}

18/05/2017

Memanjakan Mata dengan Birunya Air Terjun Alam Kandung


Hai, readers! Sehat semua? Anyway, Ada yang udah pernah ke Tulungagung? Kali ini aku mau cerita tentang salah satu tempat wisata yang ada di Tulungagung, Jawa Timur.
Namanya adalah Wana Wisata Air Terjun Alam Kandung. Dulu, sebelum dikelola oleh perum perhutani setempat namanya adalah Air Terjun Alas Kandung atau Grojokan Sewu Alas Kandung dan terletak di wilayah pinggiran Alas (Hutan) Kandung. Tapi kemudian berubah nama menjadi Air Terjun Alam Kandung.


Air Terjun Alam Kandung berada di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung - Jawa Timur. Jauh nggak kira-kira? Nggak lah yaaa. Hehehe.

Beberapa waktu lalu, aku kesana naik motor sama bodyguard aku. Eh... Maksudnya sepupu aku. Nggak terlalu jauh dan nggak terlalu deket juga sih kalau dari tempat aku nginep yang tak lain tak bukan adalah rumah sepupuku yang ada di Desa Kalidawir, Tulungagung.
Kalau dari pusat kota Tulungagung jaraknya sekitar 28 kilometer. Lumayan banget loh apalagi kalau cuaca pas lagi panas-panasnya kayak liat pacar jalan ama selingkuhan. Saran aku sih kalau kesana udah siang bolong cuaca panas kalian siapin topi atau kacamata biar kepala dan muka kalian terlindungi sekaligus biar makin kece. Ya gaksih? Yaudah kalau nggak.
Intinya sih kalau dari pusat kota Tulungagung cari aja arah ke Kecamatan Rejotangan, nah kalau udah sampai kawasan kecamatan itu tinggal cari deh Desa Tanen. Budayakan bertanya ke warga sekitar ya biar nggak nyasar. Warga di sana ramah-ramah kok. Nggak usah worry.

Biaya masuknya cuma Rp. 3000 dan kalian udah bisa nikmatin birunya Air Terjun Alam Kandung.









Ketinggian air terjun ini sampai 15 meter. Sedangkan kedalaman kolamnya bisa sampai 8 meter. Lumayan banget ya, sedalam cintaku padanya. Eh... Nggak deng.
Ya pokoknya buat yang nggak bisa berenang jangan coba-coba kecuali kalian bawa perlengkapan renang yang benar-benar safety. Dan sebenarnya di sini juga udah ada larangan untuk mandi, iya karena kalau mandi pakai sabun atau sampo atau bahan-bahan kimia lainnya bakalan bikin kotor dan ngeracunin air terjunnya. Kan kasihan. Huhu...





Eh... My Trip My Adventure juga pernah kesini tahun 2015


Karena aku sampai di sana udah siang dan matahari udah menyengat, tapi kebantu kok karena airnya itu adem dan seger. Beneran deh. Adem banget. Jadi pengen mandi, tapi dilarang. Jadi yaudah deh akhirnya main air aja.
Pemandangan di sekitar Air Terjun Alam Kandung adalah hutan-hutan yang rimbun dan asri. Jadi cocok banget deh buat refreshing nikmatin angin semilir dan udara yang masih segar.

Di kawasan Air Terjun Alam Kandung ini ada jembatan-jembatan yang kekinian yaitu Jembatan Baper dan Jembatan Cinta, padahal jembatannya sih biasa aja. Hahaha. Cuma di Jembatan Cinta aja ada besi bentuknya love buat nyantelin gembok-gembok cinta gitu. Hmmm kenapa namanya gitu.... Mungkin kalau ada jomblo yang ada di atas Jembatan Baper trus ngeliatan ke arah Jembatan Cinta dan ada pasangan yang lagi cinta-cintaan disitu bakal baper kali ya.

Di sini juga ada wahana flying fox tapi sayang banget pas aku kesana flying fox nya lagi off karena lagi diperbaiki. Duh sebel banget, padahal ngidam.




Jembatan Baper
Jembatan Cinta
Setelah puas main air dan menikmati pemandangan, perutku tiba-tiba berontak minta diisi. Di kawasan wisata ini banyak yang jual makanan dan minuman jadi nggak usah takut susah nyari warung. Kalian bisa makan bakso, soto atau makanan-makanan lain. Aku makan bakso di salah satu warung dengan harga cuma Rp. 5.000 seporsi, harga minumannya pun murah... Di bawah Rp. 5.000.

Jadi... kapan kalian mau baper dan cinta-cintaan di Air Terjun Alam Kandung?
Inget... Jangan nyampah dan jangan ngerusak apapun yang ada di sini ya!


Eits.... Bentar.
Tonton short videoku dulu dong sebelum close postingan ini.
Nggak lama kok. Nggak sampai satu menit :p

video






See You On My Next Post!

With love,









61 comments:

  1. Masa sepupu sendiri dikatain bodyguard haha. Parah nih, Manda! :p

    Biaya masuk sama harga baksonya masih murah, ya. Mantap. :)

    Lagian itu 8 meter dalemnya, jelas gak boleh nyemplung, sih. Wahahaha. Anjir, segala ada ala-ala jembatan cinta gitu. Hitz abes~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya emang dia bodyguard gue 🙊🙊

      Iya gue aja jiper duluan mau nyemplung kesitu tapi banyak juga yang pada berenang sih.

      Delete
  2. Di Tulungaggung ada bakso yang harganya dua ribuan. Wajib dicoba. Jangan berharap soal rasa. Tapi, menariknya harga yg dibandrol itu. Hari gini masih ada harga segitu.

    Soal tulisan, entah kenapa soal Tulungagung selalu buat aku inget para pemberontak besar yg mati di sana. Mestinya aku lihat pemberontakan jg dlm tulisan ini. Tp gak ada, soalnya jalan2 doang dan udah. Kalau masih di Tulungaggung cari tempat lainnya dan "memberontak lah" agar gak mainstream. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso dua ribuan Bakso Kharisma bukan?

      Kalo iya, gue udah pernah tuh makan. hahaha. Enak sih emang. Dan udah tigaribu sekarang harganya.

      Oiyah mengenai pemberontakan.. hmm.. menarik sepertinya. Coba nanti dicari tahu

      Delete
  3. Kayaknya sepupu mu lebih cocok di panggil bodyguard deh haha
    Kalo ketempat kayak gini tuh emang lebih cocok pagi, selain moodnya dapet, sinar-sinar surgawinya juga pasti keluar. Oh iya, pas baca "jembatan nya sih biasa aja" langsung mau positif bakal bagus, eh ternyata bener-bener biasa haha tapi tetep keren!

    Videonya itu loh, singkat tapi nyelekit, makasih ya.

    mampir juga ya! diansaurs.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe dia memang bodyguard pribadiku kok kalau aku jalan-jalan sama dia huahahha...

      Iya jembatannya emang biasa banget. Namanya aja yang kekinian.
      Duh maaf ya sudah membuat nyelekit :p

      Delete
  4. Seru dan seger... jadi pengen kesana.

    ReplyDelete
  5. Lihat kolamnya rasanya pengen nyemplung, eh ternyata 8 meter. Dikasih wahana air bagus tuh, pasti jadi tambah rame.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren nih mbak nita kepikiran ngasih wahana air. Sama mungkin disediain peralatan2 buat berenang gitu yak.

      Delete
  6. awalnya aku kok rada aneh dengan judul postingan ini. birunya air terjun? masa iya sih air terjun itu biru? biasanya kan bening dan jernih gitu. tapi setelah membaca dan melihat foto-fotonya, ternyata beneran biru. keren banget kak. btw kok bbisa biru sih? apa karena pantulan langit biru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia yg istimewa mbak. Kalau air pas jatuh (menggerojok), bening mbak emang. Tapi setelah udah nyemplung ke bawah ke kolamnya jadi kelihatan warna biru kebiruan airnya. Kayaknya sih karena cahaya mataharinya berlimpah deh. makanya bisa keliatan biru banget. Kalo pas keadaan cahaya gak terang banget airnya mungkin ijo ijo agak butek gitu kali yaaa. Soalnya aku kesana pas siang hari tuh lagi terik.

      Delete
  7. Aku sukaaaa rambutnya 😍😍😍 *salah fokus* hahhaha.
    Indonesia itu memang indah ya, air terjun dan pantai dimana-mana 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuhu makasiii 🙈

      Iya. Dan banyak banget pantai dan air terjun yang masih asri alami belum banyak terjamah.

      Delete
  8. Pemandangannya bagus... Tapi kalo pas cuacanya terik begitu kayanya panas banget yah rasanya .. bisa bikin kulit jadi putih gelap... Pulang-pulang beli byclin serenceng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi kalau matahari pas berlimpah dan terik malah airnya jd bagus biru. Kalo agak gelap airnya malah cenderung keruh

      Ya ampun byclin serenceng. Terngakak :(

      Delete
  9. Belum pernah ke Tulungagung. eh tapi daku suka tuh wisata air terjun, suka suara dan kena cipratan airnya kalau deket ke air terjun, jadi kalau ada kesempatan ek Tulungangung mungkin aku juga bakal sempatin ke air terjun Alam Kandung ini.

    eh namanya lucu, Alam Kandung, Alam Tirinya ada nggak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Suka wisata air terjun yaa. Cuus kesana!

      Alam Tirinya lagi ke Mbah Dukun kayaknya deh 🙈

      Delete
  10. murah ya tiket masuknya, cantik juga pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rian ke Tulungagung dong kapan kapaan

      Delete
  11. salah fokus di tiket masuk seharga 3 ribu rupiah!!!

    besok kalo ke tulungagung mau deh kesini hihihih

    ReplyDelete
  12. Air terjunnya bagus, sepertinya nyaman untuk dikunjungi. saya udah 2 tahun ngga maen aer terjun. jadi kengen euy... mudah2an punya kesempatan

    ReplyDelete
  13. Itu yang bikin konsep Cinta dan Baper ngeselin bener. Hahaha. Kok sepi ya itu tempatnya? Padahal murah biaya masuk dan baksonya. Lha apa perlu diiming-imingi wifi gratis ya biar ramean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas aku kesana ada beberapa pengunjung sih cuma nggak kejepret kamera aja orang-orangnya. Heheu

      Delete
  14. Air terjunnya cocok banget untuk ambil foto-foto nih. Pemandangannya keren banget..
    Tiket masuknya juga murah banget hehe.. kalau berenang ada tempat untuk bilas dan ganti gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok ada tempat bilas dan gantinya mas. Oiyah lupa gak aku tulis hehe

      Delete
  15. Liburannya hemat banget ya, makanan dan tiket masuknya murah banget. Tapi biaya ke Desa Kaliwadir, Tulungagung berapaan ya?

    ReplyDelete
  16. Airnya bagus.
    Biru..biru.. gitu.
    Pengen nyebur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kak. itu karena cahayanya juga lagi bagus

      Delete
  17. Wah.. di jatim ya. Blm pernah kesini. Air terjunnya bagus dan airnya biru ya. Uang masuknya jg murah bngt.
    Eengg.. knp ya pas liat batu yg gede itu aq menemukan imajinasi bentuk lain?

    ReplyDelete
  18. Air terjunnya bagus banget ya mba. Cocok banget buat yang punya pacar kesini hahaha tp sayangnya blm kesampaian kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum kesampaian kesana atau belum kesampaian punya pacarnya kak?

      Delete
  19. Belum pernah ke Tulungagung. Kayaknya wisata wajib nih air terjun kalau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulungagung. Halaaah typo saking semangatnya

      Delete
  20. Lihat fotonya juga adem banget manda... Btw track nya bisa buat bawa bayi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok Teh. Nggak susah akses kesananya.

      Delete
  21. Tiga rebu mah kalo di kampus cuma dapet es teh manis. Kadang empat rebu malah kalo di tempat yang bagusan dikit hhhh di Tulungagung udah bisa dapet pemandangan luar biasa kek gitu. Aku mauuuuu. Tapi sayang sih gak boleh mandi. Aku mah bawaannya pengin basah semua kalo liat gituan ehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nyebur bisa aja Tiw bagi yg bisa berenang. Yg ga bisa iru maksudnya mandi pakai sampo sabun gtu hehehe

      Delete
  22. Woh beneran biru ya kelihatannya
    Dan gak boleh mandi? Sayang bagetttt. Di Jepara jg banyak air terjun, Mbak. Ke mari yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air terjun apa mbak yg terkenal di Jepara? Bisa nih buat destinasi wisata selanjutnya yaaa

      Delete
  23. Adem ya, Mbak
    Saya kalau main ke air terjun jg gak bs mandi2 cantik. Pdhal ya pengen

    ReplyDelete
  24. Aku malah naksir topinya kakak, kece banget ternyata di pake foto2 di air terjun.. btw air terjunya unik ya semoga bisa kesana juga, lumayan jauh nih di tulungagung

    ReplyDelete
  25. Anjir 8 meter nyali gue langsung ciut. Hahaha. Eh itu perhutani ya? *langsung minta bayarin ke sana* Muahahaha. \:D/

    ReplyDelete
  26. Pernah sih ke Grojokan Sewu tapi yang di Tawangmangu ~~~~ 8')))))))))))

    ReplyDelete
  27. Wah masih sepi banget yaa?
    tapi disitu larangannya cuman gak boleh mandi kan yaaa..
    berenang atau main air boleh kan :3

    ReplyDelete
  28. kok bagus ya, jadi mau ke sana, euy. tapi tempat ini memang sepi atau kamunya yang pinter ngambil angle nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya agak ramai un. Tapi aku kan agak kurang suka sama orang2 seliweran wkwk :p jadi diatur aja gimana take fotonya biar gak keliatan ada photobomb or segala macem seliweran :p

      Delete
  29. Wah Tulung Agung asik juga yaaah. Aku baru tau Tulung Agung ada ginian, thanks for sharing :)

    www.sophiamega.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulungagung banyak banget tempat wisata sebetulnya. Pantainya juga bagus2 banget ;)

      Delete
  30. tmpt wisatanya recomend bgt ni mbak

    ReplyDelete
  31. Bodyguardnya serem juga y mbak manda. Hihihi. Murah jg ya, cm 3rb tuk masuk ke objek wisata air terjunnya....

    ReplyDelete