Yuk, Lengkapi 6 Perlengkapan Wajib Ini Agar Aktivitas Sepeda Gunung Kamu jadi Lebih Aman dan Nyaman!

Jumat, Desember 27, 2019

Sumber : pinterest.com

Bersepeda di sekitar halaman rumah tentunya tidak memerlukan banyak persiapan. Tapi lain halnya jika kamu bersepeda di gunung. Karena kamu akan menjelajahi medan yang cukup ekstrim. Sehingga kamu dituntut untuk menyiapkan segala persiapan yang lebih ketimbang bersepeda pada biasanya. Disana, kamu akan dihadapi oleh tantangan yang sangat berat, mulai dari jalanan yang setapak pada daerah perbukitan, hutan hingga area pegunungan.
Dengan tantangan seperti ini, bukan tidak mungkin jika sepeda kamu akan mengalami kerusakan serta resiko cedera pada pengemudi. Maka dari itu, baik touring maupun sendiri, kamu perlu menyiapkan stamina yang extra dan perlengkapan yang lengkap. Nah, agar kamu lebih mudah mempersiapkan hal tersebut, ada baiknya kamu simak deretan perlengkapan sepeda gunung dibawah ini biar aktivitas bersepeda gunung kamu jadi lebih aman dan nyaman.
1.    Toolkit Set

Sumber : pinterest.com
Toolkit yang baik umumnya sudah lengkapi dengan perlengkapan multifungsi, mulai dari kunci, obeng, tang, perlengkapan pompa tangan, perlengkapan tambal ban dan perangkat lainnya yang digunakan untuk keadaan darurat. Dengan hadirnya perlengkapan satu ini tentunya akan memudahkan kamu jika ada sesuatu yang terjadi saat sedang bersepeda di bukit atau pegunungan yang melintasi medan ekstrim. Biasanya toolkit set ini didesain dengan ukuran tidak terlalu besar dan ringan dibawa. Disarankan para pesepeda gunung untuk selalu membawa perlengkapan satu ini saat akan melakukan aktivitas bersepeda.
2.    Sarung Tangan 
Sumber : pinterest.com
Sarung tangan ini tentunya sangat disarankan untuk digunakan para pesepeda gunung. Karena ini dapat mengurangi rasa getaran akibat medan yang ekstrim. Dengan kamu menggunakan sarung tangan selama bersepeda, maka kamu tidak akan mudah merasa lelah meski sudah bersepeda selama berjam-jam. Umumnya sarung tangan khusus pesepeda didesain dengan bantalan busa yang terdapat gel. Karena ini bisa meredamkan getaran serta sangat nyaman dipakai. Selain itu, sarung tangan juga berguna untuk membantu melindungi telapak tangan kamu terhadap goresan pada batuan keras saat terjatuh.
3.    Jersey dan Celana Khusus Pesepeda
Sumber : pinterest.com
Baju yang digunakan para pesepeda gunung tentunya tidak boleh sembarangan dan harus mempunyai desain khusus. Pasalnya, mereka akan memakan banyak waktu serta pergerakan selama bersepeda. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan jersey sepeda dan celana khusus olahraga. Bahan yang bagus juga harus dapat menyerap keringat dengan sangat efektif. Selain itu, pada materialnya juga terbilang cukup ketat dan mempunyai elastisitas tinggi.
4.    Helm
Sumber : pinterest.com
Bukan hanya para pengendara sepeda motor saja yang diwajibkan menggunakan helm, para pesepeda juga diharuskan memakai helm saat berkendara, terutama bersepeda di gunung. Ini tentunya tidak kalah bahayanya jika terjatuh. Apalagi jalan di gunung terbilang cukup banyak bebatuan yang sangat bahaya jika kepala terbentur saat terjatuh. Oleh karena itu, menggunakan helm saat bersepeda juga sangat dianjurkan untuk melindungi kepala kamu dari risiko cedera. Sudah tersedia banyak helm khusus pesepeda yang bisa kamu temui di toko jual sepeda atau secara online.
5.    Kacamata Olahraga
Sumber : pinterest.com
Menggunakan kacamata olahraga saat bersepeda gunung juga sangat disarankan. Karena ini bisa melindungi mata kamu dari debu dan serpihan-serpihan batu yang bisa masuk kedalam mata kamu. Sehingga penglihatan kamu pun tidak akan terganggu selama bersepeda di gunung. Biasanya kacamata olahraga telah didesain khusus dengan kaca anti bentur dan bingkai tebal. Jadi tidak akan mudah rusak saat melindungi mata kita.
6.    Bottle Holder
Sumber : pinterest.com
Perlengkapan satu ini juga tidak kalah pentingnya. Ketika sedang seru-serunya bersepeda di gunung tentunya kamu harus memastikan tubuh kamu tidak kekurangan asupan cairan. Nah, dengan bottle holder ini, kamu tidak akan repot-repot memegang botol minuman selama di perjalanan. Kamu hanya tinggal memasang bottle holder ini pada bagian frame sepeda milikmu. Jadi kamu tinggal mengandalkan perlengkapan satu ini untuk menyimpan botol minum. Ini tentunya akan memudahkan kamu jika haus di tengah jalan. Sehingga kamu tidak perlu lagi mampir-mampir ke warung terdekat untuk membeli minuman dan akan menghemat pengeluaran kamu.
Perlengkapan-perlengkapan sepeda yang sudah dijelaskan di atas tentunya bisa mendukung aktivitas kamu selama bersepeda di gunung. Harga yang dimilikinya pun sangat bervariasi. Jadi sesuaikan dengan budget yang kamu punya, ya!

You Might Also Like

0 comment

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers