Belanja Heboh ala Toko Online di Pasar idEA

Jumat, Agustus 16, 2019

Zaman sekarang siapa sih yang enggak terbiasa dengan belanja online? Pasti sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama Jakarta sudah akrab dan sering sekali melakukan kegiatan belanja online. Enggak bisa dipungkiri sebagai orang yang doyan shopping aku juga termasuk salah satunya yang sering melakukan kegiatan belanja online. Cuma tinggal pilih barangnya di toko online lewat handphone kita, bayar lewat ATM ataupun dengan uang elektronik dan menunggu barang dikirimkan langsung ke rumah. Kegiatan belanja memang sangat menyenangkan apalagi jika ditambah dengan diskon besar atau promo menarik sehingga kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah. 

Barang-barang yang sering aku beli di toko online biasanya adalah produk fashion seperti baju, tas bahkan sandal sepatu. Karena di toko online banyak sekali produk fashion yang unik dan kece, bahkan sering enggak ada dijual di toko offline. Sekarang pun semakin menjamur produk-produk lokal dari para UMKM. Produk lokal ini enggak kalah dengan produk buatan luar negeri lho, istilahnya "produk lokal rasa global". Para UMKM juga sudah banyak yang merambah di bisnis e-commerce.

Lalu gimana ya kalau produk-produk yang biasanya ada di e-commerce online bisa kita beli juga secara offline? Naah aku akan cerita keseruanku belanja di event Pasar idEA yang diselenggarakan di JCC - Senayan, Jakarta. Apa sih Pasar idEA itu?


Saat Penjual dan Pembeli Dunia Maya Bertemu di Pasar idEA

Pasar idEA merupakan Festival Belanja Online to Offline pertama dan terbesar di Indonesia yang diadakan di JCC - Senayan. Pasar idEA adalah hasil kerjasama antara Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan PT. Traya Eksibisi International (Traya Indonesia). Acara Pasar idEA menjadi ajang bertemunya para pelaku industri e-commerce dan konsumen. Produk-produk dan top seller dari e-commerce seperti Tokopedia dan Blibli ditampilkan di acara ini. Para konsumen akan merasakan pengalaman berbelanja e-commerce 360O dalam satu atap dan diharapkan bisa lebih memupuk rasa kepercayaan konsumen untuk terus berbelanja online dengan aman.

Pasar idEA juga akan mendorong pertumbuhan industri UMKM guna mendorong laju sektor ekonomi digital. Pasar idEA yang bersama dengan UMKM bisa memberi dampak positif dalam mengantisipasi isu serbuan produk asing di industri e-commerce. Pasar idEA berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Agustus 2019 di Hall A dan B JCC - Senayan.


Kebetulan aku juga hadir di Pasar idEA pada hari pertama saat pembukaan dan konferensi pers. Menurut penjelasan Bapak Ignatius Untung selaku ketua idEA, tidak adanya target penjualan karena ini merupakan event edukasi. Targetnya berupa pengunjung sebanyak 120 ribu selama acara. Target itu optimis akan tercapai mengingat Tokopedia juga sedang berulang tahun ke-11.

Visi pemerintah pada 2020, Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan memfokuskan pengembangan ekonomi digital berbasis lokal, yakni akselerasi UMKM dan bisnis rintisan (startup). Sektor UMKM sebagai pilar ekonomi kreatif harus mendapatkan perhatian lebih agar mereka mampu mengambil peran dalam perdagangan global melalui e-commerce.

Di acara ini menghadirkan sekitar 250 peserta yang terdiri dari para unicorn, usaha e-commerce, perusahaan logistik dan pengiriman, serta UMKM dengan produk lokal yang terkurasi di area khusus LokalGood. Beragam promo-promo menarik dan spesial untuk belanja multi produk juga banyak ditawarkan di Pasar idEA.

Tidak hanya kegiatan berbelanja, ada juga kegiatan atraktif seperti games, sesi talkshow dan workshop dengan para pembuat kebijakan, industry leaders dan peserta dari UMKM. Selain itu ada juga loyalty program sehingga dapat memperkuat hubungan untuk membangun kepercayaan dan terciptanya customer engagement.





Belanja Heboh dan Seru di Pasar idEA

Aku dan beberapa teman semakin semangat dan heboh dalam berburu belanjaan. Memang ya belanja rame-rame itu asik. Bisa saling diskusi dalam menentukan pilihan, soalnya aku termasuk orang yang kadang suka bingung sendiri kalau belanja sendirian. Bingung menentukan pilihan barang padahal sudah bolak-balik dicoba. Hehe. Alhasil kemarin kami heboh sekali keliling-keliling di Pasar idEA dan mampir dari satu stand ke stand yang lainnya.




Ada yang membeli makanan dan minuman, berburu kain etnik, belanja baju sampai tiket murah di Blibli Travel Fest. Kalau aku sih semangat untuk cari produk-produk fashion karena lagi kepengen beli kemeja bermotif untuk liburan ke pantai dan celana pendek. Lumayan diskonnya, kemeja yang sebelumnya aku lihat di Tokopedia seharga Rp. 370.000 tapi ada di Pasar idEA seharga Rp. 110.000 saja. Selain itu kita juga bisa ikutan berfoto di stand Tokopedia yang ada di depan dan langsung dapat voucher diskon 90%. Senangnyaaa....

Di deretan seller Food & Beverages, kami mampir ke stand Snack Hamtari yaitu kuaci yang sudah dikupas, Cilok Pedas, minuman Sari Lemon lalu juga Vita Pudding.

Di booth Blibli Travel Fest juga ada banyak penawaran menarik untuk traveling seperti Disneyland Hongkong Resort, tiket pesawat dan hotel.







Setelah menyusuri lorong-lorong yang di kiri kanannya berjajar produk-produk lokal yang dipajang, langkah kami terhenti karena Mbak Dian mampir ke deretan kain-kain etnik seperti kain Sumba, Toraja, Batik dan lainnya. Pecinta kain etnik seperti Mbak Dian sudah pastinya enggak melewatkan diskon ini. Bayangkan saja, harga scarf etnik dari Rp. 80.000 diskon jadi Rp. 30.000 dan blanket dibanderol Rp. 150.000 saja.


Di dekat penjual kain etnik ada tas-tas bermotif. Aku tertarik dengan tas kanvas serta tempat tisu handmade bermotif lucu. Semua motifnya lucu-lucu dan bahannya pun berkualitas. Aku sampai bingung memilih.

Di Pasar idEA juga ada stand Kopi lokal milik putra Presiden, Mas Kaesang lho. Kopi yang bernama Ternakopi ini hanya bisa dibeli melalui aplikasi pengiriman makanan online. Makanya begitu tahu ada di Pasar idEA aku langsung beli dan mencobanya. Cuma seharga Rp. 20.000 per botol kita sudah bisa menikmati kopi enak ini.



Masih banyak lagi stand dari pelaku bisnis e-commerce yang hadir di Pasar idEA, jadi lebih baik kamu datang langsung ke sana mumpung acaranya masih berlangsung hingga tanggal 18 Agustus 2019. Tiket masuk ke acara ini hanya Rp. 35.000.

Dengan adanya acara Pasar idEA ini diharapkan ke depannya, UMKM dapat terus memiliki peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, baik dalam penyerapan tenaga kerja hingga penyumbang devisa. Jadi udah siap main ke Pasar idEA kan? Ajak keluarga dan teman-teman juga yaaa.


You Might Also Like

2 comment

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers