}

13/05/2017

Santap Menu Ramadhan Ala Spanyol di Gastromaquia


Sudah berapa kali kamu mencoba hidangan ala Spanyol? Atau malah belum pernah sama sekali? Beberapa hari yang lalu aku mencoba salah satu restoran ala Spanyol di daerah Senopati Jakarta Selatan atas undangan dari Clozette Indonesia, namanya Gastromaquia.
Karena sebentar lagi Ramadhan akan datang, Gastromaquia juga nggak ketinggalan untuk mengeluarkan menu baru untuk Ramadhan yang pastinya tetap pada ciri khasnya yang ala Spanyol. 



source : Instagram @gastromaquia

Interior dan ambience restoran dua lantai ini bagus banget. Aku memilih untuk duduk di lantai 1 karena di lantai 2 sedang dipakai untuk acara.

Setelah melihat-lihat Menu Ramadhan dan lumayan lama mikirnya... untung si mbak waitressnya ramah dan baik banget jawab semua pertanyaan aku yang kepo sama menu-menunya, hihi... akhirnya aku memesan beberapa Menu Ramadhan. Apa aja sih?

Aglio Olio with Prawn and Calamary
Spaghetti, olive oil, garlic, chili flakes, beef, fresh prawn, calamari.
Aglio Olio with Prawn and Calamary - 80K

Menu ini langsung menarik perhatian aku banget, karena aku suka banget sama pasta. Begitu dicoba ternyata rasanya sangat sangat tidak mengecewakan! Tekstur spaghettinya pas, nggak keras nggak terlalu lembek juga. Disajikan dengan potongan garlic, smoked beef, udang dan fried calamary dan keju. Porsinya lumayan banget, nggak pelit buat ngenyangin perut aku. Potongan beefnya juga banyak, dan yang aku suka adalah fried calamarynya. Renyah! Duuuh... Favorit bangeeet.

Seafood Fideua
Seafood paella with spanish noodle.
Seafood Fideua - 95K 



Seafood Fideua ini menu yang direkomendasikan oleh Chef Gastromaquia. Seafood Fideua adalah mie ala Spanyol dengan bumbu rempah lengkap dengan mayonaisse di atasnya dengan campuran seafood yaitu cumi dan udang. Yang unik adalah mie nya pendek-pendek banget. Rasanya juga menurut aku lebih berat daripada mie yang biasa aku makan ditambah lagi porsinya banyak jadi sangat mengenyangkan.

Arroz Negro
Calamari, prawn, rice, green pepper, squid ink.
Arroz Negro - 95K

Jangan kaget ya lihat tampilannya Arroz Negro, nasinya kok warna hitam. Yap ternyata nasinya diolah dengan tinta cumi. Awalnya aku ragu mau pesan Arroz Negro begitu lihat ada tulisan 'squid ink' di description menunya. Wong kalau masak cumi di rumah aja tintanya dibuangin. Hehe. Tapi karena dasar orangnya penasaranan, yaudah aku pesen aja. Ternyata waktu pertama aku cicipin rasanya enak banget apalagi pas dimakan dalam keadaan hangat. Porsi dari Arroz Negro juga kurang lebih sama seperti Seafood Fideua. Penyajiannya juga sama seperti Seafood Fideua, dengan topping cumi, udang, mayonaisse serta tambahan potongan kecil-kecil dari paprika hijau. Tapi begitu setengah jalan menikmati Arroz Negro, aku kaget. Kok ada sesuatu keras yang kena sendok. Wah jangan-jangan harta karun! Eh ternyata benar. Ada beberapa buah cangkang kerang yang ternyata ditaruh di bawah nasi. Wah... Unik juga. Tapi cangkang kerangnya nggak bisa dimakan ya. Hehe. Arroz Negro ini juga recommended banget versi chefnya Gastromaquia.

Mocktails Summer Green
Kale, Pineapple.

Happy Days
Passion fruit, lychee, orange, kiwi.
Mocktails Summer Green - 45K | Happy Days - 45K 


Untuk minumannya aku pesan Mocktails Summer Green (kiri) dan Happy Days (kanan). Mocktails Summer Green ini adalah jus sawi yang dicampur dengan nanas. Waktu diminum rasanya lebih dominan sawi daripada nanasnya. Disajikan dengan lembaran daun sawi di atas gelasnya.

Kalau Happy Days ini yang jadi favoritku. Happy Days adalah minuman dengan yang campurannya banyak banget, yaitu buah lychee, jeruk, kiwi dan markisa. Tapi justru itu yang bikin rasanya seger banget, beneran deh! 

Keylime Pie with Marshmallow
Lime, egg yolk, cream, marshmallow.
Keylime Pie with Marshmallow - 55K


Untuk dessertnya aku pilih Keylime Pie with Marshmallow. Pai dengan campuran jeruk nipis ini lembut krimnya dan rasanya agak asam-asam seger gitu tapi pas kok komposisinya. Disajikan dengan topping marshmallow di atasnya. Teksturnya padat, walaupun porsinya kelihatan kecil tapi cukup mengenyangkan loh.

Nah itu dia tadi review aku tentang beberapa Menu Ramadhan di Gastromaquia. Beberapa menu lainnya juga ada seperti Acehnese Chicken Curry (chicken curry served with canai bread), Sate Maranggi (beef satai served with white rice), Crispy Chicken with Salted Egg Yolk Sauce (chicken, salt egg yolk sauce served with white rice) dan ada juga masakan tradisional Indonesia buat yang kurang cocok dengan menu Spanyol, yaitu Nasi Liwetan.
Ada takjil gratis nanti di bulan puasa untuk yang datang untuk berbuka puasa di sana loh.

Servisnya juga nice banget, makanannya enak, walaupun di Gastromaquia ini nuansa dan hidangannya ala Spanyol tapi masih sesuai dengan lidah orang Indonesia, waitressnya juga baik dan ramah. Gastromaquia yang buka pada tahun 2015 ini juga masuk dalam kategori 'Top 50 Best Restaurant in Madrid' Wah... Pantas saja restoran ini terasa sangat spesial.

Gastromaquia ini bisa loh kamu masukkan list tempat untuk berbuka puasa nanti, jangan lupa reservasi tempat dulu yaa biar disiapkan tempat serta menunya. Pengalaman semua tempat makan pasti penuh kalau mau bukber. Hihi... Dan lagi ada juga beberapa menu yang persiapannya cukup lama.

Alamat lengkap Gastromaquia ada di Jl. Ciniru I No.1, RT.4/RW.3, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya juga gampang ditemuin kok. Kalau udah ketemu Jl. Ciniru I nah dia posisinya ada di depan, pinggir jalan.

Jam buka Gatromaquia yaitu Minggu - Kamis pukul 11.00-22.00 WIB dan Jumat - Sabtu pukul 11:00 – 23.00 WIB.
No. Tlp : +62 21 293 05091
Email : info@gastromaquia.com
Instagram : @gastromaquia

Selamat menikmati sensasi hidangan ala Spanyol!









See You On My Next Post!

With love,







21 comments:

  1. Huwaaaa.. Menggoda selera banget menu-menunya Mba.. :9 Penasaran pengen nyoba Arroz Negro deh.. Trus Keylime Pie with Marshmallow nya pasti cocok banget buat takjil pas buka puasa bulan Ramadhan.. Ngiler nihh jadinya baca postingan ini.. >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arroz Negro nya enaaak. Eh tapi aku lebih favorit aglio olio nya sih :p

      Delete
  2. menu buka puasa saya biasanya itu2 ajah sih, blom prnh coba pasta atau masakan spanyol buat berbuka. ahhh kyknya kudu di coba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali kali coba buka puasa pake pasta kak :D

      Delete
  3. Sama sih kayak yang di atas, menu buka puasa jarang yang baru-baru, paling ya gitu-gitu aja, entah kenapa udah nyaman sama masakan yang biasa untuk buka puasa atau emang ga bisa dengan hal baru, tapi seafood nya cocok sih buat di coba, menggoda gitu hehe

    mampir juga ya! diansaurs.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-sekali coba deh kak buka puasa pakai seafood atau menu ala ala spanyol

      Delete
  4. mevvah ya kak
    mau dong maemannya :(
    traktir ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan minta traktir sama aku dong kak :(

      Delete
  5. Mau dong ditraktir ke sini :D
    Anyway masuk Top Restaurants ya, berarti rasanya udah nggak diragukan lagi dong ya!

    ReplyDelete
  6. Aglio olio favoritkuuu.. jadi pengen nyobain aglio olio di Gastromaquia juga nih, masukin list buat buka puasa nanti ah hehe

    ReplyDelete
  7. duhhhh siang pas bulan ramadhan tetap buka gak Ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sih buka. Coba kakak tlp dulu aja ke Gastromaquia untuk lebih jelasnya.

      Delete
  8. Kalau hidangan spayol g favorit sih, soalnya lidah udah terbiasa sama makanan indonesia yang gurih dan pedes. Cuman boleh tuh nyobain dessert nya, kayaknya enak

    ReplyDelete
  9. harganya lumayan fantastis juga ya mbak tapi pasti lah ya ada harga ada kualitas wkwk pengen nyobain yang Arroz Negro jadinya XD

    ReplyDelete
  10. ehmm ... pasta ... suka bgt

    ReplyDelete