}

23/10/2018

8 Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi di Jepang

Waktu kecil, aku suka banget nonton kartun-kartun Jepang seperti Doraemon, Sailormoon, P-Man, Chibi Maruko Chan dan Detective Conan. Paling favorit sih Doraemon dan Detective Conan. Aku juga suka baca komik Doraemon, Detective Conan dan komik-komik Jepang lainnya.

Lama kelamaan aku jadi sering kepoin hal-hal yang menarik buatku tentang Jepang, seperti fashionkebudayaan, makanan, tempat wisata, keempat musimnya, dan lain-lain. Sampai akhirnya aku merasa ingin sekali liburan ke Jepang. Dan aku berfikir, "enggak mau tahu pokoknya gue harus bisa liburan ke Jepang."

Aku berencana liburan ke Jepang mengajak Ayah dan Ibu. Setelah cari info sana-sini dan kepo kesana kemari, aku merangkum 8 tempat di Jepang yang musti dikunjungi.

1. Shibuya, Harajuku dan Shinjuku di Tokyo Barat
Image Source : tripzilla.id
Kita bisa melihat Patung anjing Hachiko di depan pintu keluar Stasiun Shibuya dan merasakan penyebrangan jalan teramai yang kendaraannya dihentikan pada waktu bersamaan, yaitu Shibuya Crossing. Di Shibuya kita bisa jajan kuliner Jepang dan belanja di berbagai toko perbelanjaan seperti Uniqlo, H&M, Disney Store, Shibuya 109. Hati-hati kalap!

Image Source : www.japan-guide.com
Kurang afdol rasanya ke Jepang tanpa ke Harajuku yang notabene merupakan kiblat fashion anak muda di Jepang. Di Harajuku kita bisa belanja sepuasnya di Takeshita Street.

Image Source : www.japan-guide.com
Sempatkan juga mengunjungi Kuil Meiji Jingu yang lokasinya dekat dengan stasiun Harajuku. 

Image Source : matcha-jp.com
Di Shinjuku kita bisa mengunjungi Gedung Pemerintahan Kota Tokyo (Tokyo Tochou) yang bebas diakses siapapun dan menikmati keindahan 360 derajat pemandangan kota Tokyo sambil kuliner dan berbelanja.

 2. Fujiko F. Fujio Museum di Kanagawa
Image Source : Pinterest

Museum yang berlokasi di Kota Kawasaki, Prefektur Kanagawa ini akan membawa kita bernostalgia dengan Doraemon. Ada area terbuka yang terdapat patung Nobita dan Doraemon bersama Piisuke, pintu kemana saja, lapangan bermain Nobita dan teman-temannya yang khas sekali dengan 3 buah pipa yang ditumpuk.
Ah... Pokoknya bisa mengobati rasa rindu kita sama Doraemon.

Selain itu ada ruang indoor yang berisi ruang kerja Fujiko F. Fujio, laci-laci kayu tempat Fujiko menaruh naskah komik dan restoran yang masih bertema Doraemon.

 3. Kuil Senso-Ji di Asakusa
Image Source : Pinterest
Kuil tertua dan paling ramai dikunjungi wisatawan ini berada di Asakusa. Kuil dengan dominasi warna merah ini berdiri megah di tengah gedung-gedung tinggi kota Tokyo. Boleh percaya boleh enggak, katanya ramalan di kuil ini sangat jitu lho. Katanya lho yaa :D

Image Source : Pinterest
Tidak jauh dari Kuil Senso-Ji ada toko oleh-oleh terkenal di Nakamise Dori. Ada sekitar 80 toko yang bisa memanjakan pengunjung. Setelah puas belanja oleh-oleh, kita bisa berwisata kuliner di sepanjang Stasiun Asakusa Subway sampai ke Gerbang Kaminarimon.

4Itsukushima Shrine Pulau Miyajima di Hiroshima
Image Source : travel.gaijinpot.com
Pemandangan Kuil Itsukushima yang mengambang di tengah laut bisa kita nikmati saat berkunjung ke Pulau Miyajima dan ada rusa-rusa yang tiba-tiba muncul menyambut pengunjung. Oleh-oleh yang khas dari sana adalah tiram dan momiji manju (kue berbentuk daun musim gugur). Untuk sampai ke Pulau Miyajima kita bisa naik kapal ferry.

5. Onsen Yufuin di Pegunungan Yufu, Beppu
Image Source : www.his-travel.co.id
Sensasi berendam di kolam air panas sambil menikmati keindahan gunung Yufu bisa dirasakan di Onsen Yufuin. Kita juga bisa mengunjungi destinasi di sekitar Yufuin yaitu Danau Kinrinko dengan pemandangan kabut tebal di pagi hari.

Image Source : http://www.geocities.jp/
Image Source : www.his-travel.co.id

Enggak cuma itu, kita juga bisa melihat Pohon Cedar berumur 1000 tahun saat mengunjungi Kuil Ogo-Sha dan mengunjungi Yufuin Floral Village, sebuah desa yang dibangun dengan konsep Eropa ala negeri dongeng.

6Japanese Garden – Daisen Park di Osaka
Image Source : www.frenkeyblog.com
Taman yang berada di distrik Sakai ini merupakan taman kota terbesar yang ada di Prefektur Osaka. Selain menikmati pemandangan hijau, di dalam Daisen Park kita bisa mengunjungi museum dan perpustakaan Kota Sakai, berkeliling taman dengan menyewa sepeda, melihat makam Pangeran Nintoku dengan bentuk yang unik seperti lubang kunci, dan melihat Heiwa-tou atau Menara Perdamaian.

7Universal Studio Japan di Osaka
Image Source : tripzilla dan www.usj.co.jp
Taman hiburan tematik ini menawarkan wahana-wahana yang didesain bertema film seperti Harry Potter, Jurrasic Park sampai Terminator, serta bisa bertemu karakter-karakter seperti Hello Kitty, Minion, Snoopy. Kalau aku paling penasaran sama Wizarding World of Harry Potter karena aku suka banget sama Harry Potter.

8. Fushimi Inari Shrine di Kyoto
Image Source : Pinterest
Kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto ini terkenal dengan puluhan ribu torii (gerbang) berwarna merah orange yang berderet. Torii tersebut adalah hasil dari sumbangan kepada kuil Inari yang diyakini sebagai persembahan bagi para dewa padi. Di sini juga ada banyak patung rubah yang konon katanya sebagai pembawa pesan dari dewa padi.

Kira-kira itulah destinasi yang mau aku datangi di Jepang. Tinggal susun itinerary mengenai penginapan, dan makan selama di sana deeh. Eh iya ada yang kurang.. Trasnportasi! kalau berpergian dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain rasanya enggak sempurna tanpa adanya alat transportasi. 

Udah pada tahu ya kalau Jepang punya kereta super cepat bernama Shinkansen (kereta peluru) sebagai sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang.

Selain Shinkansen, ada juga beberapa transportasi di Jepang yang bisa dijadikan alternatif yaitu kereta lokal, bus lokal, sampai kapal ferry. Ini nih yang harus aku pikirin lagi, bagaimana caranya berpergian ke satu kota ke kota lain tanpa harus bingung dan ribet. Belum lagi kesulitan akan uang tunai kalau mau membayar transportasi publik.

Akhirnya aku cari-cari info lagi tentang transportasi di Jepang dan menemukan informasi kalau kita bisa menggunakan Japan Rail (JR) Pass untuk berpergian antar kota. 

Jadi, JR Pass ini merupakan tiket untuk para turis dengan harga khusus. JR Pass ini dikelola oleh Japan Railways Group dan hanya bisa digunakan untuk turis dengan status 'pengunjung sementara'. Jadi semacam tiket terusan yang tidak perlu pakai uang tunai lagi untuk membayar transportasi. Ternyata JR Pass ini harus dipesan sebelum tiba di Jepang.  Jadi enggak bisa dadakan.

Ada dua tipe JR Pass yaitu Ordinary Car dan Green Car (kelas premium) serta beberapa pilihan waktu berlakunya yaitu 7 hari, 14 hari dan 21 hari. JR Pass enggak cuma bisa dipakai untuk kereta tapi juga berlaku untuk bus dan kapal ferry sesuai jalur yang ditentukan.

Setelah hunting kemana-mana, aku menemukan tiket JR Pass di Traveloka yang harganya lebih murah dan pilihan tiketnya juga lebih lengkap. Aku memang udah sering booking pesawat, hotel, kereta dan bus lewat Traveloka tapi baru kali ini pesan JR Pass karena memang baru pertama kali mau liburan ke Jepang.

Image Source : Traveloka
Booking di Traveloka tuh gampang dan cepat sekali lho. Pokoknya enggak ribet deh, karena pembayarannya juga gampang. Tersedia beberapa pilihan pembayaran yaitu transfer lewat ATM, kartu kredit, Internet Banking sampai lewat Alfamart/Indomaret. Kalau aku sih lewat transfer ATM.

Nah buat teman-teman yang berencana liburan ke Jepang juga kayak aku atau mungkin liburan ke kota/negara lain, cobain deh reservasi tiketnya lewat Traveloka. Lengkap banget fiturnya, kita bisa pesan tiket pesawat, hotel, kereta, bus & travel, sampai tiket-tiket aktivitas & rekreasi pun ada. Kurang keren apa coba, kan?

Jadi udah siap liburan?





See You On My Next Post!

With Love,










38 comments:

  1. Jepang itu bikin penasaran ya, kebetulan dua anakku suka dg yg berbau jepang dan yang besar sdh ke jepang, yang kedua juga lagi ngumpulin duit kerajnya bt ke jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah asik sekali mbak.. yuk segerakan ke jepang, siapa tahu nanti aku ketemu sama anak2 mbak di sana hehe

      Delete
  2. aku juga dulu paling suka conan karena filmnya buat kita mikir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru ya kalo nonton conan. ikutan mikir juga sambil nonton

      Delete
  3. Cita-cita banget bisa ke Jepang bareng pasangan
    List tempat yang dikunjungi bleh banget nih mbka, heheee
    TFS ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Banyak juga yang harus dikunjungi ya di Jepag, jadi ngak sabar mau segera ke Tokyo

    ReplyDelete
  5. Wah taman cantik banget tempatnya! Doakan aku bisa ke sana yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan tahun depan kamu akan kesana hihi ku akan nyusul yaa

      Delete
  6. Beberapa tempatnya udh pernah aku datangin :). Kecuali kuil2, aku memang ga suka visit tempat2 begitu, krn rada bosen :p. Tp kalo wisata alam, theme park, onsen, sukaaak banget. Jan thn depan ke jepang lg, aku niat hrs bisa ke hokkaido juga sampe nagasaki. Makanya jr pass udh wajib harus beli, kalo ga mau bangkrut hahahaha.. Itu kartu memang sangat menolong sih mba. Bikin onkos transport jd jauuuh lbh murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aku bisa segera kesana jugaaa biar kayak mbak fanny :D

      Delete
  7. akhir-akhir ini saya lagi suka banget dengan jepang-jepangan, mulai dari musik, buku dan film atau doramanya. bisa baca buku sambil dengerin musik jepang juga. abis baca ini, haduh jadi malah pengen ke sana.

    ReplyDelete
  8. Baca postingan mbak Manda mengingatkanku akan keinginan untuk bisa ke Jepang waktu SMA dulu..bahkan aku bela2 les bahasa Jepang

    ReplyDelete
  9. Kapan bisa ke Jepang. Heuuu. Kuil Meijinya itu yang khas Jepang banget dan dari dulu pengen aku kunjungin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu saat bisa kesana ya mbak, ke kuil meiji juga

      Delete
  10. Dulu freak bgt sama jepang. Sampai cari beasiswa aja cuma k jepang nggak melirik yg lain. Dari musik sampai makanan sama potongan rambut semuanya jepun. Tapi sekarang kuhanya ingin kejepang utk jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sampe ikutan cosplay juga gak niih? jepang tuh memang negara yg menarik minat banyak orang yaa

      Delete
  11. Y Allah mupeng berat Mbak. Aku mau ke museum Doraemon, kuil mengambang, Onsen, sama nyari oleh-oleh tentunya. Ajak anak recommended nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. recommendede bgt dong mba kalo jalan jalan sama anak, apalagi mampir ke universal studio dijamin anak minta balik sana lagi huehehe

      Delete
  12. Uwaaa butuh berapa hari untuk menuntaskan 9 destinasi wisata tersebut?? Masing-masing destinasi wisatanya beranak, gak tega kalau gak dicicipin satu persat, hehe

    Piisuke itu yang mana ya? Kok aku gak tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 harian cukup sih menurutku, satu hari satu kota dan satu kota itu kan banyak tempat wisatanya.. apalagi kalo make kereta jepang kan lebih mudah lagi

      piisuke itu lhooo dinosaurus kecil yg temenan sama nobita doraemon yg di doraemon petualangan. sedih bgt ceritanya

      Delete
  13. Sebenarnya, masih banyak sih tempat wisata yang ingin aku kepoin di Jepang, dan tidak tersebut di blog ini. Mungkin, ke depannya, mau coba fokus dulu di kawasan Kansai (Osaka, Kobe, Kyoto). Karena, di ketiga tempat itu, cukup banyak wisata yang menarik mata dan sempat jadi bahan incaran. Mungkin, mau nyoba ke kawasan Saitama juga, buat lihat Museum Crayon Sinchan. Tokyo dan Osaka juga ga jauh-jauh amat toh.

    Kalo ada uang berlebih, mau nyoba telusuri kawasan Kyushu (Fukuoka, Oita, Hiroshima, Nagasaki, Kagoshima, Saga). Dulu, sempat senang nonton acara HKT48 no Odekake, mengunjungi beberapa tempat wisata di sana, jadi tertarik. Temanku juga pernah ada exchange ke Kagoshima, katanya sempat liat Sakurajima. WAAAAH!! INGIN!!

    Mungkin, mencoba cari beasiswa S2 atau S3 adalah pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaah ada museum crayon shincan juga yaa? aku malah barutahu karena yg dikepoin doraemon melulu..
      pasti seruuu

      Delete
  14. Diiiih... Bagus-bagus banget. Kapan ya bisa kesana.
    Kepo sama doraemonnya yang asli dari Jepang. Sama ga ya sama di Indo. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun suka bgt doraemon dan kepengen bgt ke museumnya huhu di sana all about doraemon bertebaraan

      Delete
  15. saya juga pengen datang ke Jepang mba.. Kebetulan teman kantor ada yang tahun lalu liburan ke Jepang.. Asyik juga katanya.. dan bener lebih baik beli JR Pass karena memudahkan kita bepergian.. Saya diajak ke Jepang donk mbaa.. pengen kesanaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaah ternyata memang bener kaan make jr pass lebih memudahkan kalo mau jalan jalan ke antar kota satu dgn yg lain.. boleh mas boleh nanti aku mau liat doraemon sama viona yaa

      Delete
  16. Entah kenapa segala hal yang berbau soal jepang itu bisa memancing rasa penasaran.

    Salah satunya ya soal tempat wisata yang ada di jepang, tidak lengkap rasanya kalau ke jepang tidak mampir ke stasiun shibuya sejenak untuk melihat patung hachiko..

    Dan tentu saja tidak afdhol rasanya untuk menikmati Kuliner khas jepang..

    Ah semoga saja ada rejeki dan waktu untuk bisa pergi ke jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya kak.. siapa tahu kita ga sengaja ketemu di sana pas lagi sama sama foto bareng patung hachiko eaaaaa

      Delete
  17. Baru tau kalo universal studio ada juga di jepang. Kirain mah singapore aja hahaha. Aku pengen bgt ke japanese garden itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada juga yg di jepang, sepertinya lebih besar dari di sg deh..

      Delete
  18. Wah banyak tempat indah dan menarik..semoga bisa kesana .suatu saat nanti. Bukan sekedar foto2 di tempat yg ikon terkenal...tapi alamnya juga..gak cuma yg dikota aja ..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti bisa kesana yaa siapa tahu kita bertemu di sana, pas lagi di gunung fuji mungkin hihi

      Delete
  19. Nah ini nih yang bikin jatuh hati sama jepamg, tempatnya kece kece parah pisan... semoga suatu hari nanti bisa kesana juga. Aamiin makasih buat tips nya mba, berarti memang lebih praktis kalo pake JR Pass ya pas di Jepang ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeet! di sana kayaknya foto di depan sebuah toko pinggir jalan aja kayaknya udah keren bgt ya mba. yap jr pass ini pasti ngebantu bgt

      Delete