5 Cara Merawat Gigi Berbehel yang Harus Kamu Ketahui

Jumat, Juli 24, 2020


 “Mand, gigi elo bandel ya? Dikerangkeng gitu.”
“Manda, ngerawat gigi pake behel gitu rempong enggak sih?”
“Mand, itu berapa lama sih harus pakai kawat gigi? Sakit enggak? Terus nanti ngebersihinnya gimana? Terus makan jadi susah enggak sih?”

Teman-teman aku tuh pada perhatian banget sih sama gigi aku ini. Kadang aku pengen ketawa sendiri sih sama komen-komen mereka kalau udah ngeledekin behel aku ini. Memang pada kebiasaan tuh, ngeledekin gigi yang pakai behel katanya karena bandel, padahal ini kan justru demi nantinya penampilan aku semakin paripurna ketika tersenyum. Bukan karena ingin gaya-gayaan tapi memang ada beberapa gigi aku yang harus perlu dibereskan dengan behel. Hmm... Awas aja tuh yang suka ngeledekin nanti bakal hanyut terbuai sama senyum aku kalau sudah lepas behel. Hehehe….

Jarang-jarang aku bahas soal kesehatan, apalagi soal gigi aku. Tapi karena banyak yang suka kepo ingin tahu soal cara aku merawat gigi, kali ini aku bikin deh tulisan tentang cara merawat gigi yang menggunakan behel (kawat gigi). Biar menuntaskan rasa penasaran kalian, plus bermanfaat bagi yang baru-baru pakai behel, atau baru mau pakai behel.

Sumber : freepik.com
Memang sih harus aku akui, merawat gigi yang memakai behel seperti aku ini enggak semudah merawat gigi pada umumnya. Gampang-gampang susah. Sedikit ribet. Tapi demi masa depan penampilan yang semakin paripurna dan juga kenyamanan saat makan, memang harus aku lakukan. Jadi bagaimana cara merawat gigi pakai behel, ini tipsnya :

1.    Sikat gigi
Yang enggak pakai behel juga pastinya tetap harus sikat gigi sehari dua kali sih. Enggak jauh beda. Tapi, bagi yang pakai behel seperti aku disarankan untuk menggunakan sikat gigi khusus ortho. Pakai behel gini, menyikat gigi jadi lebih sulit, makanya butuh sikat gigi yang kecil dan bulu sikatnya halus. Untuk pasta giginya disarankan yang mengandung flouride. Gunanya untuk mencegah pengeroposan gigi, serta mencegah gigi menguning.

Cara menyikatnya, untuk gigi bagian atas, gigi disikat dengan gerakan dari atas ke bawah. Sementara untuk gigi bagian bawah, gigi disikat dengan gerakan dari bawah ke atas. Sela-sela behel juga harus disikat untuk membersihkan sisa makanan yang menyangkut di sana.

2.    Menggunakan dental floss
Makanan nyangkut-nyangkut di sela-sela gigi akibat pakai behel? Oh, itu sering sekali terjadi. Makanya aku selalu siaga dental floss buat membersihkan makanan di sela-sela gigi. Memastikan gigi bersih dari sisa-sisa makanan ini penting banget, bukan untuk menjaga kebersihan gigi aja, tapi juga untuk menghindari plak dan karang gigi. Karena kalau pakai behel, karang gigi jadi lebih mudah terbentuk kalau tidak dibersihkan secara menyeluruh.
Sumber : depositphotos.com
Bingung cara menggunakan dental floss? Sini aku kasih tahu cara penggunaannya :
- Pastikan benangnya cukup panjang, jangan pelit. Biasanya aku pakai sekitar 50 cm. Salah satu ujung benangnya dililitkan pada ujung jari telunjuk.
- Sebaiknya kamu melakukan flossing gigi di depan cermin, biar kamu lebih mudah melihat langsung dibagian mana yang harus dibersihkan.
- Masukkan benang diantara gigi dan behel.
- Tekan benang di antara sela-sela gigi, lakukan gerakan naik turun.
- Keluarkan benang secara perlahan dari sela-sela gigi.
- Lakukan untuk sela gigi berikutnya.

Mudah bukan? Enggak sakit dan repot kok. Hanya memang, membersihkan gigi jadi memakan waktu lebih lama saja daripada orang yang enggak pakai behel.

3.    Makanan yang harus dihindari
Ada beberapa makanan yang harus aku hindari semenjak aku pakai behel. Makanan yang teksturnya keras sebisa mungkin aku hindari. Dari pada nanti malah repot. Kalau pun terpaksa, biasanya aku potong kecil-kecil dulu. Tapi kalau makanan yang lengket sudah pasti aku akan menolak deh. 

Selain makanan yang keras dan lengket, sebenarnya bagi yang menggunakan behel juga disarankan untuk mengurangi makanan dan minuman yang manis-manis. Karena makanan dan minuman yang manis ini biasanya mengandung zat-zat yang bisa mengundang bakteri dan bikin mulut terasa asam yang nantinya jadi plak di sela-sela gigi. 

4.    Rutin ke dokter gigi
Kalau pakai behel bakal harus lebih rajin kontrol ke dokter gigi. Minimal sebulan sekali untuk memantau perkembangan gigi. Kontrol bulanan ini biasanya untuk mengganti karet behel dan melihat sudah sejauh mana tahapan penggeseran gigi.

Tapi enggak jarang aku harus mendadak juga ke dokter gigi, di luar jadwal kontrol. Ini case khusus kalau tiba-tiba merasa enggak nyaman atau sakit gigi dadakan ya. Biasanya jangan ditunda, dan cepat ditangani. Seperti beberapa waktu lalu aku mendadak merasa sakit gigi di saat aku sedang berada di sebuah event unntuk melakukan liputanUntung saja lokasinya enggak jauh dari Klinik BIC Pacific Place. Aku cek di sana ada poliklinik gigi. Jadi saat masih acara, aku pun langsung mendaftar janji dokter via aplikasi Halodoc. 

Sudah punya aplikasi Halodoc di handphone kalian kan ya? Ini tuh memudahkan banget untuk urusan kesehatan. Bukan hanya untuk daftar dokter lho, tapi juga bisa konsultasi online dengan dokter, beli obat online, pemeriksaan laboratorium, fitur upload resep, catatan kesehatan, pengingat dan artikel kesehatan, bahkan sekarang sudah bisa daftar untuk rapid test via Halodoc ini. Praktis ya? Pakai asuransi atau BPJS juga tetap bisa melakukan pendaftaran dokter. 

Sumber : Halodoc

5.    Lakukan perawatan alami
Selain melakukan hal-hal yang sudah aku sebutkan tadi, aku juga melakukan perawatan alami untuk menjaga kebersihan gigi. Brokoli, daun selada, dan bayam itu bisa membantu menyingkirkan noda pada gigi lho. Makanya kalau yang suka lihat aku lagi makan sayur-sayur ini, bukan semata-mata aku makan sayur karena suka dan biar sehat aja, tapi juga biar gigiku lebih bersih.
Sumber : freepik.com

Susah-susah gampang bukan melakukan perawatan gigi dengan behel ini? Belum lagi harganya memang cukup mahal. Tapi sepadan kok sama hasilnya. Makanya, kalau kamu ingin memakai behel, coba pastikan dulu benar-benar perlu atau sekadar gaya? 

You Might Also Like

1 comment

  1. Sikat gigi memang wajib bangeet ya, tapi kalo pake behel sikat giginya khusus, apa tadi namanya ortho ya, aku baru tau

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers