Solusi Kamar Tidur Kecil dan Sempit

Senin, September 23, 2013

Kamar tidur identik dengan sebuah tempat untuk beristirahat, maka kenyamanan pun harus diperhatikan dalam penataannya. Tapi gimana ya kalau kamar tidur kita berukuran kecil dan cenderung sempit? Merasa sumpek dan tidak nyamankah?

Beberapa solusi di bawah ini mungkin bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut. Berlaku untuk kamar tidur pribadi (bukan kamar kost) dengan tingkatan usia remaja hingga dewasa.

Hal yang paling penting jika memiliki kamar tidur kecil adalah pemilihan furniture/mebel. Sebaiknya pilih furnitur berukuran tidak terlalu besar atau cenderung 'mini' dan tidak terlalu banyak. Desain dari furnitur tersebut sebaiknya adalah minimalis karna furnitur dengan banyak detail malah akan membuat ruang terasa 'penuh'. Sebenarnya furnitur inti yang harus ada dalam sebuah kamar tidur antara lain tempat tidur (ranjang), lemari pakaian dan meja berukuran sedang. Jangan memaksakan untuk 'menjejali' kamar dengan furnitur-furnitur tambahan jika tak ingin kamar terasa sumpek.
Kalau mau menambah furnitur lain, sesuaikan ukuran furniturnya dulu dengan ukuran kamar.

Sedangkan untuk pemilihan tempat tidur/ranjang, pilih ranjang single. Bisa juga pakai ranjang single susun. Cara menyiasatinya, cobalah letakkan tempat tidur merapat ke dinding.
sumber : dinomarket.com
sumber : suburfurniture.com
Sebaiknya pilih lemari yang memiliki banyak unit di dalamnya (banyak laci, gantungan atau ambalan) agar barang-barang dapat masuk semua ke dalam lemari.

Untuk kamar yang butuh tempat untuk menaruh komputer/laptop sebaiknya pilih meja dan kursi berukuran sedang dan letakkan di pojok ruangan atau di sisi tempat tidur. Kamu juga bisa memanfaatkan peti kemas atau balok-balok kayu sederhana sebagai meja. Ganti kursi dengan 'lesehan' dan alasi lantai dengan karpet bermotif atau bergambar.
sumber : chiccheapnursery.com

sumber : apartmenttherapy.com


Kalau kamu kesulitan mencari tempat untuk meletakkan pernak-pernik, pajangan, atau buku-buku berukuran kecil, kamu bisa coba ber-D.I.Y membuat ambalan-ambalan pada dinding ruang (wall shelves). Bisa menggunakan kaca atau papan kayu. Kamu bisa pakai besi Letter L, bracket, atau kayu lain sebagai penyangga.
sumber : kaboodle.com
sumber : consmos.com
sumber : houzz.com
sumber : iefakhn.blogspot.com
Kalau kamu butuh area penyimpanan tambahan, manfaatkan kolong tempat tidur sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang. Kamu bisa buat sendiri kotak-kotak kayu besar seperti laci. Atau kamu bisa membeli kotak-kotak plastik untuk didorong ke dalam kolong tempat tidur.
sumber : rumahidea.blogspot.com
sumber : tabloidnova.com

Kalau punya cukup biaya, kamu bisa ganti pintu dengan pintu geser dari kaca atau kayu guna memaksimalkan ruang yang sempit. Jika ingin menggunakan kaca, pilih yang tidak dapat terlihat dari luar. Dan jangan lupakan satu hal yang paling penting, ventilasi udara! Kamar yang sempit pun harus memiliki pertukaran udara yang baik.
sumber : desainrumahcantik.com

sumber : brightlyhome.com
Nah... Mengenai lighting. Jangan sampai kamar tidur kamu ditemani lampu yang remang-remang. Pastikan cahaya yang ada di dalam kamar cukup terang dan tidak terlalu silau.

Siasat interior untuk ruang sempit salah satunya adalah cermin. Kamu bisa taruh cermin berukuran cukup besar di kamar tidur.
sumber : designfurnishings.com
sumber : jillyshappyhome.com

Berikut adalah beberapa penataan layout kamar tidur berukuran kecil. Siapa tahu bisa jadi inspirasi. 

sumber : homesthetics.net
sumber : aponovich.com

sumber : lushome.com


sumber : www.betterhomeandgarden.org

sumber : gothicgreen.info

sumber : www.zunetop.com

sumber : decoist.com

sumber : dickoatts.com





See You On My Next Post!

With love,







.

You Might Also Like

18 comment

  1. uwaaa keren nih tipsnya. kebetulan habis pindah kamar kost yang lebih sempit daripada di rumah hehe.

    BalasHapus
  2. nice post! berguna banget tips D.I.Y nya

    BalasHapus
  3. kebetulan gue lagi nata2 sih hahha.. lemari kost gue gede bener bawaan dari kosan.. makan tempat banget lah.. mau sketch design buat rak gantung.. heuheu...

    BalasHapus
  4. Khak, nanti kalau daku sudah punya rumah tolong kamar daku didesain ya khak #ngarep #ngayal

    BalasHapus
  5. Interiornya keren-keren kakak.... mau dong di design kamar saya. Hehehe.

    BalasHapus
  6. wih keren simple2 bgt tapi sepertinya harga tak sesimple rupanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu siap budget kalo mau yg tertata. kalo yg budget minim bisa D.I.Y aja

      Hapus
  7. Orientasinya kudu yg vertikal berarti ya.

    BalasHapus
  8. inspiratif, thanks for sharing, boleh diaplikasikan nih! :)

    BalasHapus
  9. wah keren-keren,,diy meja nya vintage banget yah jadi nya harus di coba nih buat toko ku nnti..
    thanks sharing nya kak ^^

    BalasHapus
  10. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari tempat tidur merk american silahkan cek di sini : http://springbedmalang.com
    WA : 081249676477
    Springbed Malang
    Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang

    BalasHapus
  11. Are you having any difficulties or looking for a reliable financial instrument lender? seek no further,we are certified Financial Instrument providers in United Kingdom.

    We are direct providers of Fresh Cut BG, SBLC and MTN which are specifically for lease, our bank instrument can be engage in PPP Trading, Discounting, signature project (s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges, Real Estate and all kind of projects.

    Fresh Cut BG/SBLC Lease Price: 4% + 2%
    Fresh Cut BG/SBLC Purchase Price: 32% + 2%

    Should you find this interesting and acceptable? Kindly, contact us and we shall review and respond with draft Contract/MOU within 48hrs maximum.

    Please request for full procedure details if interested.

    For further inquiry contact:

    E-mail : info.relablemandate@gmail.com

    Name :Oscar theodore

    BalasHapus

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring