}

27/04/2018

Keunikan Menu Ramadhan di Gastromaquia

Beberapa waktu yang lalu aku kembali mengunjungi restoran Gastromaquia yang berlokasi di Senopati, Jakarta Selatan atas undangan dari Clozette Indonesia (Instagram : @clozetteid) untuk mencicipi menu Ramadhan terbarunya. Salah satu menu Ramadhan andalan Gastromaquia di tahun ini bernama 'Ramadhan Yu Shang' yakni ternyata adalah nasi seperti nasi tumpeng yang disajikan beserta lauk pauk, sayur dan sambalnya. Walaupun Gastromaquia merupakan restoran ala Spanyol, tapi menu yang disajikan tidak hanya terbatas pada hidangan ala Spanyol saja.

Nah, Ramadhan Yu Shang ini cukup unik lho konsep penyajiannya, tidak seperti nasi tumpeng biasanya. Saat disajikan pertama kali memang bentuknya seperti nasi tumpeng pada umumnya yang disajikan menggunakan tampah rotan. Nasi putih disajikan dengan ikan teri goreng, tempe orek, oseng tahu, kacang panjang, telur dadar iris, dan ditaburi serundeng. Menu Ramadhan Yu Shang ini sebetulnya sudah ditetapkan porsinya yaitu untuk 4 orang, dan karena aku datang kesana hanya berdua maka porsinya terasa agak banyak, hehe. Jadi aku sarankan untuk kalian yang mau datang kesana dan mencicipi menu Ramadhan Yu Shang sebaiknya datang rame-rame, apalagi saat buka puasa bersama tuh, pasti seru. Lalu, untuk lauknya kita diperbolehkan memilih antara ayam atau ikan. Boleh ayam saja, atau ikan saja dan boleh juga dimix ayam dan ikan.
Selain itu juga disajikan 3 macam sambal, sambal bawang, sambal cabai dan sambal tomat. Serta kerupuk 4 pcs.

Untuk harganya, hitungan menu Ramadhan Yu Shang ini adalah untuk per orang. Jadi per orang harganya adalah 85K dan harus order minimal 4 porsi (untuk 4 orang) itu. 






Keunikannya dari menu Ramadhan Yu Shang ini terletak dari konsep penyajian dan cara makannya. Kalau biasanya makan nasi semacam nasi tumpeng ini adalah mengambil satu-satu mulai dari nasi, lauk pauk, sayuran dan sambalnya tapi menu ini beda. Cara makannya adalah diaduk dicampur jadi satu. Pelayan restoran akan  membantu mengaduk dan mencampur semua elemen yang ada di dalam tampah rotan.
Pertama-tama sambal bawang dicampur ke atas nasi dan mulai diaduk sampai merata. Lalu sambal cabai dan tomat mulai dicampurkan juga. Setelah itu lauk pauk dan sayurnya yaitu ikan teri, tempe orek, oseng tahu, kacang panjang, telur dadar iris, dan serundeng mulai diaduk hingga semuanya tercampur rata.








Sambil mengaduk dan mencampur, pelayan restoran menjelaskan bahwa konsep Yu Shang ini terinspirasi dari tradisi budaya China. Itu dilakukan agar lebih menciptakan kebersamaan saat makan bersama. Selain itu, rasanya akan lebih nikmat dan enak jika nasi diaduk dan dicampur dengan sambal, lauk pauk serta sayurnya. 
Setelah itu baru kita diperbolehkan mengambil nasi yang sudah tercampur dan makan menggunakan piring yang sudah disediakan. Cukup unik, bukan?

Setelah mencoba, aku menyimpulkan bahwa rasanya memang lebih terasa jika sudah tercampur seperti itu. Karena tercampur juga dengan bumbu-bumbu yang ada pada oseng tahu, tempe orek, sambal dan lainnya. 

Untuk minumannya aku memesan Peach Tea dan Orange Juice. 


Peach Tea

Orange Juice

Oiya untuk kalian yang berencana datang ke Gastromaquia jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu yaa agar bisa disiapkan menu dan seatnya. Bisa menghubungi nomor 021-29305091 untuk reservasi. Untuk info lainnya mengenai Gastromaquia bisa langsung aja nih follow Instagramnya : @gastromaquia
Gastromaquia beralamat di Jl. Ciniru I no. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan buka setiap hari Minggu - Kamis pukul 11.00 - 22.00 WIB & Jumat - Sabtu pukul 11.00 - 23.00 WIB.










Selamat menikmati menu Ramadhan terbaru Gastromaquia!






See You On My Next Post!

With love,






16 comments:

  1. Itu makanannya menggugah selera. Spot cantik buat hangout bareng keluarga maupun teman, dan pepotoan jadi keren. Mau ah ke sana

    ReplyDelete
  2. Pas baca kata yu shang, awalnya sempat kepikir kok kayak tradisi makan mi pas imlek ya? Pas diceritain kalau makannya diaduk, baru nyadar. Ini kalau di Jawa kayak nasgor mawut, Mbak 😁

    ReplyDelete
  3. Huwaaaa aku lagi laper baca ini, tambah laper huhuhuh

    ReplyDelete
  4. Baca sekarang mah masih aman ya hahaha. Saya kebawa dari dulu lho. Buka puasa senang dirumah tapi pada perjalanan karena tuntutan pekerjaan ya di luar juga. Tempat enak nyaman dan aman juga buat ibadah. cus deh

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sudah mau masuk bulan Ramadhan ya mba. Kalau aku lebih suka buka puasa bareng keluarga mbak. Lebih bahagia, dan bisa berasa kebersamaan nya. Kadang juga bukan puasa di restoran atau cafe gt mbak sekali2. Next aku mau ajak kwluaega ku ke Gastromaquia ah

    ReplyDelete
  6. Jadi berasa makan ala orang Arab dong ya? Hehehe... Semua dicampur jadi satu dan santap...

    ReplyDelete
  7. Unik betul cara penyajian dan makannya ya. Mungkin biar suasana bukbernya makin terasa lebih dekat dengan teman atau keluarga ya jadi pakai konsep ini. Nice.

    ReplyDelete
  8. Wah seru model2 penyajian makanannya bisa buat dimakan rame2 ya mbak :D
    Lokasinya jg kyknya nyaman. Ada baby chair kan? Bisa nih buat makan2 sama keluarga di sana :D

    ReplyDelete
  9. Enak bener makanannya. Jadi lapar banget dijam segini. Pasti seru acaranya.

    ReplyDelete
  10. Waduh, ngiler liat menunya. Baru liat menu Yu Sang kayak gitu. Sudah pasti halal ya. Hehehe, namanya juga menu berbuka. Cuma bisa ngiler aja. Jauh kalo ke sana. :D

    ReplyDelete
  11. Langsung terbelalak melihat deretan makanannya. Ya Allah, enak banget itu cumi di cool sambel buat buka puasa. Es teh yang seger ke tenggorokan. Trus pengen langsung ke gastromaquia deh *bener gak ya tulisan nama Reston ya. Hihihi

    ReplyDelete
  12. makanannya bikin tambah lapar nih, untung sebentar lagi jam istirahat :)

    ReplyDelete
  13. Tampilan masakannya dgn nampan rotan, lalapan, mengingatkan di kampung halaman. Ga nyangka tersaji di resto spanyol.perpaduan apik menerbitkan selera makan di tengah hari :)

    ReplyDelete
  14. Wow tampilannya begitu menggoda, untung bacanya pas malam hehe.. jadi ga bikin lapar :)

    ReplyDelete
  15. wah makannya dicampur dulu ya, aduh mantapnya

    ReplyDelete