Tips Biar Online Seller Bisa Terus Menghasilkan! Ini 4 Keuntungan COD Bagi Online Seller

Jumat, April 30, 2021

Bulan Ramadan sudah tiba. Biasanya sepanjang bulan Ramadan usaha online akan menerima banyak pesanan. Terutama yang berkaitan dengan Ramadan dan lebaran. Semenjak masa pandemi, online seller memang menarik banyak keuntungan. Dengan adanya anjuran di rumah saja, tidak sedikit orang yang beralih untuk lebih memilih belanja online, termasuk untuk kebutuhan Ramadan dan lebaran.
Teman-teman online seller pasti tentunya mengharapkan usahanya terus mendatangkan keuntungan. Salah satu cara untuk terus menambah peluang mendatangkan keuntungan lebih banyak lagi adalah dengan menawarkan fitur cash on delivery (COD) sebagai pilihan pembayarannya agar keuntungan semakin bertambah.
Cash on delivery (COD) merupakan salah satu metode pembayaran dalam transaksi belanja online di mana pembayaran dilakukan ketika barang sudah sampai di tujuan, atau bisa disebut juga dengan bayar di tempat. COD umumnya lebih disenangi oleh konsumen, karena dirasa lebih praktis dan menjamin keamanan saat berbelanja online.

4 Keuntungan COD Bagi Online Seller

COD bukan saja menguntungkan bagi para customer, tapi juga memiliki sejumlah keuntungan bagi online seller. Agar tak perlu takut untuk menawarkan fitur COD sebagai salah satu metode pembayaran, berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan online seller dengan menawarkan COD:
1. Meningkatkan omzet penjualan
Dengan menawarkan metode COD, tentunya ini merupakan kesempatan bagi online seller untuk meningkatkan omzet penjualan. Karena dengan adanya bertambahnya alternatif pembayaran, akan menarik calon pembeli baru yang memang nyaman dengan metode pembayaran ini.
2. Menambah calon pembeli baru yang tidak memiliki rekening
Dengan semakin mudahnya akses untuk belanja online, tidak sedikit anak-anak muda yang masih belum memiliki rekening, mulai terbiasa dengan konsep belanja online. Adanya fitur COD tentu akan menambah calon pembeli baru, yaitu anak-anak muda yang belum memiliki rekening. Tentunya ini akan berdampak baik pada keuntungan penjualan online seller.
3. Membangun kepercayaan
Membangun kepercayaan customer merupakan salah satu hal yang penting dalam berbisnis online. Terutama mengingat pembeli tidak dapat melihat secara langsung barang yang akan dibelinya.  Dengan adanya pembayaran COD, ini akan membantu membangun kepercayaan customer. Semakin tinggi kepercayaan mereka terhadap online shop milik kita, maka besar kemungkinan mereka akan melakukan repeat order.
4. Kesempatan rekomendasi
Ini lanjutan dari soal membangun kepercayaan customer tadi. Bila customer sudah percaya dan puas dengan online shop milik kita, tentunya dengan senang hati mereka akan terus merekomendasikan online shop kita ke kolega terdekat dan keluarganya. Lagi-lagi, ini akan mendatangkan pelanggan baru.
Kepuasaan pelanggan memang akan selalu berdampak baik pada penjualan di online shop milik kita. Biasanya harga ongkos kirim yang murah juga bisa membuat pelanggan senang. Nah, biar online shop makin menghasilkan di Ramadan ini,  JX Indonesia juga punya solusi dengan memberikan ongkir super murah lewat promo #SERBU Ramadan Berkah. Di bulan Ramadan ini, kirim paket ke mana saja cuma 6 ribu rupiah/kg. Promo ongkos kirim ini didukung dengan layanan COD, CSOD, dan free pick-up tanpa minimum jumlah paket dan tanpa dikenakan biaya tambahan lainnya lagi.
Selain ongkir yang murah, fee COD-nya pun kompetitif banget dan pencairan dananya bisa sampai 3X seminggu! Jadi, kamu tak perlu khawatir cashflow nggak lancar meski memilih metode pembayaran COD untuk customer-mu. 

Sebenarnya #SERBU Ramadan Berkah ini merupakan  kelanjutan dari promo #Serba6Ribu yang sebelumnya sudah berlangsung selama bulan Januari hingga Maret 2021 kemarin. Sama seperti sebelumnya, ini merupakan sebuah kampanye promo kirim barang seharga enam ribu rupiah untuk online seller selama bulan Ramadan dari J-Express. Diskon ongkirnya sampai 80% dari ongkir biasanya, lho! Jualannya berkah, untungnya alhamdulillah. #TemanOlshop yang ingin mendapatkan keuntungan promo ongkir ini bisa daftarkan online shop-mu di j-express.id/business-register. Promo #Serbu Ramadan Berkah berlangsung sampai akhir Mei 2021 mendatang. 
Selain #SERBU Ramadan Berkah, ada juga aktivitas di media sosial, #6RibuChallenge, yang merupakan tantangan untuk berbuat kebaikan selama bulan Ramadan dengan modal enam ribu rupiah. Tantangan melakukan kebaikan di bulan Ramadan dengan modal enam ribu rupiah yang berupa photo competition via Instagram berhadiah saldo GoPay 200 ribu rupiah untuk masing-masing 20 orang pemenang.
Tidak hanya itu, ada juga SIRAMAN Webinar, dimana bisa mendapatkan sharing ilmu di bulan Ramadan melalui rangkaian webinar online bersama J-Express dan narasumber pilihan di bidang digital marketing. Tujuan webinar ini adalah untuk memberikan pengetahuan seputar bisnis online kepada #TemanOlshop. Dan tentunya webinar ini gratis dan kamu bisa daftar di link bit.ly/JXSiramanWebinar.
Menarik banget ya, program-program J-Express ini, teman online seller pasti bakal semakin menghasilkan, deh. Ditambah dengan pengetahuan baru, usaha online pasti semakin berkembang dan semakin menguntungkan.

You Might Also Like

4 comment

  1. COD ini menarik sebenarnya. Tapi sayang sepertinya masih perlu diedukasi lagi buat para pembeli biar enggak salah paham sampai kejadian aneh-aneh kaya kemarin

    BalasHapus
  2. COD sering bgt aku pake.. enakan pake sistem COD

    BalasHapus
  3. COD, sering banget dipake bapakku buat beli2 online, tiap hari paket dateng kudu dibayar >.<

    BalasHapus
  4. Cod an tuh jadinya lebih praktis yaaa

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers