}

16/12/2017

3 Ide Membuat dan Mendekorasi Tempat Makeup Sendiri


Berbelanja makeup memang asyik, tapi kalau makeup sudah menumpuk, mencari lipstik yang sedang kita butuhkan jadi sulit. Daripada makeup jadi berantakan, yuk kita telusuri ide-ide membuat dan mendekorasi tempat makeup sendiri!

Kamu enggak perlu jadi ahli prakarya untuk bisa mengerjakan proyek-proyek berikut ini. Selain mudah, kamu akan menggunakan barang bekas yang mungkin sudah ada di rumah. Alat-alatnya pun mudah dicari : gunting tajam, cutter, cat, dan lem prakarya atau lem tembak. Jangan keburu enggan memulai karena takut dengan noda seperti bekas tetesan lem. Baca deh cara menghilangkan bekas lem di sini.

1.      Wadah Makeup Gantung dari Toples
Kalau punya toples bekas selai atau madu di rumah, jangan langsung dibuang. Toples-toples ini bisa dimanfaatkan menjadi wadah makeup yang bisa kamu gantung di sekitar cermin. Solusi ini ideal untuk makeup yang bentuknya panjang, seperti pensil alis, maskara, lip gloss, hingga kuas.

Bahan dan alat :
  • Toples bekas berbagai ukuran dan bentuk
  • Kertas kado atau kertas origami
  • Benang
  • Lem prakarya
  • Pita
  • Kait yang bisa ditempelkan di dinding (bisa dibeli di supermarket atau toko bahan dekorasi rumah)
Cara membuat :
  • Cuci bersih toples dengan sabun cuci piring dan keringkan. Buang tutupnya.
  • Ukur benang hingga tiga kali lingkaran toples, kemudian potong. Lilitkan di bagian atas toples dua kali, lalu buat lingkaran dengan sisa benang sebagai gantungan toples.
  • Ukur panjang dan lebar kertas kado atau origami untuk membungkus toples. Saran: jangan tutup keseluruhan toples agar kamu tetap bisa melihat isinya secara mudah.
  • Potong kertas, kemudian tempelkan di toples.
  • Ikatkan pita di atas kertas.
  • Pilih lokasi di mana kamu ingin menggantungkan toples, kemudian tempelkan kait di dinding. Toples siap digantung.


2.      Papan Magnetis dari Bingkai Lukisan Lama
Mungkin kamu punya lukisan lama yang tersimpan di dalam gudang? Kamu bisa menggunakan bingkainya untuk menata produk-produk kosmetikmu sehingga tidak berserakan di laci. Solusi ini cocok untuk kotak-kotak eyeshadow, blush-on, dan bedak. Selain itu, prakarya ini juga bisa menjadi "dekorasi" dinding yang cantik, loh!

Bahan dan alat :
  • Lukisan lama berbingkai
  • Cat semprot
  •  Kain atau kertas bermotif menarik
  •  Lembaran logam (bisa dibeli di toko bahan bangunan atau dekorasi rumah)
  • Gunting
  •  Lem tembak
  • Penggaris
  •  Magnet-magnet bulat kecil (bisa dibeli di supermarket atau toko bahan dekorasi rumah)
Cara membuat :
  • Keluarkan lukisan dari bingkainya. Cat bingkai dengan cat semprot (2 lapis), diamkan hingga kering seutuhnya.
  •  Beli lembaran logam sesuai ukuran bingkai atau minta pegawai di toko untuk memotongnya.
  • Ukur kain dan kertas. Sisakan 2-3 cm tiap sisi dari ukuran lembaran logam, potong, kemudian tempelkan menggunakan lem tembak. Akan terdapat sisa kain atau kertas beberapa cm di tiap sisi: tempelkan ke bagian belakang lembaran metal. Agar tidak ada gelembung udara, ratakan menggunakan penggaris. Diamkan hingga lem kering.
  • Tempelkan bulatan magnet di belakang wadah produk makeup. Kini produk makeup bisa menempel di lempengan metal.
  • Bingkai siap dipajang di dinding.


3.      Wadah Kuas Ber-glitter
Kalau kamu punya bermacam-macam kuas makeup, wadah-wadah ini cocok untukmu. Kamu bisa membuat beberapa wadah di mana kamu menggabungkan jenis kuas yang sama, misalnya satu wadah untuk kuas mata, satu wadah untuk kuas alas bedak, dan satunya lagi untuk kuas bedak. Kamu tidak akan buang-buang waktu lagi untuk mencari kuas yang tepat!

Bahan dan alat :
  •  Gelas bening (bentuk dan ukuran tidak perlu seragam)
  •  Batu-batuan kecil (bisa beli di toko bahan prakarya)
  •  Lem prakarya
  •  Kuas untuk mengaplikasikan lem
  •  Bubuk glitter berbagai warna
Cara membuat :
  • Cuci bersih gelas, kemudian keringkan.
  • Lumuri bagian luarnya dengan lem prakarya secara merata.Kemudian, lumuri dengan bubuk glitter. Usahakan semua permukaan tertutup dan tidak ada bagian yang bolong. Diamkan hingga lem kering.
  • Ketika lem sudah kering, guncang-guncang gelas agar bubuk glitter yang berlebih jatuh.
  • Masukkan batu-batuan ke dasar gelas, agar kuas-kuas makeup bisa berdiri tegak.
  •  Tancapkan kuas ke dalam batu-batuan.

Nah, selesai deh! Kamu bisa mencoba salah satu ide ini untuk membantumu menata makeup dan menghemat waktu ketika mencari produk tertentu. Sebelum mulai, alasi tempatmu berkarya dengan kertas koran untuk mempermudah proses membersihkan setelahnya. Namun, jika ada noda bekas lem yang menempel di baju, tidak perlu khawatir. Cara menghilangkan bekas lem di baju tidak sulit, kok. Selamat berkarya!






See You On My Next Post!

With love,















15 comments:

  1. Kreatiiiif. Makasih ya mbak idenya. Saya lagi pusing juga nih mau naruh perlengkapan lenong. Hehehe...

    ReplyDelete
  2. Aku naruh makeup di box box gitu dan iya sih jadi susah nyarinya kalau lagi butuh kayak harus ubek ubek semuanya gtšŸ˜‚

    Ingin coba yang toples deh~

    ReplyDelete
  3. Kreatof bangeeet. Menginspirasi nih.

    ReplyDelete
  4. Kayaknya paling gampang yang pakai toples yaa :)

    ReplyDelete
  5. Asli ini inspiratif banget kak^^ maen dong ke blog aku juga hehe
    https://goo.gl/dH5j42

    ReplyDelete
  6. wahh ini seru banget , tapi lebih kece lagi kalo ada contoh gambar jadinya hihi

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  7. Wah keren idenya. Tapi saya pakai kotak bekas goodiebag aja banyak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyah bisa juga tuh pakai kotak bekas goodie bag mba

      Delete
  8. lucu juga ya...papan magnetisnya, tapi bakalan dibuat mainan anak anakku wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Kupikir bakalan ada foto jadinya mbak :( Agak kecewa huhuhu Tapi idenya kreatif sekali, memanfaatkan barang2 yang ada aja yaa nggak perlu beli :D

    ReplyDelete
  10. Bner bgt, aku naruh make up di box bekas sepatu, sebel ud dinberesin masih aj berantakan. Nanti coba ahh diy nya

    ReplyDelete
  11. kreatif banget kak, bisa buat sendiri di ruah nih.. apalagi di kasih tahu bahan dan cara-caranya juga.. :)

    ReplyDelete