Review Botol Susu Bayi Dr Brown’s Natural Flow Wide-Neck

Kamis, Mei 20, 2021

Memberikan ASI eksklusif untuk bayi hingga usia setidaknya 2 tahun memang sangat disarankan. Namun ada kalanya ibu tidak bisa memberikan ASI eksklusif, bisa karena sedang bekerja atau sakit, sehingga tidak bisa menyusui langsung. Botol susu bisa menjadi media substitusi agar si kecil tetap bisa menyusu. 

Kelebihan Botol Susu Bayi Dr Brown’s Natural Flow Wide-Neck 

Ketika memilih botol susu bayi sebagai media substitusi menyusui, bunda harus mempertimbangkan banyak hal. Satu merk botol untuk bayi yang banyak direkomendasikan bahkan oleh dokter anak adalah Dr Brown’s. Natural Flow Wide-Neck ini adalah varian botol untuk susu bayi berkualitas bagus serta memiliki berbagai kelebihan:

1. Mengurangi Resiko Kolik 
Botol bayi Dr Brown Natural Flow Wide-Neck ini dibuat dengan teknologi internal vent system atau sistem ventilasi yang mana sistem ini bisa digunakan sesuai kebutuhan si kecil. Dengan teknologi ini bisa mencegah gelembung udara tertelan oleh si kecil saat sedang menyusu. 
Gelembung udara yang tidak ikut tertelan ini juga bisa berdampak membuat si kecil tidak mengalami kembung, kolik dan masuk angin. Kolik ini biasanya kemudian menyebabkan si kecil cegukan hingga rewel tanpa sebab.

2. Mampu Menjaga Kualitas ASIP 

Kelebihan lain dari menggunakan botol susu Dr Brown Natural ini adalah bisa menjaga kualitas ASIP, terutama menjaga kandungan Vitamin A, C dan Vitamin E. Ketiga vitamin ini dalam waktu 20 menit bisa larut dalam udara hingga 80 persennya.


3. Mengurangi Resiko Bingung Puting 

Botol Dr Brown’s Natural Flow wide-Neck ini juga diunggulkan karena bisa meminimalisir resiko si kecil mengalami bingung puting. Kelebihan ini didapat dari desain wide-neck yang digunakan sehingga menyebabkan natural flow dan si kecil tidak akan bingung. 


4. Better Sleep 

Kelebihan terakhir dari boto susu bayi dari Dr Brown’s ini adalah manfaat better sleep. Si kecil bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik karena si kecil tidak mengalami masalah pencernaan. 


Penyebab Kolik pada Bayi 

Dari penjelasan tentang manfaat dan kelebihan dari menggunakan botol bayi Dr Brown’s di atas, salah satu kelebihan dari botol ini adalah dapat mencegah si kecil mengalami kolik. Lalu, apa sebenarnya kolik itu dan apa penyebabnya? 

Kolik ini bukan sebuah penyakit, melainkan hanya kondisi yang membuat bayi tidak berhenti menangis, bahkan hingga 3 jam dalam sehari. Meski bukan penyakit, namun kondisi ini tentu merepotkan sehingga bunda harus tahu bagaimana mengatasinya. 


Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kolik ini adalah karena bayi merasa tidak nyaman, terutama pada perutnya. Kondisi tidak nyaman ini bisa disebabkan karena di dalam saluran pencernaannya terdapat terlalu banyak gas. 


Hal tersebut bisa timbul salah satunya dari proses menyusunya yang kurang tepat. Ada kalanya saat si kecil minum dari dot, ada gas atau udara yang turut masuk ke dalam perut si kecil. Inilah yang kemudian menyebabkan si kecil mengalami kolik. 

Fitur Botol Susu Dr Brown’s Natural Flow Wide-Neck, Fitur Anti Kolik 

Botol dari Dr Brown’s ini memiliki berbagai fitur yang bermanfaat untuk bayi. Salah satu fitur pada botol susu bayi Dr Brown’s ini adalah internal vent system yang merupakan teknologi anti kolik. Artinya akan mengurangi resiko bayi mengalami kondisi kolik. 


Fitur ini adalah fitur utama dan ciri khas dari botol susu Dr Brown’s Natural Flow Wide-Neck ini. Internal vent system ini membuat aliran susu bisa mengalir lebih alami meski tanpa dihisap dengan kuat. Sistem ini juga tidak akan membuat udara ikut saat air mengalir. 


Sistem ini juga mencegah dot kempes saat dihisap si kecil. Ketika posisi botol tidak ideal menyebabkan air tidak mengalir. Hal inilah yang membuat si kecil rewel dan menangis. Dengan sistem ini, sekuat apapun hisapannya atau bahkan saat dihisap dengan banyak gaya pun aliran bisa tetap lancar. 


Ada pula fitur lain yang yaitu bentuk botol Wide-Neck. Bentuk botol bayi wide-neck pada dot bertujuan untuk menghindarkan agar bayi mengalami bingung puting. Bentuk ini juga membuat bayi lebih nyaman saat sedang menyusu dari botol. 


Tanda Botol Susu Bayi Harus Diganti 

Disebutkan sebelumnya bahwa botol bayi Dr Brown’s Natural Flow Wide-Neck ini adalah botol BPA Free. Kalau sudah demikian, artinya ada batas waktu pemakaian botol yang harus dipatuhi. Botol BPA free ini harus diganti setiap enam bulan sekali. Selain itu, jika belum 6 bulan botol sudah mengalami tanda-tanda berikut, artinya botol harus segera diganti. 

  • Botol dan Empeng Sudah Berubah Warna 

Kondisi botol susu yang bagus adalah tampak bersih dan berwarna bening. Maka, ketika sudah berubah warna menjadi kekuningan dan keruh, botol harus segera diganti. 


  • Terdapat Retakan pada Botol 

Selain warna yang berubah, botol susu bayi harus diganti saat sudah mulai ada retakan, kerak yang menempel di permukaannya, hingga mengalami kebocoran. 


  • Lubang Dot Sudah Melebar 

Ciri selanjutnya yang menandakan botol bayi harus segera diganti adalah lubang dotnya sudah melebar. Untuk mengetahui ini, bunda harus membalikkan botol dalam keadaan terisi. Jika cairannya menetes cepat dan banyak, artinya lubang dot sudah melebar dan botol harus diganti. 


Berapa Lama Botol Susu Bisa Digunakan? 

Untuk jenis botol susu yang diklaim memiliki sertifikat BPA free, sudah disebutkan sebelumnya jika botol tersebut harus diganti setidaknya 6 bulan sekali. Sedangkan untuk botol lain yang tidak BPA free, botol harus diganti setidaknya 3 bulan sekali. 


Hal ini dilakukan agar botol tetap aman digunakan oleh si kecil. Proses sterilisasi yang melibatkan suhu tinggi tentu akan membuat botol non BPA free bisa saja meleleh. Dengan lebih sering diganti tentu akan memberikan keamanan lebih bagi si kecil. 


Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi yang Tepat, Apakah Merebus Botol Susu Aman? 

Menjaga kebersihan botol susu bayi adalah sebuah keharusan untuk mencegah bayi terserang penyakit. Bunda harus tahu bagaimana cara sterilisasi yang tepat agar kebersihan botol tetap terjaga. Sebelum proses sterilisasi ini pun botol tetap harus dicuci hingga bersih. 


Botol harus dicuci setiap bagiannya dengan sabun dan air mengalir, baru kemudian dilakukan sterilisasi. Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah merebus botol susu aman? Jawabannya aman, karena merebus ini merupakan salah satu jenis sterilisasi untuk membunuh kuman di dalam botol. 


Caranya adalah dengan merebus air sampai mendidih atau hingga suhunya minimal 80°C. Ini adalah kelebihan lain jika menggunakan botol Dr Brown’s karena bisa tahan panas hingga suhu 180°C sehingga tetap aman untuk proses sterilisasi apapun. Setelah itu rebus botol selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat. Letakkan di tempat yang bersih lalu diamkan hingga kering. 


Itu tadi adalah review tentang botol susu bayi Dr Brown’s Natural Flow Wide-Neck, satu varian botol untuk bayi berkualitas bagus yang direkomendasikan oleh dokter anak. Dengan semua fitur dan kelebihan di atas, si kecil bisa tetap mendapat ASIP berkualitas. 


You Might Also Like

0 comment

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers Jakarta Beauty Blogger