Indonesia Properti Expo 2019, Acara yang Wajib Didatangi Tahun Ini

Rabu, Februari 06, 2019

Zaman sekarang, memiliki rumah yang nyaman saja belum cukup bagi sebagian orang. Selain nyaman, banyak orang yang mendambakan memiliki hunian yang berkonsep kekinian. Begitu juga denganku. Memiliki hunian sendiri merupakan salah satu resolusiku yang belum terwujud. Maka dari itu, aku sedang berusaha untuk rajin menabung demi mencapai resolusi tersebut. Sebab harga properti semakin lama pun semakin melambung tinggi.

Aku masih ingat, dulu saat masih sekolah aku sudah tertarik dengan bangunan yang unik, tempat-tempat dengan dekorasi atau interior yang menarik, serta furniture atau pajangan yang desainnya tidak biasa. Makanya aku memutuskan untuk kuliah di jurusan Desain Interior. Aku juga suka mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai desain interior atau dekorasi yang menarik, seperti kafe, restoran, toko, bahkan hotel. Terkadang karena ada tugas dari dosen yang mengharuskan aku survei ke tempat-tempat dengan desain interior menarik, terkadang aku sengaja datang kesitu untuk main atau nongkrong bareng teman-teman sekaligus mengamati desain interiornya.

Karena itulah aku mendambakan hunian atau rumah sendiri dengan desain interior menarik dan stylish atau istilah zaman sekarangnya 'instagramable' (layak posting di media sosial). Tentunya rumah tersebut juga harus mengutamakan kenyamanan. Selain mencoba merancang sendiri, aku juga masih butuh inspirasi desain dari para pakar atau desainer interior. Selain itu aku juga masih mencari-cari info tentang harga dan lokasi rumahnya. Kebetulan sekali pada tanggal 3 Februari kemaren aku datang ke pameran Indonesia Properti Expo yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC). Indonesia Properti Expo tahun ini bertajuk 'Pesta KPR BTN ANNIVERSARY dan akan digelar sebanyak tiga kali di tahun 2019 ini, yaitu di bulan Februari, Juli dan November.

Indonesia Properti Expo (IPEX) digelar oleh PT. Adhouse Clarion Events dengan dukungan dari DPD REI DKI Jakarta bersama dengan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk. Event pameran properti yang rutin diadakan setiap tahun ini dinilai sangat membantu kebutuhan hunian sebagai solusi dalam mengatasi backlog atau tingginya angka kebutuhan rumah yang belum terpenuhi. Ada lebih dari 150 peserta developer dan menampilkan 600 proyek properti. Pilihan harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 130 juta dengan jangka waktu kredit sampai 30 tahun. Selain itu, Bank BTN juga akan memberikan beragam promosi khusus selama acara berlangsung diantaranya uang muka sebesar 1% dan suku bunga KPR mulai 6,69%.


Di Indonesia Properti Expo aku juga mengikuti Blogger Gathering & Talkshow bertema 'Dekor Rumah ala Instagram' bersama Adelya dan Irma Alaydrus. Adelya merupakan seorang freelance interior designer sedangkan Irma Alaydrus merupakan seorang food photography enthusiast yang sekarang merambah juga ke interior photography. Sebelum acara dimulai, para blogger dihibur oleh penampilan live music oleh salah satu band indie.

Dekor Rumah ala Instagram

Selain kenyamanan, hunian yang instagramable juga menjadi fokus utama bagi sebagian orang. Rumah yang stylish atau instagramable bukan hanya menjadi alasan visual semata, melainkan untuk kebutuhan fotografi atau menciptakan relaksasi tersendiri terhadap pikiran saat stres dan jenuh. 

Salah satu hal yang penting dalam menciptakan rumah yang terinspirasi dari media sosial adalah mengetahui terlebih dahulu tema dekorasi apa yang akan kita terapkan nantinya. Adelya menyebutkan empat tema kekinian yang banyak digunakan untuk mendekor rumah.

Pemilihan Tema Dekorasi pada Rumah Terinspirasi dari Media Sosial

- Minimalist
Masyarakat sekarang banyak menerapkan rumah bergaya minimalis karena dinilai lebih simpel namun tetap stylish dan nyaman. Dalam arsitektur minimalis, elemen desain yang digunakan biasanya tanpa dekorasi dan banyak menggunakan bentuk-bentuk geometri dasar, menggunakan material sederhana serta pengulangan struktur sebab konsep dari minimalis ini berusaha menyampaikan pesan kesederhanaan. Penggunaan cahaya pada bangunan juga dinilai penting dalam mengungkapkan ruang yang sederhana dan bersih
Biasanya rumah bertema minimalis lebih dominan menggunakan pallete warna caramel, krem hingga abu-abu.


- Japanese
Desain interior bertema Japanese dipandang sebagai perwujudan dari desain minimalis terbesar di dunia pada saat ini. Desain interiornya dikenal dengan kombinasi kesederhanaan, ketelitian, dan kecanggihan.

- Boho
Tema dekorasi bohemian atau yang dikenal sebagai boho cocok untuk mereka yang menginginkan suasana yang lebih hidup, penuh akan budaya serta barang-barang yang menarik atau cenderung unik untuk dilihat. Konsep ini membuat kesan riang, santai dan tidak biasa. Adelya juga menggunakan tema Boho pada rumahnya.
rumah dekor ala instagram di indonesia properti expo
Source : Instagram @adelyavk

- Industrial  
Tema interior industrial biasa kita temui di cafe-cafe yang menyasar anak muda milenial. Tapi jika ingin menerapkannya pada rumah pun tidak masalah. Tema industrial mengacu pada tren estetika desain yang mengambil petunjuk dari pabrik-pabrik tua dan ruang-ruang industri. 

Dekorasi atau Ornamen Ruang

- Indoor Plants
Setelah pemilihan tema sudah dilakukan, kita bisa menerapkan dekorasi atau ornamen untuk memperindah ruang. Indoor plants bisa menjadi pilihan untuk kita yang menginginkan adanya taman di rumah tapi lahan terbuka sudah sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali. Caranya yaitu menaruh tanaman-tanaman hidup di dalam rumah. Tanaman yang bisa dipilih antara lain rubber tree (pohon karet bangkok) yang mampu menyerap polusi udara, fiddle leaf (tanaman ara biola), palm trees yang bisa menyaring udara, monstera yang berdaun unik dan olive trees. Tanaman olive trees atau pohon zaitun ini juga diaplikasikan Adelya di rumahnya loh.


- Frame atau Bingkai
Dekorasi lain yang bisa diterapkan untuk menciptakan hunian yang instagramable adalah frame. Adelya memberikan tips bagi yang ingin terlalu banyak melubangi dinding untuk menggantung frame, kita bisa membuat shelf atau ambalan untuk meletakkan frame.



- Lighting atau Pencahayaan 
Hal penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah rumah adalah lighting. Pasti rumah akan terkesan suram jika menggunakan lighting yang minim. Sesuaikan juga dengan kebutuhan akan aktivitas di dalam rumah. Untuk kebutuhan fotografi di rumah, lighting tentunya sangat dibutuhkan jika cahaya matahari sedang tidak memungkinkan. Di rumah Adelya sendiri pun ada bermacam-macam lighting yang dipasang mulai dari downlight, standing lamp, hanging lamp, dan sebagainya.
Source : Instagram @adelyavk

- Fake Flowers & Greenery
Bunga atau tanaman hias palsu bisa menjadi salah satu pendukung rumah agar terlihat lebih hidup dan instagramable. Perawatan bunga atau tanaman hias palsu juga tergolong mudah dibandingkan dengan tanaman hidup. Konsep dekorasi ini bisa diterapkan jika kita tidak ingin terlalu repot atau tidak punya banyak waktu untuk mengurus tanaman hidup. Bunga atau tanaman hias palsu ini bisa diletakkan dalam pot, digantung di dinding atau diletakkan di meja atau rak ambalan.
Source : Instagram @adelyavk

Sharing session kemudian dilanjutkan oleh Irma Alaydrus yang awalnya menekuni dunia food photography namun kemudian merambah ke interior photography. Irma juga bergabung di komunitas-komunitas dengan visi dan passion yang sama dengannya. Menurutnya, ada banyak keuntungan yang bisa ia dapatkan ketika tergabung dalam komunitas antara lain mendapatkan lebih banyak informasi dan bisa saling bertukar pikiran.

Interior Styling

Berbicara tentang desain interior, untuk rumahnya sendiri Irma terinspirasi dari media sosial orang-orang dari luar negeri. Interior styling yang disukai Irma yaitu konsep rumah ala Scandinavian yang memang sedang banyak digandrungi sekarang ini. Konsep Scandinavian ini lebih menonjolkan kebersihan ruang, cenderung sederhana dan minimalis namun tetap terlihat elegan. Berikut adalah beberapa tips dari Irma yang dapat diterapkan untuk konsep rumah instagramable bergaya Scandinavian.

- Prinsip Sederhana, Minimalis, Fungsional dan Tone Senada

Gaya Scandinavian mengusung prinsip sederhana dan minimalis. Prinsip ini bisa diterapkan agar rumah tidak terkesan sesak dan sempit. Kita bisa memilih furniture yang multifungsi untuk membuat ruang terlihat lega, minimalis namun tetap elegan.
Source : Instagram @irmaalaydrus2
Walaupun kita menginginkan konsep rumah yang instagramable, kita tetap tidak bisa begitu saja mengesampingkan fungsi. Dimensi rumah bukan penghalang, rumah yang kecil pun tetap bisa dibuat fungsional. Menurut Irma, kita bisa memanfaatkan barang-barang yang ada dan tetap disesuaikan dengan budget kita.
Source : Instagram @irmaalaydrus2
Pengaplikasian tone yang senada bisa dilakukan yaitu dengan cara memilih dua atau tiga warna saja untuk furniture, cat dinding dan elemen lain dalam sebuah ruang. Seperti contoh, Irma menyukai warna biru dan abu-abu untuk dominasi dalam rumahnya.
Source : Instagram @irmaalaydrus2

- Styling Ideas  
Ide dalam mendesain rumah bisa datang dari mana saja. Namun Irma membeberkan beberapa styling ideas yang bisa menjadi inspirasi yakni melalui acara TV seperti variety atau reality show dan media sosial.
Source : Instagram @irmaalaydrus
- Style & Layout
Jika kita sudah mulai bosan, kita bisa mengubah gaya dengan cara sederhana seperti memanfaatkan barang-barang yang ada, melakukan redesign furniture yang sudah ada di rumah dan mengganti warna cat.  Perubahan layout atau tata letak ruang juga bisa dilakukan untuk menghindari rasa bosan akan interior rumah.
Source : Instagram @irmaalaydrus2

Interior Photography

Interior photography saat ini juga banyak digandrungi. Di Instagram dan Pinterest banyak sekali bertebaran foto-foto cantik bertema interior. Selain tips interior styling, Irma juga membagikan tips & trik bagaimana memotret interior yang bagus dan layak unggah ke media sosial.
Source : Instagram @irmaalaydrus

- Straight Lines
Perlu dipahami bahwa dalam interior photography, jangan memotret objek dengan miring. Jika kesulitan atau keadaannya tidak memungkinkan, kita bisa memanfaatkan aplikasi editing untuk meluruskan foto. Tapi alangkah baiknya jika foto aslinya tidak terlihat miring kesana kemari karena akan mengurangi estetika.
Source : Instagram @irmaalaydrus2
- Multiple Angles
Perbanyak angle saat memotret. Kita bisa memotret dari berbagai arah. Banyaknya pilihan foto akan memudahkan kita ketimbang kekurangan foto yang mengakibatkan harus mengulangi proses fotografi.
Source : Instagram @irmaalaydrus2

- Table Decoration
Usahakan tinggi rendah objeknya bervariasi. Furniture yang bervariasi akan menghasilkan foto interior yang lebih hidup dibandingkan furniture dengan tinggi rendah yang sama.
Source : Instagram @irmaalaydrus
- Natural Light
Sama seperti pendapat Adelya, jangan pernah melupakan lighting saat memotret. Cahaya matahari merupakan cahaya yang paling baik untuk memotret. Jika ruangan mendapat sinar matahari yang cukup, kita tidak perlu menyalakan lampu lagi untuk memotret ruang. Jika tidak memungkinkan adanya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruang, usahakan lampu dalam ruangan masih bisa memenuhi kebutuhan memotret. Jangan menggunakan lampu ruangan yang remang-remang dan kita bisa memanfaatkan reflektor atau cermin. Kita juga dapat mengatur fitur yang ada di handphone atau kamera kita seperti exposure, ISO atau aperture priority.
Source : Instagram @irmaalaydrus2
Itu beberapa tips dari Adelya dan Irma mengenai home interior decorations. Ada juga tips tambahan dari Adelya dan Irma yang juga memiliki anak kecil. Agar barang-barang tetap terjaga dengan baik dan anak pun aman beraktivitas di dalam rumah, letakkan barang yang berbahaya atau berpotensi pecah dengan jarak yang jauh dari jangkauan anak-anak. Kita bisa meletakkaannya di tempat yang tinggi atau di dinding ruangan.

Jika ada anak yang mempunyai hobi coret-coret ruang, sebaiknya beri dia area tersendiri yang bisa digunakan secara bebas untuk coret-coret bukan dengan memarahi sang anak. Kita juga bisa menyediakan rak atau keranjang khusus yang desainnya stylish untuk menyimpan mainan anak.

Lalu bagaimana cara memilih furniture yang instagramable dan tetap fungsional? Karena terkadang, kita kesulitan menemukan furniture sesuai dengan apa yang kita mau di toko atau peritel furniture langganan kita. Irma menyarankan untuk custom atau membuat furniture sendiri. Inspirasi desain furniture bisa kita cari di Pinterest dan sesuaikan dengan tema ruang.

Dua hal penting yang harus ada di dalam rumah menurut Adelya adalah sirkulasi udara dan lighting. Rumah sebagus dan se-instagramable apapun jika tidak didukung sirkulasi udara yang baik dan lighting yang bisa mengakomodasi seluruh kegiatan di dalam rumah pun tetap tidak akan terasa nyaman.

Banyak sekali tambahan ilmu yang aku dapat setelah menghadiri Talkshow bersama narasumber di acara Indonesia Properti Expo.  Jika teman-teman penasaran dengan foto-foto hunian Adelya dan Irma yang instagramable bisa intip di Instagram @adelyavk dan @irmaalaydrus. Selain itu aku juga mendapat banyak informasi mengenai penawaran properti-properti yang bisa disesuaikan dengan budget dan lokasi yang diinginkan.

Teman-teman juga harus datang ke acara Indonesia Properti Expo karena di sana tidak hanya menawarkan beragam properti tapi juga banyak acara pendukung lainnya yang seru dan bermanfaat. Indonesia Properti Expo yang masih akan berlangsung hingga tanggal 10 Februari 2019 ini juga menghadirkan Talkshow Fengshui, seminar talkshow yang berkaitan dengan milenial dan property financial planner, lomba menggambar & mewarnai untuk anak-anak, atraksi barongsai dan opera anak. Untuk info selengkapnya teman-teman bisa follow Instagram @indonesiapropertiexpo


Tidak ada biaya masuk yang akan dikenakan kepada pengunjung yang hadir ke acara Indonesia Properti Expo. Para pengunjung yang hadir juga berkesempatan memenangkan undian berhadiah 1 unit Daihatsu Ayla. Jadi tunggu apalagi? Segera datang ke Indonesia Properti Expo di Hall A dan B JCC Senayan yuk sebelum acaranya berakhir. Buat yang ketinggalan, nantikan info acaranya lagi di bulan Juli dan November ya. Selamat berburu properti!

You Might Also Like

1 comment

  1. zee vorte

    Seru banget itu acaranya, pasti banyak orang yang datan untuk berkunjung ke Indonesia Properti Expo 2019. Apalagi melihat properti dan interior lainnya.

    BalasHapus

Like us on Facebook

Part Of

Warung Blogger KEB SO Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers IFBC