Mewujudkan Kulit Sehat dengan Healthy Habits With Bio-Oil

Kamis, Maret 07, 2019

Siapa bilang wanita yang belum memiliki anak sudah pasti akan terhindar dari stretch marks? Ya, aku salah satunya. Tidak perlu malu mengakui bahwa aku mempunyai stretch marks (garis-garis atau guratan halus yang terbentuk akibat peregangan kulit) di bagian paha. Dulu waktu remaja, aku termasuk bertubuh kurus tapi lama-kelamaan beberapa bagian tubuhku mulai membesar dan berlemak, terutama bagian paha. Itulah yang menjadi salah satu faktor terjadinya peregangan kulit atau stretch marks tersebut. Walaupun tidak berbahaya, tetap saja kehadiran guratan halus itu mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Apalagi guratan halus tersebut berwarna putih dengan garis-garis yang bentuknya tidak ada bagus-bagusnya sama sekali. Terlihat seperti kumpulan lemak dan ah... pokoknya tidak enak dilihat.

Sampai akhirnya, sekitar dua tahun yang lalu aku menemukan info di sosial media mengenai minyak spesialis perawatan kulit yang bernama Bio-Oil. Katanya sih minyak Bio-Oil tersebut bisa membantu mengurangi stretch marks. Akhirnya aku iseng membeli yang ukuran 60 ml dan mencobanya untuk mengatasi stretch marks yang ada di bagian paha.

Bicara tentang Bio-Oil, beberapa hari yang lalu aku diundang oleh Beautynesia untuk menghadiri acara Gathering "Begin Your Healthy Habits with Bio-Oil" di Restoran Lalla, Four Seasons Hotel Jakarta. I'm so excited karena aku memang pengguna Bio-Oil sejak lama. Dan di acara tersebut pastinya akan banyak ilmu dan informasi yang bermanfaat mengenai kesehatan dan kecantikan kulit.




Dekorasi warna white & orange menyambut para beauty blogger dan beauty influencer yang hadir hari Jumat tanggal 22 Februari 2019 kemarin. Sebelum acara dimulai, kami dipersilakan untuk makan siang dan bermain games kecil yaitu crossword seputar dunia kecantikan dan Bio-Oil. Kertas ini nantinya akan dikumpulkan dan yang bisa menjawab dengan baik dan benar bisa dapat hadiah loh. Hmm... Tapi sepertinya aku enggak yakin sih bakalan menang karena ada satu kolom yang belum terisi sedangkan waktunya sudah habis.



Setelah acara dibuka oleh MC, sesi talkshow dan sharing session bersama narasumber dimulai. Narasumber yang hadir adalah ahli dermatologi, dr. Heru Nugraha, SP. KK, beauty influencer sekaligus artis Ayu Hastari serta Nurhayatini selaku Product Manager dari Bio-Oil.

Sebagai seorang ibu, kak Ayu Hastari juga enggak luput dari permasalahan stretch marks loh. Pada masa kehamilan, stretch marks bisa muncul di sekitar perut bahkan juga di bagian tubuh lainnya. Karena kulit pun menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terus menerus dari tubuh. Kak Ayu berbagi pengalaman selama masa kehamilan dan melahirkan serta berbagi testimoni tentang penggunaan Bio-Oil. Ternyata kak Ayu sudah pakai Bio-Oil dari sebelum punya anak, dan berawal dari diberi info oleh salah satu temannya yang membawakan Bio-Oil dari luar negeri. Makanya sebelum hamil, kak Ayu memang sudah mempersiapkan diri dengan Bio-Oil.

What's Healthy Skin?


Ahli dermatologi, dr. Heru Nugraha, SP. KK menjelaskan mengenai kesehatan kulit. Sebenarnya apa sih definisi kulit sehat itu? Apakah kulit sehat adalah kulit yang glowing, flawless atau awet muda? Ternyata jawabannya sederhana. Kulit sehat adalah kulit yang terbebas dari masalah kulit. Masalah kulit tersebut seperti  jerawat, bekas jerawat, kulit kusam, penuaan, flek hitam dan bekas luka. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan kulit yang terjadi yaitu dengan menggunakan produk-produk atau skincare yang sesuai dengan tipe kulit kita. Tapi sebelum menentukan dan mencoba sebuah produk, ada baiknya kita mengetahui dulu tipe kulit kita seperti apa.

Tipe-tipe kulit merupakan bawaan sejak lahir. Tipe kulit wajah bisa dibagi menjadi 4 tipe, yaitu kering, berminyak, kombinasi dan normal. dr. Heru Nugraha, SP. KK juga berbagi info bagaimana cara mengidentifikasikan tipe kulit kita.


dr. Heru menyampaikan bahwa pemakaian skincare saja tidaklah cukup untuk mendapatkan kulit yang sehat. Kita juga tidak boleh melupakan bagian kulit lainnya dan hanya fokus merawat kulit wajah saja. Maka dari itu dr. Heru akan berbagi tips bagaimana mendapatkan kulit yang sehat, diantaranya adalah memberikan nutrisi yang baik untuk kulit kita (nutrisi Vitamin A dan E melalui asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi), selalu menggunakan sun protection dan moisturizer, melakukan diet yang seimbang, minum air yang cukup, melakukan exercise atau olahraga yang cukup namun rutin serta menjaga pola tidur (tidak boleh kurang tidur atau kelebihan).

Tips sederhana dari dr. Heru ini juga bisa kita terapkan, secara daily, weekly dan monthly


Healthy Habits for Skin


Sebelum memberikan penjelasan mengenai Bio-Oil, Mbak Nurhayatini memberikan sedikit penjelasan mengenai Healthy Habits yang bisa membantu mencegah dan atasi permasalahan kulit.
1. Membersihkan kulit secara rutin terutama setelah bepergian dari luar.
2. Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
3. Memberikan asupan nutrisi pada kulit yang berguna untuk melembabkan dan menghaluskan kulit.

4. Menggunakan produk spesialis perawatan kulit dengan kandungan yang baik untuk meregenerasi, meningkatkan elastisitas dan tampilan kulit bermasalah.

Kebaikan Produk Bio-Oil sebagai Spesialis Perawatan Kulit

Seperti yang sudah aku singgung di awal artikel bahwa aku mengenal dan menggunakan produk Bio-Oil dari dua tahun yang lalu. Tapi aku cuma mengetahui sekilas saja mengenai manfaat serta kandungan yang terdapat dalam Bio-Oil.

Setelah dijelaskan secara lengkap oleh Mbak Nurhayatini, atau yang akrab disapa Mbak Tini selaku Product Manager dari Bio-Oil, aku jadi lebih mengetahui mengenai salah satu produk kesayanganku ini. Sekalian juga akan aku bagikan kepada teman-teman pembaca yang mungkin belum mengetahui produk Bio-Oil.


Bio-Oil merupakan spesialis produk perawatan kulit yang berasal dari Afrika Selatan dan sudah dipasarkan secara global sejak tahun 2002. Bio-Oil sudah teruji secara klinis dan sudah mendapatkan 349 penghargaan internasional. Bio-Oil mempunyai banyak manfaat untuk perawatan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. 

  • Memberikan nutrisi pada kulit rambut serta mengatasi rambut bercabang dan kering.
  • Membantu menyamarkan bekas luka baru maupun lama.
  • Membantu mengurangi pembentukan stretch marks selama masa kehamilan.
  • Membantu mengurangi pembentukan stretch marks pada remaja dan kenaikan berat badan.
  • Membantu menyamarkan stretch marks.
  • Membantu mengatasi warna kulit yang tidak merata.
  • Membantu merawat tanda penuaan kulit serta kerutan.
  • Membantu mengatasi kulit kering akibat cuaca ekstrim, terlalu sering berendam dan akibat pemanas atau AC.
Bio-Oil biasa disebut sebagai 'dry oil'. Walaupun sifatnya minyak tapi Bio-Oil dapat menyerap cepat dan tidak menimbulkan rasa lengket sebab Bio-Oil mengandung bahan unggul PurCellin Oil™. Bahan utama yang terkandung dalam Bio-Oil antara lain :

  • Vitamin A : membantu peremajaan kulit, merawat elastisitas, tekstur dan warna kulit.
  • Vitamin E : sebagai antioksidan yang membantu membuat kulit lembut, halus dan kenyal.
  • Minyak Kalendula : merawat kulit sensitif atau terbakar sinar matahari.
  • Minyak Lavender : menyejukkan dan menenangkan kulit.
  • Minyak Rosemary : sebagai antiseptik dan membantu menyegarkan, menenangkan dan menyejukkan kulit. 
  • Minyak Kamomil : bermanfaat untuk kulit sensitif dan membantu menenangkan kulit.
Bio-Oil bisa digunakan dua kali sehari setelah selesai mandi selama minimal 3 bulan pemakaian. Cara menggunakan Bio-Oil yang benar adalah tuangkan dahulu Bio-Oil pada punggung tangan lalu kemudian aplikasikan pada kulit yang bermasalah dengan melakukan pijatan lembut searah jarum jam hingga meresap ke dalam kulit.

Bio-Oil tersedia dalam 4 ukuran yaitu 25ml (travel size), 60ml (me time), 125 ml (family), dan 200ml (family and friends).

beautynesia x bio-oil

Jujur aku juga baru tahu kalau ternyata Bio-Oil bisa juga untuk mengatasi permasalahan pada rambut karena selama ini aku hanya fokus menggunakannya untuk stretch marks pada kulit saja. Mbak Tini juga membagikan DIY untuk melengkapi perawatan kulit seperti masker rambut, masker wajah serta rendaman untuk tangan dan kaki. I'm so happy karena bisa dipraktekkan sendiri di rumah.



Setelah sesi talkshow dan sharing session selesai, ada juga sesi QnA, sesi review penggunaan Bio-Oil, sesi workshop crochet (merajut), Instagram story competition, serta games yang dilakukan secara berkelompok untuk para beauty blogger dan beauty influencer yang hadir. Seru sekali!



Honest Review Penggunaan Bio-Oil

Produk Bio-Oil yang aku gunakan sehari-hari adalah ukuran 25ml dan 60ml. Selama ini aku menggunakannya untuk mengatasi stretch marks yang ada di bagian paha. Memang stretch marks nya terlihat sudah berkurang. Kadang aku juga menjadikan Bio-Oil sebagai face oil, tujuannya untuk membantu menyamarkan bekas jerawat yang memang banyak sekali di wajah. Tapi untuk bekas jerawat ini sepertinya masih belum banyak memberikan hasil yang signifikan. Mungkin karena aku kurang rutin memakainya di wajah. Huhuhu.

Yang aku suka dari Bio-Oil ini adalah cepat meresap pada kulit walaupun sifatnya adalah minyak, selain itu tidak menimbulkan jerawat atau komedo sedangkan kulit wajahku adalah oily serta acne prone.

Selain itu, aku juga menggunakan Bio-Oil jika kulitku terasa sangat kering. Apalagi kulit bagian kaki yang cenderung sangat kering karena aku hampir 24 jam berada di ruangan AC. Karena aku baru tahu kalau Bio-Oil juga bisa digunakan untuk merawat rambut, so... next time aku akan praktekkan DIY masker rambut yang baru saja aku dapat dari Mbak Tini saat talkshow.

Semoga sharing kali ini bermanfaat yaa buat manteman pembaca. Anyway... buat manteman yang sudah pakai Bio-Oil, tetap harus rutin yang pakainya karena akan percuma juga kita menginginkan perubahan yang signifikan kalau kita sendiri tidak komitmen rutin memakainya. Reminder juga nih buat diriku sendiri. Hehehe.

Dan buat manteman yang belum coba Bio-Oil, yakin niih enggak mau mencoba produk sebagus ini?

begin your healthy habits with bio-oil

You Might Also Like

18 comment

  1. bio oil 😍😍 penasaran banget pengen nyoba bio oil ini, soalnya multifungsi banget..
    btw, acaranya seru banget ya kak..
    sayang gak ikutan acaranya huhu

    BalasHapus
  2. ini tuh beneran bisa buat apa aja ya? penasaran pengen pake soalnya, udah sering baca baca reviewnya tapi masih suka maju mundur nih hihi
    btw acaranya seru banget ya pasti <3

    BalasHapus
  3. si bio oil ini trnyta bnyk bgt manfaatnya. ak jg pny strech mark😭 bisa dijadiin face oil jg, pngn coba jadinya

    BalasHapus
  4. outfit kamu bagus banget sih, cocok sama bio oil, putih orange gitu :) btw dl aku pakai bio oil ini sampai nitip2 temen yang ke luar, soalnya blom masuk indo loh

    BalasHapus
  5. Aku udah sempet liat di beberapa tempat tapi belum sempet beli nih mba.. reviewnya oke ya, lots of benefits indeed

    BalasHapus
  6. Bio Oil emang the best lah. Bio Oil jadi masker rambut ka? Di tunggu DIY masker rambut nya, ka. Jadi kepo

    BalasHapus
  7. Aku dulu pakai bio oil, terus berhenti, terus pakai lagi, suka mood-mood-an gitu, baca artikel ini jadi pengen pakai lagi, apalagi bisa untuk perawatan rambut

    BalasHapus
  8. Biasanya aku taro 1 botol kecil di kamar mandi biar nggak lupa pakenya hihi

    BalasHapus
  9. Bio Oil, satu botol segudang manfaat! Bisa dipake dari ujung rambut sampai ujung kaki.. asal pemakaiannya rutin

    BalasHapus
  10. Aku pakai Bio Oil juga dulu setelah melahirkan hehehe. Beneer bikin kulit lembab lagii. Abis ga ada waktu buat skincarean pas bayi masih newborn wkwk. Yang penting kulit bersih :D

    BalasHapus
  11. Bio Oil mah udah banyak yang tau 1 produk ini banyak manfaatnya kayaknya buat semua kulit bisa apalagi ngatasin masalah kulit hehe

    BalasHapus
  12. Bio Oil memang bagus nih. Buat kulit yang alergi dan gatal-gatal juga cocok lho. Kalo aku pake di tumit yang pecah-pecah.

    BalasHapus
  13. Waahhh asik banget event sama Bio Oil! Kapan nih kira-kira dia launch produk baru hehee

    BalasHapus
  14. aku udah langganan pake ini! ngebantu banget buat area2 stretchmark, tapi harus rutin dan sabar banget..

    BalasHapus
  15. Bio oil ini emang bagus buat menyamarkan stretch marks, saat hamil & setelah melahirkan stretch marks pada bermunculan & banyak yang rekomendasikan bio oil ini. Saat aku pakai memang benar lama-kelamaan hhilang asal harus pakai dengan rutin supaya hasilnya maksimal.

    BalasHapus
  16. Sama nih, aku juga punya strecthmarks di paha susah hilang dari jaman SMA. Anehnya walaupun aku udah pernah melahirkan, di perut sama sekali gak ada bekas strechtmarks tuh, kayak gak pernah hamil haha..

    BalasHapus
  17. aku pake bio oil udh sktr 2 thn jg kayaknya. dr pas dia booming di indo dulu, banyak di review ama temen2 blogger, aku udh tertarik pake. slalu nyetok di rumah , minimal ada botol besar utk daily, dan botol kecil utk traveling ato pergi2.

    biasanya aku pake utk leher mba, mencegah aging, dan bagian perut bekas cesar :p. nyamarin luka berharapnya. tp memang bagus kok, walo lama, tp ada perubahan dr tekstur kulit :). lbh halus

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger KEB SO Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers IFBC