Syarat Dan Langkah Mendaftar Kuliah

Rabu, Oktober 07, 2020

Ketika telah selesai menempuh pendidikan menengah atas, kamu akan diberi dua pilihan yang cukup klasik namun relatif membingungkan. Kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau bekerja dan menghasilkan uang secara mandiri. Sejauh ini kedua pilihan tersebut angkanya masih sama yakni jumlah anak-anak lulusan SMA yang memilih berkuliah atau bekerja masih sama jumlahnya. Jika kamu masuk ke dalam mereka yang memutuskan untuk berkuliah maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan yakni tempat kamu kuliah nanti. Kamu harus menentukan dimana kamu akan berkuliah. Saat ini sudah banyak universitas negeri atau swasta yang memiliki kualitas bagus. Informasi seputar berbagai universitas juga sudah semakin mudah kamu dapatkan. goKampus menjadi salah satu web yang dapat kamu akses untuk mendapatkan informasi seputar berbagai kampus baik itu mulai dari sejarah kampusnya atau bahkan seputar kebiasaan para mahasiswanya. Informasi tersebut berguna untuk kamu ketika nantinya sudah masuk dan berkuliah di tempat tersebut.


Syarat Pendaftaran Kuliah

Langkah awal ketika kamu hendak kuliah adalah melakukan pendaftaran. Saat ini pendaftaran dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu lagi mendatangi langsung kampus tersebut. Tentu hal ini semakin mempermudah para calon mahasiswa dalam mendaftar kuliah. Dalam melakukan daftar kuliah online mahasiswa baru terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi dan terdapat langkah serta tata cara yang harus kamu ikuti dengan seksama. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya :

1. Surat Keterangan Lulus atau Ijazah

Surat ini menjadi syarat wajib yang harus ada ketika kamu akan mendaftar kuliah. Adanya surat keterangan lulus atau ijazah membuktikan bahwa kamu memang benar-benar telah menamatkan pendidikan menengah atas atau sederajat.

2. Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran biasanya sudah disediakan oleh pihak kampus kamu cukup mengisi form tersebut dan biasanya harus dilengkapi dengan pas foto formal.

3. Bukti Pembayaran Pendaftaran

Bukti pembayaran pendaftaran juga menjadi syarat berikutnya. Kamu harus membayar biaya pendaftaran dan nantinya kuitansi atau bukti pembayaran yang didapatkan harus diikut sertakan dalam proses pendaftaran.


Langkah-Langkah Mendaftar Kuliah

Setelah semua syarat dipenuhi maka tahapan berikutnya yakni Anda harus mengikuti beberapa langkah untuk mendaftar kuliah. Pada umumnya proses pendaftaran kuliah di awali dengan mengisi formulir pendaftaran. Formulir tersebut dapat diisikan secara online di website masing-masing kampus. Pada formulir tersebut kamu akan diminta untuk mengunggah berkas penting seperti surat keterangan lulus ataupun ijazah.

Setelah formulir pendaftaran diisi maka tahapan berikutnya kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran dengan nomor peserta yang sudah kamu dapatkan. Setelah selesai melakukan pembayaran biasanya sistem akan secara otomatis melakukan verifikasi yang menunjukkan kamu sudah menyelesaikan pembayaran. Namun jika tidak ter verifikasi otomatis maka biasanya kamu akan diminta untuk mengunggah bukti pembayaran.

Setelah semua langkah dilakukan, maka kamu akan mendapatkan kartu peserta. Kartu ini diperlukan untuk seleksi masuk. Jika seleksi dilakukan melalui tes maka kartu ini harus dibawa saat tes berlangsung. Namun jika seleksi dilakukan menggunakan nilai, maka kartu ini berguna untuk registrasi jika nantinya kamu dinyatakan lolos seleksi. Umumnya langkah pendaftaran kuliah dimana saja seperti itu tak terkecuali pendaftaran mahasiswa baru President University. Mungkin tidak 100% sama, namun secara garis besar langkah-langkah pendaftaran kuliah seperti yang sudah dijelaskan.


You Might Also Like

0 comment

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers