia atau Shopee atau datang ke tokonya yang di Pos Bloc, Pasar Baru Jakarta. Oiya SOVLO juga telah membuka toko luring mereka yang kedua di Urban Farm, Pantai Indah Kapuk.
Popomangun, Ilustrator Fashion Indonesia

SOVLO X Popomangun
Kalau kalian adalah ilustrator dan ingin berkolaborasi dengan SOVLO juga bisa banget lho. Lewat kolaborasi di kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini SOVLO dan ilustrator akan bersama-sama menggagas dan melahirkan produk berkualitas dengan ilustrasi beraneka ragam. Melalui kampanye ini, SOVLO menargetkan berkolaborasi dengan sekitar 400-500 ilustrator lokal hingga akhir tahun 2022.
Jika kalian ilustrator Indonesia dan berminat untuk berkolaborasi dengan SOVLO langsung aja daftar di  https://tinyurl.com/ilustratorSOVLO Kalian juga bisa mendapatkan informasi  melalui akun instagram SOVLO di @sovlo.id. 

Nantinya SOVLO akan melakukan kurasi. Kalau kamu lolos akan dihubungi untuk proses selanjutnya. Setelah sepakat berkolaborasi, SOVLO akan memproduksi karya ilustrator lokal tersebut dan menjadwalkan distribusinya dengan skema bagi hasil. 

Ayo tunjukan kemampuan terbaik kalian!! Dukung terus brand lokal dan ilustrator Indonesia ya!

You Might Also Like

2 comment

  1. waa, jadi salah satu toko motivator untuk pemuda-pemuda yang suka dengan design grafik

    BalasHapus
  2. Manda kece bangeeet, aku kira jaiko ��

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers Jakarta Beauty Blogger