[BASE Skincare Review] Personalized Skincare yang Khusus Dibuat Sesuai Kebutuhan Kulit

Kamis, Mei 06, 2021

Halo teman-teman, apa kabar? Buat teman-teman yang menjalankan ibadah puasa, tetap semangat ya puasanya. By the way, ada yang beda enggak sih sama kondisi kulit kalian selama menjalankan puasa ini? Aku mau cerita juga nih. Selama puasa ada sedikit perubahan sama kondisi kulit aku. Memang sih wajah enggak terlalu berminyak, tapi ada beberapa bagian yang terasa kering, sepertinya kulitku mengalami dehidrasi. Dan juga lagi banyak jerawat muncul nih. Kuakui habit-ku juga agak berubah, hehe. Termasuk pola makan dan pola tidur.

Selama bulan puasa ini pola tidurku agak berantakan, sering enggak bisa tidur sampai sahur alias begadang. Tapi di pagi hari sering mengantuk. Jadi aku justru aktifnya di malam hari hingga menjelang sahur. Terus juga sering buka puasa pakai gorengan dan makanan-makanan cepat saji. Jadi aku beraniin diri untuk ganti skincare dan beralih mencoba skinimalism (tren skincare yang hanya memakai skincare product yang sifatnya penting saja). Buat teman-teman yang sering lihat update-an aku di sosmed, mungkin beberapa sudah tahu kalau aku itu pakai 10 steps skincare. Nah kali ini aku mencoba untuk meminimalisirnya dengan menerapkan skinimalism dan pengen tahu gimana progress-nya di kulit wajah aku.
Teman-teman yang penasaran aku nyoba produk skincare apa, oke… aku bisikin sekarang ya. Aku lagi pakai Personalized Skincare dari BASE. Yes bener, produk skincare ini di-custom khusus buat aku sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit aku saat ini. Dan ini adalah my first experience pakai produk skincare dari brand lokal yang dipersonalisasi khusus untuk aku. Lalu gimana caranya BASE bisa tahu kondisi kulit aku dan menentukan skincare yang cocok buat aku? Yuk yuk lanjut baca tulisanku ya.

Personalized Skincare by BASE

Sebetulnya aku tahu brand skincare BASE ini sudah lumayan lama karena sering lihat iklannya muncul di Instagram. Belum banyak ngepoin sih waktu itu jadi enggak tahu BASE itu skincare yang konsepnya seperti apa. First impression aku tentang BASE itu cuma sama packagingnya aja, packagingnya gemes dengan warna-warna cerah dan ilustrasi yang lucu-lucu gitu. Sampai pada akhirnya aku lihat salah satu teman Beauty Blogger-ku pakai skincare dari BASE dan aku mulai cari tahu tentang BASE.

BASE merupakan brand skincare dari Indonesia. Semua produk BASE sudah tersertifikasi BPOM dan ECOCERT yang berarti enggak mengandung harmful ingredients seperti SLS, Paraben, PTHALATE, Artificial Colorants, non perfume dan juga Cruelty Free. BASE menghadirkan new skincare experience dengan produk berbasis teknologi yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan kulit, skin goals dan lifestyle masing-masing. Seperti yang kita tahu di luar sana kan banyak banget produk skincare dengan bahan yang beragam, untuk tahu cocok enggaknya di kulit kita seringkali kita harus melalui trial and error. Bagi yang baru mau memulai skincare-an juga mungkin bingung harus pakai produk dengan ingredients yang mana. Oleh karena itu BASE meluncurkan inovasi produk skincare berbahan alami yang enggak membahayakan tubuh, vegan-friendly, clean ingredients dan bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan kulit setelah melakukan Smart Skin Test di website BASE. 

Smart Skin Test untuk Menentukan Skincare yang Tepat untuk Kulit

Melalui website BASE www.base.co.id kita bisa mengikuti Smart Skin Test gratis. Kita akan diberi beberapa pertanyaan mudah tentang analisis kulit kita, tesnya enggak memakan waktu lama kok, kira-kira 5 menit aja. Beberapa contoh pertanyaan yang harus diisi yaitu jenis kulit, kondisi kulit saat ini, permasalahan utama kulit kita, jerawat yang sering muncul biasanya seperti apa dan di area mana, apakah ada alergi terhadap ingredients tertentu, jam tidur, skin goals yang ingin dicapai, berapa lama terpapar matahari, kandungan active yang sedang digunakan saat ini dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang relevan. Isi dengan jujur ya dear, agar BASE bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai apa yang akan kita butuhkan.


Setelah itu hasilnya akan dikirimkan melalui email kita beserta rekomendasi rangkaian skincare yang cocok untuk kita. Setelah kita pilih produknya dan payment, personalized skincare kita akan diproses dan dikirim deh ke alamat kita. Free delivery and free return loh ke seluruh penjuru Indonesia. Ini dia hasil Smart Skin Test punyaku dan rangkaian personalized skincare yang aku dapat dari BASE.

Setelah aku cek hasilnya ternyata ada 6 hero ingredients yang direkomendasikan oleh BASE untuk skincare aku. Aku fikir hasilnya memang akurat karena ingredients yang mereka rekomendasikan ke aku beberapa sudah akrab dan cocok di kulitku seperti Niacinamide dan Witch Hazel. 4 hero ingredients lainnya yaitu Pullulan, Vegetable Glycerine, Salicylic Acid dan Vitamin E.

BASE Personalized Skincare Made for Amanda

Tadaaaa!!! Ini dia BASE personalized skincare punyaku. Jujur seneng banget punya skincare yang di-custom khusus buat aku. Bahkan di kemasannya pun tertera nama aku. Jadi ngerasa unik dan spesial banget. Jadi harus selalu pede dan makin semangat merawat kulit. Hmm… Aku akan bahas dari kemasannya dulu aja ya. Sebelumnya aku akan kasih tahu dulu produknya ini berupa bundle bernama Ramadan Staple Kit yang terdiri dari Nine to Ten Nourishing Cleanser 100 ml, Freshly Dew Toner 100 ml, Ultra Clarity Balancing Lotion 30 gr dan Herbana Immusupport Supplement 10 caplets. Semuanya dikemas dalam box, include drawstring pouch, thankyou card serta stiker set yang gemes banget.

Semua produk BASE dikemas dalam botol keramik berwarna putih yang lumayan berat dengan penutup pump sehingga lebih praktis dan higienis. Kemasannya juga diberi label yang berisi nama produk sampai keterangan produk, aku suka banget label kemasannya ini karena warna-warnanya yang merepresentasikan jiwa muda energik dan ilustrasinya pun menggambarkan kalau setiap manusia itu unik. Oh iya setiap label di kemasan produknya tercetak nama kita, terasa lebih spesial. Setiap produknya juga ada outer box berbahan kardus berwarna orange. Honestly, untuk kemasan botolnya agak terkesan enggak travel friendly karena kalau pakai botol keramik kayak gini bikin jadi lebih berat. Tapi kita dapat drawstring pouch-nya jadi kalau kemana-mana bisa dibawa pakai drawstring pouch itu atau dipindah dulu ke kemasan yang travel size. Di thankyou card tertera keterangan produk, info ingredients, cara penggunaan produk skincare dan juga barcode untuk melihat full ingredients nya.

Suplemen Herbana Balance Madia Immunosupport K10 yang aku dapat ini bisa membantu menjaga daya tahan tubuhku saat puasa. Dibuat dari bahan campuran alami yang bersumber dari alam seperti Meniran, Moringa, dan Curcumin yang memiliki kandungan tinggi kurkuminoid, mineral, vitamin, dan asam amino. Ingat kan ceritaku di awal tulisan ini kalau aku gampang mengantuk di pagi hari saat puasa? Semoga suplemen ini bisa lebih membantu aku tetap bugar dan aktif saat puasa. Suplemennya aku minum 1 kali sehari yaitu saat sahur.

BASE Personalized Skincare aku mengandung 6 hero ingredients dengan manfaatnya sebagai berikut : 
- Niacinamide : Membantu mengontrol kelenjar minyak di wajah, mengurangi noda bekas jerawat & kemerahan, meminimalisir wrinkles di wajah.
- Witch Hazel : Membantu mengurangi jerawat, meredakan kemerahan dan inflamasi kulit, membersihkan pori-pori. 
- Pullulan : Baik untuk elastisitas kulit dan melembabkan kulit.
- Vegetable Glycerine : Membantu melindungi kulit dari iritasi, menenangkan kulit yang meradang, mempercepat penyembuhan luka.
- Salicylic Acid :
Membantu merawat kulit yang berjerawat, mengurangi kemerahan.
- Vitamin E : Membantu melindungi dari paparan sinar UV, menjaga kesehatan kulit.


Yuk kita bahas lebih detail tentang produk-produk skincare BASE yang aku dapat.

Nine to Ten Nourishing Cleanser 
Sabun pembersih wajah yang akan membantu membersihkan kotoran, debu dan makeup dengan lembut. 
Netto : 100 ml 
Price : Rp. 98.000

Ingredients : Aqua, Glycerin, Niacinamide, Triticum Vulgare Germ Oil, Glyceryl Caprylate Caprate, Cocamidopropyl Betaine, Decyl Glucoside, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Chamomilla Recutita Matricaria Flower Extract, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Squalane, Camellia Sinensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Litsea Cubeba Fruit Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Sodium Chloride, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sorbic Acid. 
*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients 
*Natural, Plant Derived Ingredients 
Tekstur dan Aroma : Sabun pembersih ini adalah gentle cleanser yang tidak menghasilkan busa saat kena air dan saat diaplikasikan ke wajah. Teksturnya sedikit cair dan dari ketiga produk BASE yang aku pakai, cleanser ini yang aromanya paling bisa aku tolerir. Mungkin seperti wangi rempah daun sereh, segar dan enggak mengganggu. 

Performance di Kulitku : Aku pikir cleanser akan susah dibilas karena agak licin saat diaplikasikan karena aku juga pernah pakai gentle cleanser yang enggak menghasilkan busa seperti ini dan dibilasnya agak susah karena masih terasa licin di wajah. Tapi cleanser ini termasuk yang gampang dibilas. Pakai 2-3 pump sudah cukup, aplikasikan ke wajah sambil dipijat. Dan setelah dibilas enggak memberikan efek ketarik di wajah. Cocok buat daily cleanser, kulit jadi bersih, lembut di kulit dan hasilnya melembabkan wajahku. So far aku sudah pakai ini sekitar seminggu dan enggak ada efek negatif di wajah.

Freshly Dew Toner 
Cairan penyegar wajah untuk membantu kulit lembab setelah penggunaan rutin.
Netto : 100 ml 
Price : Rp. 159.000

Ingredients : Aqua, Anthemis Nobilis Flower Water, Glycerin, Polyglyceryl 4 Caprate, Propanediol, Sodium PCA, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Tocopherol, Cucumis Sativus Fruit Extract, Butylene Glycol, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Alcohol 
*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients 
*Natural, Plant Derived Ingredients 

Toner ini bisa dipakai dengan 3 cara yaitu : 
- Sebagai Toning/ Face Preparation
Tuangkan pada kapas, usapkan perlahan ke seluruh area wajah hingga sisa makeup dan kotoran terangkat. 
- Cara pakai sebagai Essence
Tuangkan pada telapak tangan 1-2 pump toner, usapkan dan tepuk perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah.
- Cara pakai sebagai DIY Mask
Tuangkan pada silcot 3-5 pump, lipat dan ratakan agar seluruh permukaan silcot terpapar cairannya. Posisikan silcot yang basah pada pipi, kening, atau daerah yang dibutuhkan. 

Tekstur dan Aroma : Tekstur toner ini cair dan warnanya kuning keruh. Jujur dari ketiga produk yang aku dapat, aroma toner ini yang paling kurang enak menurutku, seperti aroma asam atau basi. Enggak ada aroma wangi memang tapi enggak terlalu mengganggu juga sih buatku. Karena wajar aja aromanya seperti itu mengingat BASE skincare menggunakan bahan organik serta non-perfume.


Performance di Kulitku : Sudah sekitar seminggu akau pakai toner ini dan aku pakainya dengan dua cara, yaitu pakai kapas dan diusap ke seluruh wajah dan leher dan juga sebagai DIY mask yaitu ditaruh di kapas tipis lalu ditempel di area-area wajah yang diinginkan kemudian didiamkan. Agak terasa lengket di wajah jadi aku diamkan dulu biar meresap sempurna ke wajah baru habis itu dilanjut memakai lotionnya.
Walau aromanya kurang enak, tapi toner ini cocok banget di kulitku. Sangat menghidrasi kulitku dan melembabkan. Aku juga merasa kalau setelah pakai toner ini (sebelum lanjut memakai lotion) ada efek glowing di wajah. Enggak ada efek perih atau efek negatif yang timbul di wajah walaupun aku pakai saat wajahku sedang ada jerawat.

Ultra Clarity Balancing Lotion 
Krim wajah yang membantu untuk melembabkan dan membuat kulit terlihat lebih sehat.
Netto : 30 gr 
Price : Rp. 189.000

Ingredients : Aqua, Arnthemis Nobilis Flower Water, Avocado Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Glycerin, Niacinamide, Squalane, Avena Sativa Kernel Flour, Dehydroacetic Acid, Tocopherol, Allantoin, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Boswellia Carterii Oil, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil, Salicylic Acid, Sodium Hydroxide, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate 
*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients 
*Natural, Plant Derived Ingredients 
Tekstur dan Aroma : Tekstur dari lotion ini seperti krim, enggak terlalu cair dan enggak terlalu pekat juga, berwarna putih agak kekuningan, aromanya agak seperti aroma toner tapi masih lebih better dibanding aroma tonernya.
Performance di Kulitku : Aku biasanya pakai 2-3 pump sambil dipijat ke wajah. Enggak terasa greasy tapi agak lama meresapnya di kulit. Enggak ada efek perih di wajah walaupun aku pakai saat wajahku sedang ada jerawat. 
Untuk performance ketiga produknya di wajahku sih belum terlihat hasil yang sangat wah karena aku baru pakai seminggu. Tapi yang aku notice adalah rangkaian skincare ini merawat wajahku yang sedang ada jerawat kecil, melembabkan kulit dan terlihat lebih sehat walaupun masih banyak bekas jerawat. Rangkaian skincare ini juga enggak bikin kulit wajahku terasa berat dan cocok digunakan sebelum pakai sunscreen. Jadi aku bisa bilang kalau rekomendasi skincare yang diberikan BASE berdasarkan Smart Skin Test yang aku lakukan waktu itu adalah cocok. Menarik banget!
Selain itu aku juga cukup tertarik dengan skincare berbahan alami karena kulitku ini kan cukup membingungkan dan sering timbul jerawat kalau pakai produk yang banyak mengandung bahan kimia. Jadi sebisa mungkin aku ingin meminimalisir pemakaian produk yang banyak mengandung bahan kimia. Menurutku BASE sangat memahami permasalahan itu. Mengenai harga menurutku cukup terjangkau karena untuk satu produknya saja bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp. 200.000, bahkan ada juga yang di bawah Rp. 100.000 mengingat produk ini berbahan baku organik dan juga vegan, bersertifikat ECOCERT pula. 

Skincare BASE cocok banget buat teman-teman yang baru mau memulai mencoba skincare, bingung dengan bahan-bahan skincare yang beragam, suka dengan skincare vegan dan organik, serta cocok bagi kalian pendukung sustainable beauty product. Kalian bisa coba Smart Skin Test nya di link ini : http://bit.ly/Amandaxbase dan pakai kode AMANDA35 biar dapat diskon 35% (minimal order Rp. 100.000)
Jangan lupa juga buat follow Instagram @itsmybase biar selalu update tentang info terbarunya. Nah gimana teman-teman, tertarik mencoba Smart Skin Test dan custom skincare kamu sendiri? Buat teman-teman yang pernah pakai BASE boleh juga dong diceritain pengalamannya di kolom komentar. Thanks for reading!

You Might Also Like

5 comment

  1. Kalau kaya gini enak ya, jadi lebih cocok dengan kulit kita. Soalnya kulit aku tuh sensitif. Salah pakai produk bisa bencana. Hicks

    BalasHapus
  2. Harus pintar memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jangan sampai salah pilih produk

    BalasHapus
  3. Unik banget deh skincare nya😍jadi penasaran pengen coba juga😍

    BalasHapus
  4. Botol keramik bikin kesannya lebih eksklusif juga ya, sesuai sama konsep personalized... Tapi memang ya itu tadi, jadinya berat.

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers Jakarta Beauty Blogger