}

14/09/2018

Foto OOTD Tampak Ciamik Hanya dengan Smartphone

Teman-teman yang sering lihat aku wara-wiri di Instagram pasti sedikit banyak memperhatikan kalau aku jarang sekali memposting foto yang cuma menampilkan wajah alias foto close up. Kebanyakan foto yang aku posting adalah foto from head-to-toe  atau foto OOTD (Outfit Of The Day) dan foto jalan-jalan.

Karena aku hobi mix match pakaian dan rasanya tuh belum afdol kalau enggak diabadikan menjadi sebuah foto. Aku juga senang banget jalan-jalan, jadi kalau foto-foto ya sukanya nunjukin outfit yang aku pakai sama tempat yang lagi aku kunjungi.

Dulu sebelum punya kamera DSLR, aku pakai handphone untuk mengambil foto. Sampai sekarang sudah punya kamera pun aku masih suka menggunakan handphone untuk mengambil foto OOTD. Karena terkadang aku malas bawa kamera DSLR yang ukurannya enggak sepraktis pocket camera/mirrorless. Apalagi kalau cuma nongkrong di cafe, kondangan atau jalan-jalan ke mall. Padahal outfitnya udah on point dan cafenya lucu, atau misalnya di tengah jalan atau mall nemu tempat yang ternyata instagramable. Kan sayang banget tuh kalau enggak jeprat-jepret. So... Kamera handphone bakalan jadi andalan banget.

Nah kali ini aku mau sharing beberapa tips menghasilkan foto OOTD agar kelihatan lebih profesional walaupun hanya pakai kamera handphone untuk membantu teman-teman yang pengin foto OOTD nya lebih ciamik tanpa menggunakan kamera profesional.

1. Namanya juga foto OOTD, yang paling penting ya jelas outfitnya. Menurutku tidak ada batasan dalam fashion, jadi setiap orang berhak untuk menentukan fashion style apa yang paling mereka sukai. Pakailah pakaian yang membuatmu tetap nyaman dan percaya diri, itu kuncinya.

2. Kenali dulu angle foto terbaik kita. Karena bagusnya orang saat difoto itu beda-beda. Ada orang yang merasa menarik kalau difoto dari sebelah kanan, difoto dari depan, saat kepala sedikit mendongak ke atas, saat menghadap ke samping dan lain-lain. 

Tentukan juga ekspresi di wajah kita. Bisa tampilkan ekspresi fierce, tersenyum manis, ekspresi dengan mulut yang sedikit terbuka, tersenyum lebar, ekspresi tersenyum sambil memejamkan mata atau tidak melihat ke kamera.




3. Cobalah berbagai pose dan kalau ada banyak waktu untuk berfoto, jangan ragu untuk mengambil banyak foto. Ini wajar sih menurutku. Karena biasanya dari sekian banyak foto yang diambil hanya beberapa foto saja atau mungkin hanya satu foto. Cewek-cewek suka pada gitu kaan? Hayo ngaku! :D
Dengan ini kita juga bisa menentukan pose-pose yang bagaimana sajakah yang paling cocok buat kita.

4. Setiap orang pasti punya kekurangan. Enggak perlu malu. Samarkan kekurangan dengan cara menonjolkan kelebihan. Misalnya berpose dengan melangkahkan satu kaki kita ke depan agar terlihat lebih tinggi atau berpose dengan sedikit menyampingkan badan agar terlihat lebih kurus.

Kita juga bisa menonjolkan outfit yang kita pakai lewat pose. Misalnya angkat satu tangan kita seolah seperti sedang memegang rambut untuk memperlihatkan motif yang ada di lengan baju kita. Atau pegang tas kita di depan agar tas bisa terlihat lebih jelas.

Jika kita mau menonjolkan aksesoris yang kita punya, jangan ragu untuk mencoba pose lain. Misalnya mengangkat tangan dan memegang topi, menaruh jari-jari tangan kita di dagu agar cincin kita yang unik dapat terlihat dengan jelas atau menyampirkan rambut kita ke satu sisi agar anting yang kita pakai dapat terlihat.



4. Sebaiknya beri contoh dulu kepada orang yang akan kita mintai tolong untuk mengambil foto. Misalnya dengan bilang "nanti tolong ambil fotonya dari jarak segini ya".
Jangan lupa tentukan dulu angle dan pose-pose kita agar foto yang dihasilkan bisa sesuai sama apa yang kita mau. Pastikan fotonya fokus dan tidak blur yaa.

5. Hal yang enggak kalah penting adalah pencahayaan! Pencahayaan alami atau matahari adalah yang paling bagus untuk foto, apalagi saat pagi hari di mana setelah matahari agak naik dan di sore hari saat matahari akan turun. Kalaupun berfoto di dalam ruangan, usahakan cari tempat yang banyak terkena sinar matahari. 

Tapi kalau memang kita terpaksa harus berfoto di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim, kita bisa memaksimalkan foto kita dengan cara mengatur brightness atau exposure pada handphone tapi ingat jangan terlalu over ya. Kalau masih dirasa kurang juga, kita bisa pakai aplikasi editing foto. Biasanya aku pakai aplikasi editing VSCOcam dan Snapseed di handphone.


Selain 5 tips di atas, hal lain yang juga berpengaruh untuk foto OOTD adalah background atau tempat. Sebaiknya pilih background yang kontras dengan outfit kita. Atau jika kita sudah menentukan tempat apa yang akan dituju, pakai outfit yang kontras dengan tempat tersebut. Misalnya kita sudah tahu akan berlibur di pantai atau alam yang bernuansa hijau, jangan memakai outfit berwarna biru atau hijau juga. Kita bisa pakai outfit dengan dominasi warna putih atau warna cerah sekalian seperti pink atau orange.

Sebaiknya juga pilih tempat yang sepi dari orang-orang agar foto yang dihasilkan bisa fokus ke kita sebagai objeknya. Namanya juga OOTD, yang mau diperlihatkan ya kita dengan menggunakan outfit.
Kalau tempat tersebut adalah tempat yang ngehits dan banyak didatangi orang sih kuncinya harus sabar menunggu giliran berfoto yaa. 

Kamera handphone juga berpengaruh lho sama foto OOTD. Apalagi sekarang sudah banyak handphone canggih bermunculan. Dari semua foto OOTD yang sudah aku share di atas, semuanya dijepret menggunakan kamera smartphone yang aku punya. Dan aku berfikir ingin punya satu handphone lagi yang lebih smart dan canggih serta bisa memahami keinginanku dalam dunia per-foto OOTD-an.

Kalau sekarang ini aku lagi kepingin banget punya handphone iPhone X. Karena banyak keunggulan yang bisa memudahkan aku dalam mengambil foto OOTD apalagi sambil jalan-jalan atau traveling.

Fitur yang ditawarkan iPhone X antara lain adanya kamera ganda yang bisa bikin foto kita lebih ciamik. Salah satu hasil dari kamera ganda ini adalah bisa menghasilkan efek bokeh seperti hasil jepretan kamera DSLR.

Source : Mac Rumors

Buat aku yang doyan jalan-jalan dan foto dengan pose berkali-kali, iPhone X akan sangat memahami kebutuhan itu. Bagaimana enggak, 
baterai iPhone X mampu bertahan sangat lama, dibekali dengan fitur fast charging dan bisa wireless charging pula. Bahkan sudah diklaim mampu bertahan 21 jam lho. Asik ya.

iPhone X juga tahan air dan anti debu. Wah bakalan kece banget nih dibawa jalan-jalan. Kalau tidak memungkinkan berfoto dengan kamera di kala hujan ataupun khawatir terpercik air di pinggir pantai, iPhone X bakal jadi penyelamat banget.

Source : iMore

Keunggulan lainnya adalah iPhone X yang mempunyai layar 5.8" ini sudah dibekali layar OLED dan dilengkapi dengan tampilan HDR yang menghasilkan tingkat kontras dengan tampilan yang bagus dan signifikan. Selain itu seri iPhone X beda sama iPhone pendahulunya lho, yakni sudah enggak ada tombol home. Tinggal usap di layarnya aja deh.
Teknologi keamanannya juga pakai deteksi wajah. Hmm... Aman kan dari pada kepo-ers yang suka utak-atik handphone orang tanpa izin? :D

Oh ya, satu lagi. Buat para pecinta selfie pasti bakal seneng banget sama kamera depan iPhone X yang punya fitur Potrait Lighting. Fungsinya mengidentifikasi seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan agar wajah kita terlihat bagus saat selfie.

Source : Website Apple

Saking penasarannya, akhirnya aku pun cari tahu harga iPhone X. Karena aku menyukai kepraktisan, jadinya aku memutuskan untuk beli online di e-commerce yang pastinya terpercaya dong. Penginnya sih dapet harga yang paling murah. Tapi akan ribet kalau aku download dan buka situs e-commerce satu-satu untuk cek harga-harganya. So, aku buka situs iPrice agar lebih praktis.

Setelah buka www.iprice.co.id langsung saja ketik iPhone X di kolom search. Setelah klik 'bandingkan harga' maka akan muncul beragam e-commerce yang menampilkan harga iPhone X.



Perbandingan di Beberapa E-Commerce

Ternyata enggak cuma bisa membandingkan harga, kita juga bisa tahu warna yang available, info pengiriman, metode pembayarannya, promo yang tersedia, berita tentang iPhone X, kekurangan dan kelebihannya, spesifikasi, pertimbangan harga sampai pilihan lainnya dari handphone yang serupa dengan iPhone X.
Lengkap dan juga praktis. iPrice juga membantu kita untuk menghemat budget serta waktu saat belanja gadget lewat online.

Dan yang enggak kalah penting nih, jangan sampai lupa membaca review dari para pembeli ya supaya enggak kena tipu dan transaksinya bisa lancar dan aman.

Semoga tips-tips dari aku bermanfaat dan membantu yaa. Kalau ada yang udah cobain tips OOTD nya dan post di Instagram, boleh dong notice ke aku lewat kolom komentar ini atau langsung mention-in aku di Instagram @amandatydes ya. 








See You On My Next Post!

With Love,








16 comments:

  1. Itu difotoin atau pake timer mba? Biar bisa bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku selalu difotoin sih mas.. makanya aku kasih tipsnya dengan minta tolong fotoin gitu kalo ga ada yg fotoin. tapi kalo terpaksa harus pakai timer lebih baik pakai tripod yg buat hp biar hasilnya bagus ;)

      Delete
  2. kalau mbsk Amanda memang k dengan berbagai pose, nah kalau aku kayaknya hmm....mesti mikir gitu mbak haha, perjuangan untuk cari pose yang pas itu lho kok perasaan susah

    ReplyDelete
  3. ternyata ini rahasia foto kakak tampil ciamik. dengan iphone X membuat semua penampilan kak Manda terhits di jagad medsos. aku juga mau pake ini dan nyobain foto OOTD biar gayaku jadi trend sepanjang waktu

    ReplyDelete
  4. Makasih tipsnyaaa!!! Aku paling bingung kalau gaya saat di foto. Dan penting juga buat ngasih tahu yg bantuin poto biar hasilnya maksimal walau pakai Smartphone

    ReplyDelete
  5. Lightinggggg memang ya, suka susah ngatur pencahayaan kadang malah foto jadi over, atau nggak jelas. Kudu liat jam2 tertentu juga kalau misal mau ngandelin sinar matahari, sekitar jam 9an gitu masih bagus biasanya.

    ReplyDelete
  6. Ih bener banget mba. Mau apapun jenis outfitnya, kalo orangnya gak pede itu bakal keliatan jelas di foto. Kalo orangnya pede, gadget oke, outfit keren. Jadinya mantap djiwa

    ReplyDelete
  7. aku masih belum PD bergaya OOTD kalau dofoyo mba :( btw iphone X itu bikin muoeng memang ya. Dual cameranya bikin kita pingin difoto ters

    ReplyDelete
  8. Wah foto OOTD nya cakep-cakep banget Mbak. Thanks ya tips and trik nya akan saya praktekkan

    ReplyDelete
  9. Pengen banget punya foto ootd tapi apalah daya kamera belakangku jelek. Masa pake kamera depan?

    ReplyDelete
  10. Foto-foto kak Manda bagus-bagus.. ternyata emang mimik muka juga perlu dipersiapkan dulu ya, angle mana yg paling oke. Hihihi. Kalo perlu sering-sering ngaca, cari ekspresi yg paling oke. Tapi pas difoto juga enggak boleh lupa ekspresinya... :)))

    ReplyDelete
  11. Kece lha mbak Manda. Aku ini paling susah foto OOTD krn suka gak percaya diri, mungkin krn blm menemukan angle terbaikku gmn ya hehe.
    Wah hape buat motretnya pilihannya cakep :D

    ReplyDelete
  12. Ah ini toh rahasianya Manda selalu tampil kece, paripurna di setiap foto ootd di Ignya... Asyik... Makasih man.. emang kamu itu inspirasiqu.. Cobain aaah tipsnya manda

    ReplyDelete
  13. Aah...
    Foto Manda selalu seolah "berbicara" sejuta makna.
    Ku sukaaa sekali.

    ReplyDelete
  14. Yoi, sebelum belo, baiknya cek dulu spesifikasi, plus dan minus produk di review-review di internet. Riset lah kira-kira lah ya, hahahah

    ReplyDelete
  15. Gampang banget yaa belanja pakai iprice, udah nggak perlu bukain semua marketplace terus ngebandingin harga satu per satu :D

    ReplyDelete