Foto OOTD Tampak Ciamik Hanya dengan Smartphone

Sabtu, September 15, 2018

Teman-teman yang sering lihat aku wara-wiri di Instagram pasti sedikit banyak memperhatikan kalau aku jarang sekali memposting foto yang cuma menampilkan wajah alias foto close up. Kebanyakan foto yang aku posting adalah foto from head-to-toe  atau foto OOTD (Outfit Of The Day) dan foto jalan-jalan.

Karena aku hobi mix match pakaian dan rasanya tuh belum afdol kalau enggak diabadikan menjadi sebuah foto. Aku juga senang banget jalan-jalan, jadi kalau foto-foto ya sukanya nunjukin outfit yang aku pakai sama tempat yang lagi aku kunjungi.

Dulu sebelum punya kamera DSLR, aku pakai handphone untuk mengambil foto. Sampai sekarang sudah punya kamera pun aku masih suka menggunakan handphone untuk mengambil foto OOTD. Karena terkadang aku malas bawa kamera DSLR yang ukurannya enggak sepraktis pocket camera/mirrorless. Apalagi kalau cuma nongkrong di cafe, kondangan atau jalan-jalan ke mall. Padahal outfitnya udah on point dan cafenya lucu, atau misalnya di tengah jalan atau mall nemu tempat yang ternyata instagramable. Kan sayang banget tuh kalau enggak jeprat-jepret. So... Kamera handphone bakalan jadi andalan banget.

Nah kali ini aku mau sharing beberapa tips menghasilkan foto OOTD agar kelihatan lebih profesional walaupun hanya pakai kamera handphone untuk membantu teman-teman yang pengin foto OOTD nya lebih ciamik tanpa menggunakan kamera profesional.

1. Namanya juga foto OOTD, yang paling penting ya jelas outfitnya. Menurutku tidak ada batasan dalam fashion, jadi setiap orang berhak untuk menentukan fashion style apa yang paling mereka sukai. Pakailah pakaian yang membuatmu tetap nyaman dan percaya diri, itu kuncinya.

2. Kenali dulu angle foto terbaik kita. Karena bagusnya orang saat difoto itu beda-beda. Ada orang yang merasa menarik kalau difoto dari sebelah kanan, difoto dari depan, saat kepala sedikit mendongak ke atas, saat menghadap ke samping dan lain-lain. 

Tentukan juga ekspresi di wajah kita. Bisa tampilkan ekspresi fierce, tersenyum manis, ekspresi dengan mulut yang sedikit terbuka, tersenyum lebar, ekspresi tersenyum sambil memejamkan mata atau tidak melihat ke kamera.




3. Cobalah berbagai pose dan kalau ada banyak waktu untuk berfoto, jangan ragu untuk mengambil banyak foto. Ini wajar sih menurutku. Karena biasanya dari sekian banyak foto yang diambil hanya beberapa foto saja atau mungkin hanya satu foto. Cewek-cewek suka pada gitu kaan? Hayo ngaku! :D
Dengan ini kita juga bisa menentukan pose-pose yang bagaimana sajakah yang paling cocok buat kita.

4. Setiap orang pasti punya kekurangan. Enggak perlu malu. Samarkan kekurangan dengan cara menonjolkan kelebihan. Misalnya berpose dengan melangkahkan satu kaki kita ke depan agar terlihat lebih tinggi atau berpose dengan sedikit menyampingkan badan agar terlihat lebih kurus.

Kita juga bisa menonjolkan outfit yang kita pakai lewat pose. Misalnya angkat satu tangan kita seolah seperti sedang memegang rambut untuk memperlihatkan motif yang ada di lengan baju kita. Atau pegang tas kita di depan agar tas bisa terlihat lebih jelas.

Jika kita mau menonjolkan aksesoris yang kita punya, jangan ragu untuk mencoba pose lain. Misalnya mengangkat tangan dan memegang topi, menaruh jari-jari tangan kita di dagu agar cincin kita yang unik dapat terlihat dengan jelas atau menyampirkan rambut kita ke satu sisi agar anting yang kita pakai dapat terlihat.



4. Sebaiknya beri contoh dulu kepada orang yang akan kita mintai tolong untuk mengambil foto. Misalnya dengan bilang "nanti tolong ambil fotonya dari jarak segini ya".
Jangan lupa tentukan dulu angle dan pose-pose kita agar foto yang dihasilkan bisa sesuai sama apa yang kita mau. Pastikan fotonya fokus dan tidak blur yaa.

5. Hal yang enggak kalah penting adalah pencahayaan! Pencahayaan alami atau matahari adalah yang paling bagus untuk foto, apalagi saat pagi hari di mana setelah matahari agak naik dan di sore hari saat matahari akan turun. Kalaupun berfoto di dalam ruangan, usahakan cari tempat yang banyak terkena sinar matahari. 

Tapi kalau memang kita terpaksa harus berfoto di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim, kita bisa memaksimalkan foto kita dengan cara mengatur brightness atau exposure pada handphone tapi ingat jangan terlalu over ya. Kalau masih dirasa kurang juga, kita bisa pakai aplikasi editing foto. Biasanya aku pakai aplikasi editing Snapseed, Adobe Lightroom dan VSCO Cam di handphone.


Selain 5 tips di atas, hal lain yang juga berpengaruh untuk foto OOTD adalah background atau tempat. Sebaiknya pilih background yang kontras dengan outfit kita. Atau jika kita sudah menentukan tempat apa yang akan dituju, pakai outfit yang kontras dengan tempat tersebut. Misalnya kita sudah tahu akan berlibur di pantai atau alam yang bernuansa hijau, jangan memakai outfit berwarna biru atau hijau juga. Kita bisa pakai outfit dengan dominasi warna putih atau warna cerah sekalian seperti pink atau orange.

Sebaiknya juga pilih tempat yang sepi dari orang-orang agar foto yang dihasilkan bisa fokus ke kita sebagai objeknya. Namanya juga OOTD, yang mau diperlihatkan ya kita dengan menggunakan outfit.
Kalau tempat tersebut adalah tempat yang ngehits dan banyak didatangi orang sih kuncinya harus sabar menunggu giliran berfoto yaa. 

Kamera handphone juga berpengaruh lho sama foto OOTD. Apalagi sekarang sudah banyak handphone canggih bermunculan. Dari semua foto OOTD yang sudah aku share di atas, semuanya dijepret menggunakan kamera smartphone yang aku punya. Dan aku berfikir ingin punya satu handphone lagi yang lebih smart dan canggih serta bisa memahami keinginanku dalam dunia per-foto OOTD-an.

Kalau sekarang ini aku lagi kepingin banget punya handphone iPhone X. Karena banyak keunggulan yang bisa memudahkan aku dalam mengambil foto OOTD apalagi sambil jalan-jalan atau traveling.

Fitur yang ditawarkan iPhone X antara lain adanya kamera ganda yang bisa bikin foto kita lebih ciamik. Salah satu hasil dari kamera ganda ini adalah bisa menghasilkan efek bokeh seperti hasil jepretan kamera DSLR.

Source : Mac Rumors

Buat aku yang doyan jalan-jalan dan foto dengan pose berkali-kali, iPhone X akan sangat memahami kebutuhan itu. Bagaimana enggak, 
baterai iPhone X mampu bertahan sangat lama, dibekali dengan fitur fast charging dan bisa wireless charging pula. Bahkan sudah diklaim mampu bertahan 21 jam lho. Asik ya.

iPhone X juga tahan air dan anti debu. Wah bakalan kece banget nih dibawa jalan-jalan. Kalau tidak memungkinkan berfoto dengan kamera di kala hujan ataupun khawatir terpercik air di pinggir pantai, iPhone X bakal jadi penyelamat banget.

Source : iMore

Keunggulan lainnya adalah iPhone X yang mempunyai layar 5.8" ini sudah dibekali layar OLED dan dilengkapi dengan tampilan HDR yang menghasilkan tingkat kontras dengan tampilan yang bagus dan signifikan. Selain itu seri iPhone X beda sama iPhone pendahulunya lho, yakni sudah enggak ada tombol home. Tinggal usap di layarnya aja deh.
Teknologi keamanannya juga pakai deteksi wajah. Hmm... Aman kan dari pada kepo-ers yang suka utak-atik handphone orang tanpa izin? :D

Oh ya, satu lagi. Buat para pecinta selfie pasti bakal seneng banget sama kamera depan iPhone X yang punya fitur Potrait Lighting. Fungsinya mengidentifikasi seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan agar wajah kita terlihat bagus saat selfie.

Source : Website Apple

Saking penasarannya, akhirnya aku pun cari tahu harga iPhone X. Karena aku menyukai kepraktisan, jadinya aku memutuskan untuk beli online di e-commerce yang pastinya terpercaya dong. Penginnya sih dapet harga yang paling murah. Tapi akan ribet kalau aku download dan buka situs e-commerce satu-satu untuk cek harga-harganya. So, aku buka situs iPrice agar lebih praktis.

Setelah buka www.iprice.co.id langsung saja ketik iPhone X di kolom search. Setelah klik 'bandingkan harga' maka akan muncul beragam e-commerce yang menampilkan harga iPhone X.



Perbandingan di Beberapa E-Commerce

Ternyata enggak cuma bisa membandingkan harga, kita juga bisa tahu warna yang available, info pengiriman, metode pembayarannya, promo yang tersedia, berita tentang iPhone X, kekurangan dan kelebihannya, spesifikasi, pertimbangan harga sampai pilihan lainnya dari handphone yang serupa dengan iPhone X.
Lengkap dan juga praktis. iPrice juga membantu kita untuk menghemat budget serta waktu saat belanja gadget lewat online.

Dan yang enggak kalah penting nih, jangan sampai lupa membaca review dari para pembeli ya supaya enggak kena tipu dan transaksinya bisa lancar dan aman.

Semoga tips-tips dari aku bermanfaat dan membantu yaa. Kalau ada yang udah cobain tips OOTD nya dan post di Instagram, boleh dong notice ke aku lewat kolom komentar ini atau langsung mention-in aku di Instagram @amandatydes ya. 








See You On My Next Post!

With Love,








You Might Also Like

51 comment

  1. Itu difotoin atau pake timer mba? Biar bisa bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku selalu difotoin sih mas.. makanya aku kasih tipsnya dengan minta tolong fotoin gitu kalo ga ada yg fotoin. tapi kalo terpaksa harus pakai timer lebih baik pakai tripod yg buat hp biar hasilnya bagus ;)

      Hapus
  2. kalau mbsk Amanda memang k dengan berbagai pose, nah kalau aku kayaknya hmm....mesti mikir gitu mbak haha, perjuangan untuk cari pose yang pas itu lho kok perasaan susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku juga gitu kayaknya jelek aja gitu dari semua sisi haha tapi yaudahlah pede aja yg penting ntar juga pasti bagus. semangat mbaak

      Hapus
  3. ternyata ini rahasia foto kakak tampil ciamik. dengan iphone X membuat semua penampilan kak Manda terhits di jagad medsos. aku juga mau pake ini dan nyobain foto OOTD biar gayaku jadi trend sepanjang waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha tapi aku belum kesampean beli iphone nih makanya mau kepoin dlu harganya di iprice

      Hapus
  4. Makasih tipsnyaaa!!! Aku paling bingung kalau gaya saat di foto. Dan penting juga buat ngasih tahu yg bantuin poto biar hasilnya maksimal walau pakai Smartphone

    BalasHapus
  5. Lightinggggg memang ya, suka susah ngatur pencahayaan kadang malah foto jadi over, atau nggak jelas. Kudu liat jam2 tertentu juga kalau misal mau ngandelin sinar matahari, sekitar jam 9an gitu masih bagus biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak betul.. trus juga di hp kan kadang suka ada setingan exposurenya nah itu bisa juga mba diatur disesuaikan sama cahaya alaminya

      Hapus
  6. Ih bener banget mba. Mau apapun jenis outfitnya, kalo orangnya gak pede itu bakal keliatan jelas di foto. Kalo orangnya pede, gadget oke, outfit keren. Jadinya mantap djiwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iyaa mba ruli kalo kesemuanya lengkap bakal lebih paripurna yaa fotonya

      Hapus
  7. aku masih belum PD bergaya OOTD kalau dofoyo mba :( btw iphone X itu bikin muoeng memang ya. Dual cameranya bikin kita pingin difoto ters

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu pede dulu mbak, atau coba aja dulu foto2 sendiri pakai timer kalo belum pede difotoin sama orang lain. semoga membantu mbak tipsnya

      Hapus
  8. Wah foto OOTD nya cakep-cakep banget Mbak. Thanks ya tips and trik nya akan saya praktekkan

    BalasHapus
  9. Pengen banget punya foto ootd tapi apalah daya kamera belakangku jelek. Masa pake kamera depan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok kaak dicoba make kamera depan kalo kamera depannya lebih bagus dari kamera belakang.. jadinya malah lebih gamoang kan ngatur pose karena bisa diliat langsung di layar hp nyaa

      Hapus
  10. Foto-foto kak Manda bagus-bagus.. ternyata emang mimik muka juga perlu dipersiapkan dulu ya, angle mana yg paling oke. Hihihi. Kalo perlu sering-sering ngaca, cari ekspresi yg paling oke. Tapi pas difoto juga enggak boleh lupa ekspresinya... :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya belajar pose nya bisa di kaca mba diah hehehe makasih ya mba semoga membantu tipsnya

      Hapus
  11. Kece lha mbak Manda. Aku ini paling susah foto OOTD krn suka gak percaya diri, mungkin krn blm menemukan angle terbaikku gmn ya hehe.
    Wah hape buat motretnya pilihannya cakep :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba april kunci utamanya sih kudu pede dulu yaah biar nanti gampang walaupun angle terbaiknya cuma itu itu aja

      Hapus
  12. Ah ini toh rahasianya Manda selalu tampil kece, paripurna di setiap foto ootd di Ignya... Asyik... Makasih man.. emang kamu itu inspirasiqu.. Cobain aaah tipsnya manda

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba fika, jadi maluuu deh.. semoga membantu yaa mbak tipsnya

      Hapus
  13. Aah...
    Foto Manda selalu seolah "berbicara" sejuta makna.
    Ku sukaaa sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Lendy.. semoga tipsnya bisa lebih membantu untuk yang suka foto foto OOTD

      Hapus
  14. Yoi, sebelum belo, baiknya cek dulu spesifikasi, plus dan minus produk di review-review di internet. Riset lah kira-kira lah ya, hahahah

    BalasHapus
  15. Gampang banget yaa belanja pakai iprice, udah nggak perlu bukain semua marketplace terus ngebandingin harga satu per satu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap cukup satu web aja bisa keluar semua harga2nya di marketplace2 lain

      Hapus
  16. Wow tipsnya berguna dan iPrice sangat berguna ya buat bandingkan harga dulu sebelum membeli gadget, jadi ada bayangan budget yang harus disiapkan

    BalasHapus
  17. tipsnya membantu ya nanti coba praktekkin deh

    BalasHapus
  18. seneng banget banyak referensi ootd gini! thankyou kakk! duhhh iphonenya pengen ku mau beliii, semoga kapan kapan ku bisa punyaa:')

    BalasHapus
  19. mb amanda aku paling suka ootdnya yang monochrome pegang tas, suit you best, emang kok kalaumau ootd yang penting itu angle, habis itu bs ditambahin filter yg ada skrg. Edit cantik upload deh

    BalasHapus
  20. Aku suka gabisa kalau ootd huhu selalu mati gaya gayau harus kaya gimana aja gt gak pede. Btw ootd mu kece2 ya beeeb

    BalasHapus
  21. Waah bagus banget kak ilmunya. Aku suka banget photo semoga aku bisa aplikasikan ya biar hasil photo ku bagus

    BalasHapus
  22. Manda outfitnya keren, ku suka yang pink itu keliatan lebih fresh deh, hasil fotonya keren gitu yah.

    BalasHapus
  23. AKu pun pecinta dan pengguna iPhone X.. enak dan praktis, plus hasil fotonya juga oke untuk OOTD yaa

    BalasHapus
  24. Wahh makasih tipsnya
    Iyaa bener, salah satu faktornya itu kudu ada org yg ngerti angle kita. Percuma udah dandan kece tp orgnya kagak bisa fotoin. Kan kesel ����:))

    BalasHapus
  25. suka banget semua style mu mba, kadang aku suka mati gaya kalo harus foto ootd, haha nggak bisa gaya nya suka ga pd.haha

    BalasHapus
  26. Angle penting banget ya kak hehe aku pun kadang suka gemes kalo minta fotoin tapi pas diliat hasilnya ternyata angle pemgambilan fotonya agak awkward wkwk

    BalasHapus
  27. Duh duh iphone x maa ga sanggup belinyaa .. Tp emg smartphone idaman banget sih, aplg cewe yg suka foto2 dan g mau trlihat gndut krna salah angle hehe jd kepo aku sma app iprice ni . Liat makeup bs jg kn ya?

    BalasHapus
  28. Duh beb foto foto ootd mu bagus dan kece semua ih. Aku paling ga bisa kalo disuruh foto ootd kaya begitu wkwkwkkw... harus mulai terbiasa nii..

    BalasHapus
  29. Ceu haduh tiba-tiba nulis kamera iPhone X aja ceu. Kan mupeng T_T
    Asli deh, aku pengen banget punya hape ini. Plis siapapun upgrade iP6 aku plis wkkw *malah curhat*

    BalasHapus
  30. Sampai sekarang aku selalu canggung kalau foto OOTD makanya jarang banget nemu foto aku full badan di IG. hehehe. Makasih tipsnya ya beb nanti aku coba deh biar lebih pede lagi kalau mau foto ootd.

    BalasHapus
  31. Keren-keren foto OOTD-nya. Aku masih belom pedeeee. Mungkin karena badan lagi jumbo-jumbonya. Tapi iya sih, yang penting pede, nyaman, dan tahu angle terbaik kita ya.

    BalasHapus
  32. Smartphone era sekarang sih emang udah bagus2 hasilnya.
    Aku pun foto di blog pakai smartphone aja :D

    BalasHapus
  33. Wah tipsnya oke banget, tapi memang kalo foto pake iphone memang hasil foto udah mirip2 kayak pake camera sih ya, tinggal diedit sesuai selerah deh :)

    BalasHapus
  34. Angle foto penting banget neh karena bakalan hasil yg keren kalo pas.

    BalasHapus
  35. aku baru liat manda rambut panjang itu ihh geulis banget
    kece banget semua OOTD nya gak ada yang failed lah ya
    terlebih lagi foto2 dan carafotonya bikin rapi feed instagram

    BalasHapus

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring