5 Tips Mendekor Rumah agar Aesthetic dan Bikin Betah Berkarya dari Rumah

Senin, November 30, 2020

Enggak terasa waktu berlalu, akhir tahun sudah tinggal hitungan hari aja. Biasanya di waktu-waktu seperti ini aku sudah sibuk menyusun agenda untuk liburan menjelang akhir tahun. Tapi karena tahun ini memang kondisinya masih di masa pandemi, rasanya lebih bijak kalau aku memilih tetap di rumah aja. Jadi alih-alih berburu tiket dan booking hotel, aku justru mau menata rumah.

Di awal masa pandemi aku tuh ngomel terus, merasa bosan harus di rumah aja. Apalagi kerjaan aku sebagai content creator sebenarnya bisa dikerjakan dimana aja, tapi ya tetap aja kok bosan ya rasanya tempat kerja aku begini-begini aja. Untung aja ibuku akhirnya ngajak untuk renovasi dan menata ulang rumah. Sebenarnya udah agak lama kami berencana renovasi rumah, tapi karena pada sibuk jadi tertunda terus. Eh ternyata justru karena banyak di rumah aja sekarang ini akhirnya rencana ini bisa terwujud. Tuh kan, selalu ada hal baik dalam setiap keadaan.

Rumah yang nyaman memang bisa bikin betah. Biasanya rumah yang nyaman itu identik dengan tertata rapih. Tapi buat aku yang penggiat konten, syarat rumah nyaman jadi bertambah yaitu: aesthetic. Biar konten yang aku buat juga semakin menarik tentunya. Suka banyak yang nanya sama aku, gimana caranya menata rumah biar aesthetic, nah kali ini aku mau berbagi tips menata rumah dan kamar kamu agar terlihat aesthetic tanpa bikin saldo tiris. Yuk disimak tipsnya :
1. Tembok bata
Bosan dengan tembok berwarna yang polos, saatnya mengubah tembok di rumah. Enggak perlu untuk keseluruhan rumah sih, bahkan enggak perlu juga satu ruangan, cukup di beberapa sisi temboknya aja. 
Sebenarnya aku ingin tembok bata ekspos, biar terlihat bergaya vintage. Tapi karena cuma renovasi tipis-tipis, agak kurang memungkinkan untuk ganti tembok jadi tembok bata. Jadi pilihan amannya adalah aku memasang wallpaper motif bata aja. Warna aku pilih pun akhirnya warna putih, biar lebih terasa lebih netral kalau aku mau memainkan warna di furniture. Atau pas aku jadikan tembok ini sebagai background buat bikin konten OOTD dengan warna-warni.
2. Tanaman hias
Menghadirkan tanaman hias di rumah, bukan aja bikin terlihat lebih segar, tapi juga mendukung konten foto dan video kamu jadi tambah cakep lho. Apalagi sekarang ini kayanya hobi tanaman hias ini lagi jadi trend ya. Mungkin bisa jadi untuk mengisi kesibukan di rumah aja.
Sebenarnya tanaman hias ini hobi ibuku sih. Ibuku lagi senang menata taman dengan tanaman-tanaman hias seperti Lidah Mertua, Aglonema, sampai Monstera. Rumah memang jadi terasa lebih sejuk dan segar sih, karena katanya tanaman dapat membantu menyerap udara kotor.
3. Kolase foto
Suka fotografi? Banyak foto-foto yang ingin dipajang? Susun aja foto-foto itu di dinding kamar kamu. Biar enggak terkesan asal tempel dan malah jadi berantakan, ada baiknya kamu buat layout terlebih dahulu. Atau bisa juga kamu menggunakan besi grid wall, pakai cork board atau pakai tali rami, biar kamu bisa ganti-ganti gambar yang ingin kamu pajang.
Sebenarnya enggak mesti foto kamu yang kamu pajang. Kamu juga bisa bikin mood board. Kalau aku sih, sudah tentu memajang foto idolaku aku, biar aku semangat terus. Bukan sekadar jadi pemanis background foto.
4. Rak
Kadang aku merasa yang bikin enggak betah itu karena kamar aku agak berantakan. Barang-barang aku tuh banyak banget soalnya, apalagi koleksi album Kpop aku. Kalian ada yang sama punya banyak barang kaya aku juga gini? Kalau ada, aku sudah tahu nih solusinya.
Tata aja barang-barang di rak. Susun yang rapih. Kamar terlihat lebih rapih dan luas jadinya. Sekarang ini sudah banyak kok rak dengan beragam varian harga, belinya juga mudah kok, bisa secara online. Mumpung akan libur akhir tahun nih, ayo pada rapih-rapih rumah, atau minimal kamar kamu deh. Biar semangat lagi menyambut tahun baru nanti.
5. Sarung sofa dan sarung bantal

Bosan dengan sofa di rumah? Solusinya enggak harus dengan ganti sofa baru kok. Kamu cukup mengganti sarung sofa dan sarung bantalnya saja. Kamu juga bisa menambah beberapa bantal sofa baru dengan ukuran yang berbeda. Pilih sarung bantal dengan motif nordic, biar kekinian. Jadi saat kamu butuh buat konten di sofa terlihat aesthetic.

Nah, itu sih beberapa tips dari aku untuk menata rumah atau kamar kamu biar tampak aesthetic. Kalian ada tips lagi enggak buat aku? Kasih tahu di kolom komentar ya.

You Might Also Like

2 comment

  1. Tanaman hias sama kolam/akuarium kalo buat dekor rumah bakal jadi lebih adem and sejuk kak

    BalasHapus
  2. Lukisan juga bisa menjadi opsi ya, kalau buat yang tidak bisa merawat tanaman hias

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers