Menyibak Eksotisme Coban Kromo

Minggu, Juli 30, 2017



Hayooo siapa yang suka wisata dan main-main di air terjun? Kali ini aku mau berbagi cerita jalan-jalan lagi nih. Cerita tentang wisata air terjun tapi agak sedikit berbeda dengan air terjun kebanyakan. Air terjun yang berada di Tulungagung Jawa Timur ini bernama Coban Kromo. Coban Kromo termasuk wisata yang lagi hits di kalangan masyarakat Tulungagung. Aku pertama tahu tempat ini waktu nonton acara My Trip My Adventure dan akhirnya ngidam kesana.


Dulu masyarakat Tulungagung menyebut air terjun ini, Coban. Coban memang berarti air terjun. Tetapi kemudian diberi nama Coban Kromo. Coban Kromo yang berada di Dusun Jambu, Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat ini punya akses yang tergolong mudah, bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Kalau dari pusat kota Tulungagung jaraknya sekitar 12 km. Arahnya menuju jalur Campurdarat dan cari saja Desa Pelem. Tempat wisata ini melewati perkampungan warga. Biaya parkirnya sebesar Rp. 5.000 kalau nggak salah, aku lupa hehe dan kita bisa memarkir kendaraan di rumah warga yang memang dijadikan tempat parkir pengunjung. Kalau biaya masuk ke Coban Kromo sebesar Rp. 5.000



Dua spot yang aku datangi di Coban Kromo ini adalah Air Terjun Kaliso dan Luweng. Yang pertama aku datangi adalah Luweng. Kalau dalam bahasa Jawa, Luweng itu bisa berarti sumur yang dalam. Untuk mencapai Luweng harus berjalan menanjak melewati jalan setapak dengan tanah bebatuan yang dikelilingi pepohonan. Agak bahaya kalau nggak hati-hati, karena juga melewati tebing yang agak curam dan licin. Tapi pemandangannya sekelilingnya sangat asri. Pepohonan yang hijau dan gunung yang terlihat dari sini.




Suara gemericik air yang menandakan spot yang dituju sudah dekat. Akhirnya sampai juga di Luweng. Rasa penasaran akan penampakannya karena nonton My Trip My Adventure akhirnya terpuaskan juga. Nggak sabar buat langsung main air di Luweng.





    









Air yang mengalir melalui tebing yang tidak begitu tinggi kemudian jatuh ke sebuah lubang besar. Lubang yang menampung airnya seperti sumur ini aku jadi berfikir akan infinty swimming pool. Tapi di sini ada larangan untuk berenang karena lumayan dalam. Airnya sejuk dan dingin banget. Diminum juga bisa, karena asalnya benar-benar dari pegunungan. Aku pun minum airnya dan rasanya segaaaar.



Walaupun waktu itu matahari lumayan terik, tapi semilir angin yang sejuk dan airnya yang dingin nggak menghalangi untuk berlama-lama main air.





  
Pengunjung Coban Kromo pada hari itu juga lumayan ramai. Ada beberapa rombongan anak sekolah yang masih mengenakan seragam datang kesitu. Hmm... Pasti mereka pulang sekolah langsung kesitu, mengingat jaraknya yang dekat dengan sekolahan dan perkampungan warga. 


Oh iya... Waktu lagi asik-asiknya main air, ternyata ada crew dari JTV Kediri (Jawa Timur TV dari Kediri) yang lagi liputan untuk acara Pesona Wisata dan mereka meminta untuk melakukan sedikit wawancara tentang kesan-kesan berkunjung ke Coban Kromo.

Cuplikan liputannya bisa lihat di Instagram aku. Klik aja link ini :
dan


Setelah puas main air, kami pun melanjutkan perjalanan ke spot kedua yaitu Air Terjun Kaliso. Sama seperti tadi, harus melewati jalan setapak dengan tanah bebatuan lagi.




Air Terjun Kaliso ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Berdiri di bawah jatuhnya air terjun segar banget rasanya. Seperti melakukan pijat punggung pakai air waktu airnya menimpa badan :p




Karena makin lama matahari pun makin terik dan perut keroncongan, aku memutuskan untuk turun, ganti baju dan makan. Di tempat wisata Coban Kromo belum ada toilet umum, tapi disediakan kamar mandi atau toilet punya warga setempat yang menyediakan tempat parkir.

Karena sudah sangat lapar, akhirnya aku makan dulu di sebuah warung yang ada di bawah dan memutuskan nanti saja ganti bajunya. Karena dari warung itu menuju ke tempat parkir dan toilet harus jalan kaki dulu. Yaah daripada keburu lapar.


Nah... Ada sedikit cerita lucu waktu aku beristirahat di warung itu. Ada empat orang anak sekolah yang juga ada di situ. Ternyata mereka kasak-kusuk ngelihatin aku makan. Setelah aku selesai makan, salah satu dari mereka nanya, "Mbaknya dari mana?"

trus mereka bilang "Mbak rambutnya bagus, boleh foto bareng nggak?"




Setelah foto-foto kami ngobrol-ngobrol ngalor ngidul. Mereka sekolah di salah satu SMP dekat Coban Kromo. Mereka datang ke Coban Kromo pulang sekolah dan masih pakai seragam. Aku langsung inget rombongan anak-anak yang ketemu waktu di atas. Apa tadi ketemu mereka ya? Sampai kemudian sepupuku bilang kalau ternyata tadi kita ketemu mereka di air terjun di atas. Haha dia hapal wajah mereka ya, aku aja nggak ngeh.
Mereka lucu-lucu banget deh, ada yang tanya sudah menikah apa belum, suaminya yang mana, kok bisa tahu Coban Kromo, di Tulungagung stay di mana sampai ngomongin warna rambut. Hahaha. Belajar yang rajin dan sekolah yang pinter ya adik-adiiiik.


Nah, itu dia pengalamanku mengunjungi Coban Kromo yang eksotis. Kalau kamu bagaimana? Apakah tertarik untuk menyibak eksotisme-nya Coban Kromo?



Tentunya kita tetap harus menjaga kebersihan dan kelestariannya agar tempat-tempat wisata di Indonesia tetap terjaga, tetap bagus dan semakin dilirik wisatawan luar negeri.









See You On My Next Post!

With love,







You Might Also Like

72 comment

  1. bagus banget ya pemandangannya ! jadi mau kesana juga nih ^^

    BalasHapus
  2. Beneran ini di tulungagung mbak ? Duuhhh, cakep benerrrr,
    Catet cateett, kali aja maen ke rmh temen trs mampir dah ke sini,
    Makasih sharenyaaa

    BalasHapus
  3. Gilaa cantik ih kolamnya.. Sedalam apa mba? Tp kalo bisa berenang, boleh ga nyebur ke dLamnya? Utk wisata alam, aku lbh milih air terjun drpd pantai. Krn pantai panas, sementara air terjun biasanya di tempat tinggi jd lbh sejuk :D. Blm prnh eksplor yg jawa timuran nih.. Biasanya aku liat air terjun di daerah jawa barat dan sumatra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jago berenang boleh boleh aja sih mba disitu berenang tapi musti hati2 juga sih karena arusnya agak kenceng karena itu kayak ada pusaran air gitu sihh. Atau lebih amannya siapin ban berenang gitu

      Aku belum pernah explore air terjun di sumatra dan jabar malah. Hihi. Kalau di jabar explorenya masih seputaran hutan hutan pinus

      Hapus
  4. bagus banget view nya.. eh, di akhir cerita aku jadi fokus ke rambutnya, hehe

    BalasHapus
  5. MasyaAllah cantik bgt, warna airnya bikin pengin nyeburrrrr

    BalasHapus
  6. Airnya jernih banget tempatnya jg sepi jd serasa private swimming pool ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya airnya itu jernih dan seger sampai bisa aku minum hahaha

      Hapus
  7. duh itu, di jawa barat aja udah ga jarang liat air sebersih itu, jadi pingin kesana....


    kirain Tulungagung ga punya tempat wisata keren kayak air terjun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulungagung ternyata banyak tempat wisata yang keren loooh

      Hapus
  8. asri banget tempatnya ya mbak manda. tulungagung keren banget yang ada difoto juga kece

    BalasHapus
  9. jadi liburan ini karena, penasaran dengan film my trip my adventure ya keren juga langsung terjun ketempat acara yang asik banget buat di kunjungi. Sering nonton acaranya bikin ngiler banget buat di kunjungi tempat tempatnya. buat penghilang stress banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iyaa niih :p abis liat MTMA di Coban Kromo langsung ngiler pengen kesana

      Hapus
  10. Perjalanan yang menyenangkan dan jadi ingin juga berkunjung ke sana. Air terjunnya juga indah, saat air jatuh menimpa badan pastinya segar.

    BalasHapus
  11. airnya bening bangeeet ...tapi biasanya kalau keadaan rame pengunjung airnya ga bakalan sebening itu lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. segar airnya :D iyaa tapi gak akan sekotor kolam renang yang pakai kaporit mbak pastinyaa

      Hapus
  12. semoga pengunjung yang datang kesana tetap menjaga kelestarian alam dan nggak ninggalin sampah, terutama sampah plastik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa semoga. biar tempat tempat wisata di Indonesia tetap bagus dan makin banyak dilirik wisatawan luar negeri

      Hapus
  13. Airnya bening dan bagus gitu ya, ada warna biru kehijauan. Kelihatannya panas, tapi untuk daerah air terjun seperti itu emang gak kerasa ya panasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena sekelilingnya air jadi ga terlalu kerasa panasnya siih ya

      Hapus
  14. Ngidam pengen ke sana pas liat foto Ka Manda :(
    Kukira yang kolam itu emang bisa buat renang, tapi ternyata gak boleh, yaaa...
    Kalau ke sana, aku mau pas weekday aja ah. Biar sepi, biar bisa khusyuk menikmati~

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nuy kelihatannya aja sih kayak swimming pool alami gitu tapi ada larangan untuk tidak berenang. daripada terjadi hal yang ga diinginkan

      Hapus
  15. bagus ya itu yang coban kromo, warna airnya hijau ke biruan bagus banget. Wah kalau boleh renang asyik ya, cuma emang kalau dalam jangan takut malah terjadi hal yang gak diinginkan sich

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang jago renang atau make ban mungkin ga terlalu masalah ya mbak berenang tapi kalau aku sih iya takutnya malah kenapa napa kalau maksa renang. haha. karena arusnya juga gak tenang tenang banget di luweng itu

      Hapus
  16. Coban Kromo itu baru booming kah atau aku yg kudet ya? hehe
    Soalnya dulu aku gak kenal, padahal suka nglewatin Tulungagung kalau ke Pacitan. Emang berkat acara2 kyk My Trip My Adveture bisa angkat potensi pariwisata gtu ya
    Moga2 ada kesempatan main ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kata sepupu aku yang orang Tulungagung sih ini tempat wisata yang baru ngehits gitu mbak. di acara MTMA juga belum lama lama banget tayangan tentang Coban Kromo.

      Hapus
  17. panas panas gini liat air terjun macam tu jadi pengin nyebur hihihi
    waktu skul sy juga sering ke tempat seperti ini
    biasanya hari sabtu
    nyebur pake baju sekolah
    pulangnya pake baju itu juga hahaha
    sering diliatin oleh penumpang angkutan karena kami bajunya basah
    tapi cuek aja hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi mbak dulu sekolahnya enak yaa dekat dengan tempat tempat refreshing macam ini. jadi pulang sekolah langsung main deeh ke air terjun

      Hapus
  18. Wii.. mba Amanda jalan2 melulu.. asyik traveling.
    Jadi pengen berendam juga di air Luweng..ijo air terjunnya bikin pengen ikutan foto hhahahah

    BalasHapus
  19. Pemandangannya ciamik banget kak Manda ditambah dengan OOTD yang penuh warna dan ceria. makin menggambarkan keindahan dan kebahagiaan liburan di alam terbuka. seru abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahha lah iya yak ku baru nyadar kalo OOTD nya penuh warna wkwk

      Hapus
  20. Airnya agak butek ya kaya mukanya mantan wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu airnya jerniih tauuuk. cuma warnanya yg biru keijoan.

      Hapus
    2. anyway ky.. buteknya kek mantan w apa mantan u neeeh? pernah salimg sekelas tuh WAKAKAKKAKAKA

      Hapus
  21. Lihat penampakan di Luweng, bagus sekali. Etapi itu gak ada batas penghalangnya? Begitu tau, kalau itu seperti sumur yang dalam, kok agak ngeri juga ya...
    Manda kayak orang luar, jadi para remaja itu penasaran loh, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak itu ga ada batasnya. Jadi ke sebelah sananya ya udang semacam jurang ke bawah gitu loh. Eh gimana ya aku jelasinnya juga bingung hihi.

      Iya mereka kepo dengan aku kak sepertinya:p

      Hapus
  22. Mbak, suaminya mana, Mbak? Kok fotonya sendirian aja, Mbak? Wahahahaha

    Lucuk bat itu anak-anak sekolahnya wkwkwk wah pas banget ya timing-nya pas ada TV lokal yang liputan hahaha aku liat tuh videonya di IG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si tiwi ini yhaa 😡
      Iya sendirian karena kubercita cita menjadi seorang penjaga gawang. Ntap!

      Iya pas banget ada JTV lagi liputan haha

      Hapus
  23. Manda.. ada artinya ga apa itu Coban? kok kayak nama-nama asing gitu ya,. kira-kira berapa lama perjalanan Bandung-Tulungagung? Budget minimal sampe merapa puas berapa juga? makanannya enak-enak ga? ...

    Akhirulkata, kamu disana dapet gebetan ga? wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mak Yulia. Itu di awal aku sudah sebutkan Coban berarti air terjun. Itu artinya Mak.
      Bandung ke Tulungagung kalau dengan kereta.. Hmm... Sekitar 13 jam. Dengan mobil lebih lama.. mungkin 15 jam.
      Budget minimal bawa sejuta udah bisa muterin tempat2 yg oke di sana laah.

      Kalau makanan di sana ada namanya sempol. Udah pernah coba belum?

      Akhir kata... Kenapa bisa lupa sign in dan pakai akun Kevin? Gimana kalau Kevin nya aja yg aku gebet? #eh

      Hapus
  24. Jahaha aku gagal fokus sama adik adik sekolah. Mereka ketemu seleb, langsung girang.

    Dududu aku mupeng foto fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Gagal fokus sama dedek dedek SMP ya. Mereka masa badannya sama kayak aku kak padahal masih SMP :(

      Kak sally berkunjung kesana dong. Biar ga mupeng, musti singgah ke tempat-tempat lain yang gak kalah ciamiknya. Hehe

      Hapus
  25. penampakan manda emang kayak turis korea, wajar lah bocah bocah itu pada minta foto ama kakak cantik xixixi..
    btw itu kamu diwawancara siapa pas di pinggir coban kromo itu.. masuk tipi dunk manda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu mba fika ini :3
      Aku jadi merasa ingin membentuk sebuah girlband. Wakakakak.

      Diwawancarai JTV (Jawa Timur TV) Kediri untuk acara Pesona Wisata mbak. Iya masuk TV tapi hanya di TV lokal Jawa Timur saja waktu itu sudah tayang

      Hapus
  26. iiih itu kereen.. eh mba kok bisa foto2 nya ga bnyk orang di belakang? waktuny kapan tuh pengen cari yg rada rada private kyk gt hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas UC, itu weekdays sih. Jadi ga terlalu ramai dengan pengunjung, tapi waktu aku disana ada beberapa pengunjung kok rombongan anak sekolah sama sekitar 4-6 orang dewasa. Aku sengaja ambil angelnya yang gak rame biar fotonya gak bocor bocor banget :p

      Hapus
  27. wah, cantik sekali viewnya. ngga nyangka deh ada di jatim. terimakasih infonya :)

    BalasHapus
  28. Coban Kromonya keren. Memang sih kalau di air terjun byk yg gak bolehin berenang. Di lubang bawahnya biasanya lbh dalam

    BalasHapus
  29. Air terjunnya bagus bangeet. Udah berapa tahun ya aku nggak main ke air terjun? Hhehehe
    Nice info mba :)

    BalasHapus
  30. pemandangan yang sangat indah, baru denger nama tempat wisatanya ternyata memang baru booming ya.. hhe

    BalasHapus
  31. Tempatnya cantiiik! Itu air terjunnya imut tapi cakeeep yaa.. instagramable bangeet 😘😘😘

    BalasHapus
  32. wah tempatnya cantik mbak amanda ... rekomended banget nih ,,, destinasi yang satu ini ... jangan lupa ya mbak main main ke blog ku dan salam kenal dari gus bolang ... monggo mbak main main ke Bondowoso /....

    BalasHapus
  33. Jagoan nih bisa ambil foto pas lagi nggak rame. Tempat ini kelihatannya panas ya?

    BalasHapus

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring